Nusa Tenggara Timur Petualangan dan Alam

Harta Wisata Indonesia, Pulau Sumba

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : dawainusa

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, Indonesia memang tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan mengenai destinasi wisata. Selalu ada tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Belitung karena film Laskar Pelangi, Bali, Yogyakarta, dan banyak lagi lainnya. Sampai di Raja Ampat juga dibilang sebagai “surga terakhir di bumi” karena kecantikan alam dan bawah lautnya. Satu tempat lain yang tidak kalah menariknya adalah Pulau Sumba. Wisata ke Sumba bisa menjadi pengalaman yang unik. Kenapa? Karena di pulau ini masyarakatnya masih sangat menjaga peradaban kuno yang ditinggalkan oleh leluhur. Bahkan, ada beberapa objek wisata yang bakal bikin kalian tercengang. Kalian tertarik untuk pergi ke sana?

Baca Juga : Adios Path! Aplikasi Yang Satu Ini Resmi Ditutup

Wisata Ke Sumba Yang Penuh Kejutan

Pulau Sumba, berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki empat Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesar yang ada di Pulau Sumba adalah kota Waingapu, yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Timur. Kota ini juga sudah memiliki Bandar Udara dan Pelabuhan Laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya yang ada di bagian timur dan terdekat dengan Pulau Sumba. Kira-kira ada apa aja sih yang bisa kita lihat kalau lagi wisata ke Sumba? Penasaran dengan pulau yang ‘misterius’ dan penuh dengan peradaban budaya kuno ini? Yaudah yuk, langsung kita simak saja ulasannya.

1. Waikelo Sawah

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

Image source : indonesiakaya.com

Perjalanan wisata ke Sumba yang pertama adalah mengunjungi Waikelo Sawah. Apa itu? Namanya ada sawahnya, tapi ini bukan sawah loh sahabat explorer. Dengan debit 1.000 liter air per detik, Waikelo Sawah dulunya adalah bagian dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang dikelola oleh pemerintah pada tahun 1976. Arus yang sangat kuat dan cepat ini memberi kehidupan bagi persawahan dan juga berfungsi sebagai air bersih untuk masyarakat sekitar mandi.

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : flickr

Dikelilingi dengan tanaman hijau yang tumbuh di pinggir dan kaki bukit, menambah pemandangan ini menjadi lebih cantik. Terdapat juga beberapa Gua megah yang dialiri oleh air ini. Dengan demikian, kalian dapat melihat pemandangan alam yang sangat spektakuler dan disambut dengan ‘pintu masuk’ yang tidak kalah eksotis.

Bukan sesuatu yang aneh nih sahabat explorer, jika tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi turis yang berkunjung. Baik turis lokal maupun mancanegara, mereka selalu berdatangan dan melihat indahnya air terjun yang satu ini. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi tempat yang satu ini adalah pada bulan Februari, Maret atau November. Kalian sekalian dapat melihat ritual tradisional di Sumba seperti Pasola, yaitu adu tombak sambil mengendarai kuda. Selain itu juga kalian dapat menyaksikan tarian sakral yang bernama Wula Podu.

2. Laguna Weekuri

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : goodnewsfromindonesia

Wisata ke Sumba selanjutnya adalah mengunjungi kolam renang buatan alam yang tersembunyi. Kolam alam tersebut diberi nama Laguna Weekuri. Danau ini, warnanya akan berubah sedikit keemasan saat matahari terbenam. Wah, pastinya ini keren banget deh sahabat explorer! Kalau kalian lihat,memang jarak kolam ini tidak jauh dari lautan. Bahkan, dasar dari danau ini adalah pasir. Ditemani dengan tebing di pinggirnya, tentu kalian dapat menikmati pemandangan di sekitarnya sambil mencelupkan kaki atau berenang sekalian.

Kalian tidak akan bertemu dengan banyak orang di sini, karena tempat ini tersembunyi dan masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya. Nikmati pemandangan sinar matahari yang tembus hingga ke dasar danau. Sungguh sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.

3. Kampung Tarung

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : antarafoto.com

Wisata ke Sumba yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi Kampung Tarung. Kampung ini berada di puncak bukit yang menghadap ke kota Waikabubak. Kalian dapat melihat pemandangan rumah adat yang terbuat dari bahan alami seperti bambu, akar, dan juga jerami. Rumah tersebut tersusun dengan sangat rapi mengelilingi alun-alun desa. Kalian dapat menjumpai makam megalitik, Kuil Marapu, dan sebuah tiang tempat mereka dahulu menggantung kepala para musuh. Nah ini nih sahabat explorer, yang mungkin bikin bulu kuduk kalian merinding. Namun, bagaimanapun juga, ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada.

4. Pantai Bwanna

Wisata ke Sumba - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : traveltodayindonesia

Jika kalian wisata ke Sumba, tentu jangan lupa untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Namanya adalah Pantai Bwanna, pantai yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Kalian akan melihat sebuah lengkungan besar yang bentuknya seperti pintu pada tebing yang berdiri kokoh. Selain itu, pemandangan tersebut dipercantik dengan batu karang yang menghiasi bibir pantai.

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah dan romantis, kalian bisa datang saat waktu matahari terbenam. Dijamin, pemandangan tersebut akan menenangkan hati kalian, dan juga tempat ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk fotografi loh. Karena sejauh mata memandang, kalian akan melihat hempasan laut biru yang ditemani dengan ombak yang menghantam batu karang.

Langsung Book Perjalanan Kalian!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau Sumba. Masih banyak lagi yang lainnya yang akan kami bahas di artikel selanjutnya. Namun, baru empat saja yang YoExplore sebutkan sudah pasti bikin kalian ingin ke sana kan? Bohong deh kalo enggak, hehe. Pokoknya, kalian akan dibikin takjub oleh pulau yang satu ini. Yuk, buruan wisata ke Pulau Sumba, mumpung masih belum rame banget loh. Kalian masih bisa menikmati pemandangan alamnya dengan tenang dan tanpa kebisingan. Ditunggu ceritanya di kolom komen kita ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar