Banten Petualangan dan Alam

Mau Kabur Sebentar Dari Jakarta? Ke Ujung Kulon Yuk!

Wisata ke Ujung Kulon - Panduan Traveling, YOEXPLORE -yoexplore
image source : wukitravel

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Kabur dari Jakarta merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan bagaimana sibuknya kegiatan di Ibu Kota ini. Macet, bising, polusi, dan tekanan dalam pekerjaan, tentunya akan membuat kalian merasa jenuh dan stres. Untuk menghindari hal seperti kata terakhir tadi yang disebutkan, maka jawaban paling logis dan menyenangkan tentunya adalah Traveling. Liburan bersama keluarga, teman, atau sendiripun tidak masalah. Hal yang kita cari tentunya adalah ketenangan dan kesenangan, sehingga mau sama siapapun kalau yang namanya liburan pasti menyenangkan ya. Sahabat explorer, YoExplore merekomendasikan tempat liburan yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, namun memiliki sensasi yang luar biasa. Panorama indah, dan ketenangan berlibur akan kalian dapatkan disini. Wisata ke Ujung Kulon, itulah jawaban dari pelipur lara kalian selama di Jakarta.

Wisata Ke Ujung Kulon

Kalian tentu akan menikmati keindahan pantai dan laut yang dimiliki oleh Ujung Kulon ini. Lokasinya, berada di wilayah paling barat Pulau Jawa. Kalau kalian tau Krakatau, nah Ujung Kulon ini juga pada mulanya meliputi wilayah tersebut. Oia sahabat explorer, Ujung Kulon ini juga termasuk kawasan Taman Nasional loh, karena wilayahnya mencakup hutan lindung yang sangat luas. Selain itu, wilayah ini juga terkenal dengan habitat bagi Badak. Kurang lebih, ada sekitar 50 Badak yang hidup di wilayah ini. Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan taman nasional tertua di Indonesia, dan sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi pada tahun 1991. Wisata ke Ujung Kulon ini tentu memiliki beberapa spot destinasi yang tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya. Penasaran? Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Festival Jatiluwih 2018: Kenalkan Warisan Budaya Dunia dari Tabanan

1. Pulau Peucang

Wisata ke Ujung Kulon - Panduan Traveling, YOEXPLORE -yoexplore

image source : bantenwisata

Wisata ke Ujung Kulon yang pertama adalah mengunjungi Pulau Peucang. Ini merupakan pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara apabila berkunjung ke Ujung Kulon. Pulau ini berada di seberang barat Pulau Jawa besar. Karakter dari pulau ini adalah memiliki pantai berpasir putih yang sangat luas dan juga kejernihan air bagaikan belum pernah disentuh oleh manusia. Keliatan banget nih sahabat explorer warna biru dan hijaunya air laut dari kejauhan, pasti rasanya mau nyemplung aja pas liat.

Lingkungan di wilayah ini masih sangat alami loh sahabat explorer. Walaupun sudah memiliki fasilitas yang memadai, tetap saja kalian akan sering melihat aneka satwa liar di pantai maupun tempat lainnya. Dikarenakan fasilitas yang memadai tersebut, maka tidak heran jika banyak tersedia penginapan di sini.

Kegiatan yang bisa kalian lakukan di sini adalah snorkeling, berenang di perairan dangkal maupun diving dan menikmati ‘istana bawah laut’ yang disediakan oleh alam. Selain itu, kalian juga bisa trekking ke Karang Copong untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset.

2. Pulau Panaitan

Wisata ke Ujung Kulon - Panduan Traveling, YOEXPLORE -yoexplore

image source : pemburuombak

Wisata ke Ujung Kulon yang selanjutnya adalah menyebrang lagi ke Pulau Panaitan dari Pulau Peucang. Terletak di ujung semenanjung dari Taman Nasional Ujung Kulon, dan juga berada di perairan Selat Sunda. Pulau ini juga tidak begitu jauh dengan Pulau Sumatera nih sahabat explorer. Pulau ini memiliki ukurang kurang lebih 17 hektar. Jika kalian berkunjung ke sini, maka kalian akan merasakan suasana hutan rimba yang alami. Perbukitan di pulau ini terbentuk oleh hutan alami  dengan perpaduan antara vegetasi Hutan Bakau, Hutan Lindung, dan Hutan Hujan.

Dalam pulau ini, kalian dapat menemukan beberapa reruntuhan sejarah seperti Arca Ganesha dan yang lainnya. Tentunya, kalian bisa menikmati kegiatan snorkeling, diving dan surfing saat ombak sedang bagus. Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mengunjungi pulau ini? Sabar dulu, masih ada yang lainnya nih!

3. Sungai Cigenter

Wisata ke Ujung Kulon - Panduan Traveling, YOEXPLORE -yoexplore

image source : blog.gogonesia

Wisata Ujung Kulon yang selanjutnya adalah Sungai Cigenter yang berada di dalam wilayah Pulau Handeleum. Kalian akan menikmati sensasi seperti di Sungai Amazon. Kalian akan menyusuri sungai ini dengan bersampan hingga ke air terjun bertingkat yang sangat indah dan sudah siap menyambut sahabat explorer yang datang.

Bersampan di sungai ini, membutuhkan sedikit nyali yang besar loh, karena kalian akan melihat pemandangan satwa liar di sepanjang aliran sungai, seperti adanya ular bergelantungan di pohon dan yang lainnya. Pastinya ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan kalian lupakan ya sahabat explorer. Namun, setelah sampai di air terjun, pasti kalian akan takjub dan segera melupakan hal yang lainnya!

4. Gunung Honje

Wisata ke Ujung Kulon - Panduan Traveling, YOEXPLORE -yoexplore

image source : tongkrongantraveller

Wisata ke Ujung Kulon yang selanjutnya adalah menakluki puncak Gunung Honje. Luas wilayah gunung ini sekitar 19.500 hektar dan dikelilingi dengan 19 desa penyangga. Sebagai ‘pintu pembuka’ ada Desa Tamanjaya.

Sebelum mendaki gunung, kalian akan terlebih dahulu berkeliling di Desa ini. Dalam desa ini terdapat Desa Nelayan Cibanua, Curug Pipanis, dan juga sumber air panas Cibiuk. Selain itu kalian juga bisa melihat pemandangan liar dari Owa Jawa di Curug Cikacang. Jadi bagaimana Sahabat explorer? Sudah mulai tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional yang satu ini?

Langsung Berangkat Yuk ke Ujung Kulon!

Kurang lebih itulah destinasi wisata ke Ujung Kulon yang direkomendasikan oleh YoExplore. Sebenarnya, masih banyak lagi pulau lainnya yang tersedia, seperti Pulau Umang, yaitu pulau yang katanya paling banyak pengunjung berasal dari Jakarta nih sahabat explorer. Namun, kami memberikan kalian rekomendasi yang lainnya, yang tentunya lebih menyenangkan dan menenangkan. Kalau kalian yang sudah pernah ke sini, boleh share cerita kalian di kolom komen kita ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar