Jawa Barat Petualangan dan Alam

Liburan Anti Mainstream Bareng Keluarga di Bandung!

wisata keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : polka.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagaimana jika dalam artikel kali ini, kita akan membahas destinasi wisata keluarga Bandung yang berbeda dari yang lainnya? Pasti setuju dong ya. Wisata kali ini ditujukan bagi kalian yang memang merupakan keluarga petualang. Jika kalian juga sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja, maka beberapa tempat ini harus kalian coba nih sahabat explorer, dijamin memacu adrenalin! Karena ada beberapa tempat yang mungkin sedikit ekstrim namun tetap aman apabila kalian mentaati peraturan-peraturan yang ada. Kira-kira udah ada bayangan belom sahabat explorer? Pokoknya, kalian gak bakal nemuin wisata mainstream seperti Kawah Putih, Gedung Tusuk Sate, atau Jalan Braga di sini. Intinya, kalian akan langsung bertemu dengan alam bebas! Alam Jawa Barat yang memang tidak kalah keren dengan panorama cantik lainnya di Nusantara!

Wisata Keluarga Bandung

Menikmati alam bebas memang menjadi pengalaman unik yang akan dikenang begitu lama oleh setiap keluarga. Tidak setiap keluarga bisa menikmati hal-hal seperti ini, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan pekerjaan yang tinggi, atau memiliki bisnis yang membuat mereka ‘terkekang’ dan tidak bisa menikmati alam bebas. Bagi keluarga yang bisa, bersyukurlah! Karena hal ini memiliki banyak manfaat tentunya. Apalagi bagi pertumbuhan mental sang buah hati, sedari kecil mereka sudah dilatih dengan kemandirian dan juga disiplin waktu, sehingga traveling ini menjadi berarti bagi mereka. Untuk permulaan, mari kita mulai dari yang dekat dulu di wilayah Bandung. Gak usah makan waktu lagi, langsung saja kita simak ulasannya!

Baca Juga : Tau Gak Kenapa Traveling Bisa Menghilangkan Stress?

1. Bukit Jamur Rancabolang

wisata keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dakatour

Wisata keluarga Bandung yang pertama adalah mengunjungi Bukit Jamur Rancabolang. Untuk pemanasan aja nih sahabat explorer, sebelum ke tempat-tempat yang ekstrim, ke sini dulu untuk foto-foto. Berlokasi di Ciwidey, tempat yang satu ini memiliki cuaca yang sejuk dan juga pemandangan alam yang masih sangat asri.

Yang kita ketahui, Pohon Cemara umumnya memiliki batang pohon yang tinggi dan juga ranting yang lebar. Namun, hal itu tidak dapat kalian lihat di Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey. Di tempat ini, Pohon Cemara justru terlihat unik, dengan bagian daunnya berbentuk seperti bola berwarna hijau. Jika dilihat dari atas, maka bentuknya seperti jamur hijau raksasa. Oleh karena itu, tempat ini disebut dengan Bukit Jamur, karena bentuk dari pohon cemara yang sangat unik tersebut.

Tentunya tempat ini sangat Instagramable, kalian akan mendapatkan hasil foto yang sangat bagus apabila berkunjung ke tempat ini. Gak percaya? Langsung datang aja ke Ciwidey!

2. Tebing Gunung Hawu

wisata keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : phinemo

Wisata keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Gunung Hawu. wah, udah mulai ekstrim nih sahabat explorer, persiapkan nyali ya!

Di tempat ini, kalian akan merasakan sensasi yang sangat berbeda dari tempat lainnya. Kira-kira kalau melakukan hal seperti yang ada di gambar, kalian berani gak? Jujur, kalo penulis sih lumayan deg-degan :D.

Kalian bisa menyebrangi dua tebing dengan sebuah tali (tentunya dengan pengaman), namun tetap saja bakalan memacu adrenalin kalian. Selain itu, kalian juga bisa hammocking di tengah-tengah antara tebing tersebut. Wah, ini sih ekstrim banget! Pada berani gak? Dijamin pulang dari tempat ini, kalian akan menjadi orang yang lebih berani deh!

3. Hutan Babakan Siliwangi

wisata keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yourbandung

Wisata keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Babakan Siliwangi. Terakhir, masuk ke hutan ini gratis, mungkin sekarang juga masih gratis (semoga saja ya sahabat explorer). Tidak perlu sampai keluar Bandung untuk menikmati keasrian alam yang masih terjaga ini. Sebagai salah satu paru-paru kota, tempat ini memang memiliki berbagai macam pepohonan rindang yang tentunya sangat menyejukkan.

Sensasi alam yang menyegarkan dan juga cuaca yang sejuk ini, akan kalian dapatkan apabila mencoba datang di pagi hari saat matahari terbit. Wah dijamin cantik banget deh pemandangannya, sudah pasti Instagramable banget! Belum lagi dengan panorama sinar matahari yang menembus dedaunan, pasti bakal mempercantik hasil fotografi kalian. Gak percaya? Coba aja dulu!

4. Hutan Pinus Rahong

wisata keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : infobdg

Wisata keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Pinus Rahong. Mungkin ada banyak lokasi wisata Hutan Pinus yang ada di Bandung, namun kalian juga harus memasuki yang ini loh. Oia, kabar bagusnya, untuk memasuki wilayah ini, kalian tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi, kapan lagi bisa menikmati keindahan alam dan tidak dipungut biaya? Salah satunya ada di sini nih!

Selain tempatnya yang pasti Instagramable, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai macam kegiatan lainnya yang bisa kalian nikmati bersama keluarga. Diantaranya adalah offroad, tracking, paintball, hingga Arung Jeram. Pokoknya menghabiskan waktu seharian di tempat ini tuh tidak akan menyesal deh! Kalau gak percaya langsung aja kunjungi tempat yang satu ini!

Menikmati Bandung Dari Sisi Lain

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata keluarga Bandung yang YoExplore bisa rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk sharing berbagai macam cerita dan pengalaman unik kalian saat mengunjungi Kota Kembang ini di kolom komentar kami. Selamat berlibur akhir tahun dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar