Nusa Tenggara Timur Petualangan dan Alam

Berpetualang Bersama Keluarga di Alor

wisata keluarga di alor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : kitamuda.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagaimana dengan wisata keluarga dengan tema berpetualang? Kayaknya layak untuk dipertimbangkan ya. Salah satu ‘senjata’ baru dalam pariwisata Indonesia sedang ramai dikunjungi oleh para turis. Keindahan kota yang satu ini memang sangat memukau, hingga tidak sedikit juga turis mancanegara yang mulai menyambangi tempat yang satu ini. Namanya adalah Kota Alor, yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Alor itu sendiri merupakan bagian yang penting dari wisata Nusa Tenggara Timur itu sendiri, oleh karena itu, kelestariannya akan sangat dijaga. Sahabat explorer sudah ada yang pernah mengunjungi tempat ini? Jika belum, artikel wisata keluarga di Alor ini tentu akan membantu kalian untuk mengetahui sekilas mengenai destinasi wisata yang ada di Alor.

Wisata Keluarga di Alor

Kota yang satu ini, terkenal karena dikelilingi dengan  pantai-pantainya yang sangat cantik. Memiliki luas sebesar 2.119 kilometer persegi dan merupakan sebuah hidden paradise atau surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Tempat yang satu ini menyimpan banyak potensi wisata bahari, sejarah dan juga budaya. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui lagi lebih dalam mengenai beragamnya kebudayaan di Nusantara, maka kalian wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Apalagi bagi kalian yang belum pernah kesini sebelumnya, pasti akan menjadi pengalaman yang sangat tidak terlupakan. Yaudah yuk sahabat explorer, langsung saja kita simak destinasi wisata terbaik yang ada di Alor!

Baca Juga : Harta Wisata Indonesia, Pulau Sumba

1. Pantai Mali

wisata keluarga di alor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : triptrus

Wisata keluarga di Alor yang pertama adalah mengunjungi Pantai Mali. memiliki pasir putih yang indah dan juga air jernih yang berwarna biru muda dan bergradasi dengan biru tua. Pemandangan sejauh mata memandang sudah pasti cantik banget nih sahabat explorer. Kalian juga bisa melihat beberapa kapal nelayan yang berlayar di lautan tersebut. Tentunya tempat ini aman untuk anak-anak kalian bermain air dan pasir. Kejernihan dari airnya itu pasti bakalan bikin kalian semua takjub deh!

Yang namanya liburan, sungguh sangat disayangkan apabila kalian bangun tidur terlalu siang. Di Pantai Mali, merupakan spot terbaik untuk menikmati yang namanya sunrise  atau matahari terbit. Tidak kalah dengan pemandangan sunrise  di Bali atau di Lombok deh! Apalagi saat pagi hari angin masih sejuk, ombaknya juga masih belum besar, jadi ini sungguh sangat sayang apabila dilewatkan! Pantai ini sendiri berlokasi di Desa Kabola, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Taman Laut Pantar

wisata keluarga di alor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : piknikdong

Wisata keluarga di Alor yang selanjutnya adalah mengunjungi Taman Laut Pantar. Dari namanya saja sudah jelas nih sahabat explorer, “Taman Laut”, jadi ya tentu yang dimaksud adalah pemandangan bawah laut yang sangat indah. Mungkin buat beberapa orang masih asing untuk mendengar Taman Laut yang satu ini, apalagi karena pamor Raja Ampat dan Taman Laut Bunaken sudah menjadi primadona di Indonesia. Namun kalian jangan salah, salah satu taman laut yang ada di Alor ini juga merupakan salah satu taman laut terindah yang ada di Indonesia loh. Bahkan ada yang bilang, bahwa keindahan taman laut di Alor ini berada di peringkat kedua di dunia setelah taman laut di Karibia! Wah, kayaknya wajib banget nih untuk datang ke tempat ini!

Tidak heran jika lokasi ini menjadi lokasi scuba diving di dunia dan juga di Indonesia. Terdapat 26 titik penyelaman yang kesemuanya memberikan pemandangan yang berbeda-beda! Kayaknya kalau menyelam cuma di satu tempat aja gak bakalan puas nih.

Selain itu, kalian juga bisa melihat bagaimana para nelayan berburu ikan dengan cara yang masih sangat tradisional. Pokoknya kalian akan mendapatkan liburan yang luar biasa banget deh di Alor!

3. Desa Takpala

wisata keluarga di alor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kemanaajaboleh

Wisata keluarga di Alor yang selanjutnya adalah mengunjungi Desa Takpala. Konsepnya memang sama dengan konsep desa wisata di wilayah lainnya. Bagi kalian yang mungkin ingin mencari wisata yang lain selain bahari, maka ini adalah jawabannya. Saat masuk ke dalam desa ini, kalian akan disambut dengan kehangatan masyarakat asli Alor. Selain itu, kalian juga bisa melihat rumah adat Alor dan juga pakaian adat mereka.

Bagi kalian yang menyukai tenun, tempat yang satu ini sungguh sangat cocok untuk dikunjungi. Tenun dari Alor terkenal dengan salah satu kualitas yang terbaik, bahkan, kalian juga bisa ikut belajar menenun di desa ini loh sahabat explorer. Biasanya, kegiatan yang satu ini memang sangat disukai oleh kaum wanita.

Masih banyak juga kegiatan lain yang bisa kalian lakukan di desa ini bersama dengan warga lokalnya. Kalau sudah sampai di Alor, jangan melewatkan kesempatan yang ada deh sahabat explorer, soalnya kan tidak setiap hari kalian bisa ke sini!

4. Kolam Bidadari

wisata keluarga di alor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : backpackerjakarta.com

Wisata keluarga di Alor yang selanjutnya adalah mengunjungi Kolam Bidadari. Tempat yang satu ini merupakan sebuah tempat yang paling sering diburu oleh para turis. Tentu saja karena keindahan kolam tersebut yang bersih dan jernih, dan juga dihiasi dengan pepohonan di pinggir kanan dan kirinya yang sangat rindang. Kolam yang satu ini masih sangat asri, jadi bagi kalian yang mengunjunginya, jaga kebersihan kolam ini ya, jangan dicemari sedikitpun!

Kolam alami ini memang menyajikan ketenangan dan kejernihan air yang bisa kalian nikmati. Mayoritas masyarakat Alor pasti mengetahui tempat yang satu ini, tinggal sebut saja Kolam Bidadari, pasti mereka dengan ramah akan memberitahu kalian semua. Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk ke Alor? Pasti dong!

Surga Tersembunyi di Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata keluarga di Alor yang bisa kalian kunjungi. Tentunya tidak hanya itu saja dong destinasinya, masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga. Nikmati keindahan yang diberikan alam ini dan jangan lupa untuk tidak mengotorinya ya, sahabat explorer. Bagi kalian yang tau destinasi menarik lainnya di Alor, boleh berbagi ceritanya di kolom komentar kami ya. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berlibur dan have a good day, explorer! Jangan lupa pilih paket wisata kalian di YoExplore!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar