Petualangan dan Alam Yogyakarta

Mau Liburan Keluarga Yang Anti Mainstream? Di Jogja Aja!

wisata keluarga jogja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : wisataliburanjogja

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, liburan ke tempat-tempat yang biasa dikunjungi orang, memang menyenangkan. Namun, bagi kalian keluarga petualang, biasanya akan lebih mencari tempat yang belum ramai dikunjungi orang. Menemukan atau mengunjungi tempat wisata yang anti mainstream, memang menjadi kepuasan tersendiri. Terlebih, jika kalian mengunjunginya bersama keluarga, rasanya pasti akan berbeda, karena akan merasakan sensasi keluarga petualang yang sesungguhnya! Untuk mengunjungi tempat tersebut, YoExplore punya rekomendasinya nih. Kira-kira ada di mana? Apakah mungkin berada di wilayah wisata keluarga Jogja? Bisa jadi! Dan memang benar tempat yang akan kami bahas ini masih berada dalam wilayah Yogyakarta. Siapkan fisik dan perlengkapan lainnya ya sahabat explorer sebelum mengunjungi tempat-tempat ini. Dijamin seru deh!

Wisata Keluarga Jogja

Wisata keluarga Jogja anti mainstream, bisa menjadi pilihan terbaru destinasi wisata kalian saat mengunjungi Yogyakarta. Bisa saja kalian sudah bosan dengan destinasi wisata yang umum dikunjungi oleh orang lain atau bahkan keluarga kalian sendiri. Rekomendasi tempat ini, memang ada beberapa yang sedikit keluar dari kota Yogyakarta, namun masih termasuk dalam kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini bisa menambah itinerary kalian ya sahabat explorer, karena dijamin pasti ada beberapa yang belum kalian dengar sebelumnya deh! Penasaran di mana saja? Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Menikmati Indahnya Temanggung Bersama Keluarga

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

wisata keluarga jogja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dakatour

Tempat anti mainstream wisata keluarga Jogja yang pertama adalah mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Apa sih gumuk pasir itu? Gumuk pasir adalah suatu bentangan alam yang proses pembentukannya dipengaruhi oleh angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah yang besar. Gumuk pasir ini memiliki ketinggian 5-15 meter.

Oleh karena itu, gumuk pasir ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba pengalaman sandboarding. Mirip dengan snowboarding, namun bedanya ini berada di atas pasir. Wah, kayaknya sangat layak untuk dicoba ya sahabat explorer!

Gundukan pasir ini, berasal dari erupsi Gunung Merapi yang endapannya terbawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Setelah terendap di pinggir pantai, barulah angin mulai ‘mengukir’ gumukan pasir ini.

Sumber : kompas.com

Bagaimana sahabat explorer? Sepertinya bakalan seru banget nih untuk berkunjung ke lokasi yang satu ini. Pengalaman sandboarding belum tentu kalian bisa nikmati di wilayah lainnya loh!

2. Blue Lagoon, Sleman

wisata keluarga jogja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tempatrekreasi.id

Wisata keluarga Jogja yang selanjutnya adalah mengunjungi Blue Lagoon, Sleman. Sebenarnya, nama tempat ini adalah Pemandian Tirta Budi, namun karena kejernihan airnya, para wisatawan menyebutnya dengan Blue Lagoon.

Kalian dapat berenang di kolam alami yang warnanya sangat biru dan jernih ini, tentunya dengan dikelilingi dengan pepohonan yang hijau dan rindang. Pasti kalian sekeluarga akan betah di tempat yang satu ini, karena cuacanya juga sejuk!

Lokasi tempat ini berada di Widodomartani, Ngemplak, Sleman yang tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Pokoknya dijamin seru banget deh sahabat explorer!

3. Bukit Nglanggeran

wisata keluarga jogja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : eksotisjogja

Wisata keluarga Jogja yang selanjutnya adalah mengunjungi Bukit Nglanggeran. Seperti yang terlihat di gambar, pemandangan yang disediakan sungguh sangat luar biasa! Kalian bisa bersantai duduk-duduk di atas bukit sambil melihat pemandangan.

Pemandangannya tentu tanpa terhalang pepohonan atau bukit nih sahabat explorer, pokoknya sejauh mata memandang, kalian akan melihat sebuah landscape yang sangat memukau.

Untuk mencapai puncak bukit ini, kalian harus menanjak terlebih dahulu, namun kalian tenang saja, pengelola sudah menyediakan tangga untuk menanjak, jadi kalian tidak perlu capek-capek menaiki medan yang terjal.

Namun, kalian tidak boleh berenang dan membuang sampah di kolam ini ya sahabat explorer, biasakan untuk mentaati peraturan.

Selain itu, kalian juga dapat melihat pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran yang tentunya memiliki pemandangan yang luar biasa dan tidak kalah dengan gunung-gunung yang lainnya.

4. Lava Bantal

wisata keluarga jogja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dreamgedejogja

Wisata keluarga Jogja yang selanjutnya adalah mengunjungi Lava Bantal. Kawasan wisata Lava Bantal merupakan sebuah kawasan Geo Heritage yang tidak boleh kalian lewatkan. Tempat ini merupakan sebuah kawasan untuk mengulik bagaimana terbentuknya Pulau Jawa.

Di bibir Sungai Opak, terdapat beberapa bongkahan batu besar yang berwarna hitam mengkilap dan menyerupai bantal. Batu-batuan ini, dipercaya sebagai bukti yang menunjukkan proses awal pembentukan Gunung Api Purba di Pulau Jawa. keberadaan batu-batuan yang sudah berumur puluhan juta tahun ini, mempercantik pemandangan di Sungai Opak.

Wah, sepertinya tempat yang satu ini tidak boleh dilewatkan banget nih! Apalagi bersama keluarga, tentu akan menjadi pengalaman yang unik bagi anak-anak kalian, dan mungkin untuk kalian juga yang belum mengetahui tempat ini sebelumnya.

Wisata Anti Mainstrem Jogja

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata keluarga Jogja anti mainstream yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share pengalaman kalian saat menemukan destinasi wisata anti mainstream lainnya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar