Jawa Tengah Petualangan dan Alam

Menikmati Indahnya Temanggung Bersama Keluarga

wisata liburan keluarga - yoexplore, Liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id
image source : bppkad.temanggungkab.go.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Wisata liburan keluarga, memang terdengar sangat menyenangkan. Selalu saja ada tempat baru yang ingin dikunjungi bersama. Baik dalam negeri, maupun di luar negeri. Di Indonesia, bisa dibilang hampir di setiap kotanya, memiliki beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi oleh keluarga. Dari Sabang sampai Merauke, berlimpah destinasi wisata yang bisa kalian semua kunjungi. Selain itu, banyak dari destinasi wisata tersebut yang sudah mulai dikunjungi oleh wisatawan asing loh. Tidak heran nih kalau pada saat musim liburan panjang sudah tiba, destinasi wisata tersebut sudah mulai dipenuhi oleh turis-turis mancanegara. Kalau sahabat explorer sendiri, lebih suka liburan di dalam negeri atau luar negeri? Kalau YoExplore sih menyarankan di dalam negeri aja, karena objek wisata dan pemandangan alamnya tidak kalah keren dengan yang di luar negeri!

Wisata Liburan Keluarga

Artikel kali ini, akan membahas wisata liburan keluarga di Temanggung, Jawa Tengah. Selama ini, tempat wisata di Temanggung memang kalah pamor dengan yang ada di Magelang, Wonosobo, dan Semarang. Namun, perlu kalian ketahui, kalau Kabupaten kecil ini memiliki tempat wisata yang sangat bagus dan juga sejarah yang patut untuk ditelusuri. Mulai dari wisata air terjun hingga mendaki gunung yang sekarang lagi banyak digandrungi oleh para Millenials nih sahabat explorer. Tetapi, bagi kalian yang memang biasa traveling dengan keluarga dan sering membawa anak kecil, maka beberapa tempat yang ada di Temanggung ini, wajib banget kalian kunjungi loh! Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Mau Traveling Ke Magelang? Yuk Kunjungi Tempat Ini

1. Wisata Alam Jumprit Temanggung

wisata liburan keluarga - yoexplore, Liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : teluklove

Destinasi wisata liburan keluarga di Temanggung yang pertama adalah mengunjungi Wisata Alam Jumprit, Temanggung. Tempat ini juga sekaligus menjadi tempat bersejarah, karena terdapat beberapa mata air suci. Air dari mata air tersebut biasanya digunakan untuk upacara adat Waisak yang dibawa dari Candi Borobudur ke Candi Mendut yang ada di Magelang.

Selain itu, kalian juga akan disambut dengan pemandangan pepohonan yang hijau dan rimbun. Tetapi kalian harus berhati-hari nih sahabat explorer, karena di tempat ini banyak sekali berkeliaran kera liar. Oleh karena itu, bagi kalian yang membawa tas-tas dan barang berharga kalian, harus selalu dijaga ya, karena terkadang monyet ini jahil dan suka mencuri tas para wisatawan.

2. Monumen Meteorit

wisata liburan keluarga - yoexplore, Liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : tribunnews

Wisata liburan keluarga di Temanggung yang satu ini, bernama Monumen Meteorit. Tempat yang satu ini, terbilang langka di Indonesia loh sahabat explorer. Bahkan bisa diperkirakan ini merupakan tempat satu-satunya yang ada di Indonesia. Tempat ini dipercaya sebagai jatuhnya sebuah meteor pada zaman dahulu. Oleh karena itu, dibangunlah monumen ini oleh pemerintah setempat. Tentunya ini akan menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan, bagaimana bisa ada meteor pernah jatuh di sini? Bagi kalian yang membawa anak-anak, pasti mereka akan bermain dengan imajinasi mereka!

Lokasi monumen ini berada di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Temanggung. Bagi kalian yang menyukai sejarah, jangan lupa mampir ke tempat yang satu ini ya sahabat explorer!

3. Curug Lawe

wisata liburan keluarga - yoexplore, Liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : wisatane

Wisata liburan keluarga di Temanggung yang selanjutnya adalah mengunjungi Curug Lawe atau Air Terjun Lawe nih sahabat explorer, sudah waktunya untuk bermain air! Hehe. Pemandangan curug di Temanggung ini tidak kalah cantik dengan yang ada di Bogor loh sahabat explorer. Lokasi air terjun ini berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang. Lebih tepatnya, berada di kaki gunung Ungaran, oleh karena itu, uda di sini sangat sejuk nih sahabat explorer.

Belum lagi dengan pemandangan pohon rimbun ala hutan tropis yang mempercantik keadaan di sekitar kalian. Tempat ini sangat Instagram-able juga loh sahabat explorer. Namanya “Lawe” juga bukan berarti tanpa alasan, karena air yang turun tersebut sangat jernih dan bening, makanya dikasih nama Curug Lawe. Dalam Bahasa Indonesia, Lawe itu sendiri artinya adalah Bening atau Jernih.

4. Wisata Alam Posong

wisata liburan keluarga - yoexplore, Liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : mytrip123

Selanjutnya, kalian bisa mengunjungi yang namanya Wisata Alam Posong nih sahabat explorer. Temanggung juga ternyata memiliki pemandangan gunung yang sangat eksotik loh. Tempat ini, tepat berada di tengah dua gunung, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Di tempat ini, kalian bisa menikmati kebun tembakau yang sangat indah, selain itu, pemandangan saat matahari terbenam di sini juga tidak kalah keren dari tempat yang lain loh sahabat explorer. Dijamin kalian gak akan nyesel deh kalau pergi ke tempat yang satu ini. Apalagi bagi kalian yang merupakan pecinta gunung, pasti akan terpana dengan panorama indahnya!

Wisata Akhir tahun

Sahabat explorer, bagaimana Temanggung? Keren kan? Sudah masuk ke dalam list traveling kalian belum? Pastikan sudah ya! Pemandangan yang disajikan tuh keren banget deh, cocok untuk solo traveling juga loh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, dan bagi kalian yang tau tempat wisata menarik lainnya yang ada di Temanggung, jangan lupa share di kolom komentar kita ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar