Aceh Petualangan dan Alam

Sudah Pernah Ke Aceh? Tapi Kalau Gugusan Pulau Ini Sudah?

wisata Pulau Banyak - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : sakaventura

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Aceh merupakan salah satu kota yang memiliki predikat Daerah Istimewa dari pemerintah zaman Soekarno. Adat dan budaya yang ada di Aceh sangat kental dan melekat ke masyarakatnya. Selain dengan tradisinya, Aceh juga terkenal dengan kuliner khasnya seperti Dodol Aceh, Bhoi, Keukarah, dan masih banyak lagi kue dan makanan Khas Aceh lainnya. Sampai-sampai, terdapat beberapa restoran di Jakarta yang menjual khusus kuliner Aceh. Kebayang gak sih sahabat explorer, gimana bagusnya Aceh? Selain itu, Aceh juga sudah terkenal dengan Kopi Gayo. Kopi yang satu ini bahkan sudah mendunia, semua penikmat kopi sudah mengakui kenikmatan kopi khas Aceh ini. Untuk urusan wisata, Aceh juga punya sebuah gugusan pulau yang luar biasa indah. Namanya adalah Kepulauan Banyak. Wisata Pulau Banyak, masih belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Wisata Pulau Banyak

Bisa dibilang, tempat yang salah satu ini adalah ‘surga dunia’ lain yang ada di Indonesia. Selain dari indahnya Raja Ampat, Pulau Banyak juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang tak kalah dengan Raja Ampat. Pulau ini terletak di pesisir barat Aceh, dan secara administratif, wilayah ini termasuk dalam Kabupaten Singkil, Aceh. Jika kalian sedang berada di Medan, maka sebenarnya kalian akan sampai lebih cepat dibandingkan dari Aceh itu sendiri. Pastinya, kalian akan menggunakan transportasi pesawat kecil dan transportasi laut nih sahabat explorer untuk mencapai pulau tersebut. Lebih baik, kita langsung kupas aja yuk sahabat explorer destinasi pulau yang ada di gugusan Kepulauan Banyak.

Baca Juga : Menikmati ‘Mini Wayag’ Alias Pianemo

1. Pulau Tuangku

wisata Pulau Banyak - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : wisatapriangan

Wisata Pulau Banyak yang pertama adalah dengan mengunjungi Pulau Tuangku. Disini, merupakan pilihan yang tepat untuk menginap. Dikarenakan merupakan pulau terbesar dari gugusan Kepulauan Banyak, maka fasilitas yang ada juga lebih memadai dibanding pulau-pulau yang lainnya. Di Pulau Tuangku, kalian dapat trekking menyusuri Gunung Tuisa yang memiliki ketinggian 313 mdpl. Cocok nih bagi kalian yang suka aktivitas mendaki gunung dan pantai sekaligus, karena dua-duanya tentu ada di sini.

Selain itu, kalian juga bisa menyusuri hutan tropis yang ada di sana. Pemandangan satwa yang luar biasa dapat kalian temukan di dalam hutan tersebut. Seperti Kancil, Burung Beo Nias, Babi Hutan, bahkan Buaya Muara pun dapat kalian temukan juga di sana. Wah, bagi kalian pecinta hewan, pasti akan sangat excited nih berada di dalam hutan tropis Tuangku ini.

Di atas puncak gunung, tentu rasa capek kalian itu akan terbayar sahabat explorer, kalian dapat melihat pasir putih, lalu air laut biru yang membentang sejauh mata memandang, dan juga gugusan pulau kecil lainnya yang dekat dengan Tuangku. Pokoknya, kalau kalian mengunjungi pulau yang satu ini, kalian tidak akan menyesal deh!

2. Pulau Panjang

wisata Pulau Banyak - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : maringetrip

Bukan pantai namanya kalau tidak bisa menikmati yang namanya matahari terbenam atau sunset. Bagi kalian yang sedang berada di Kepulauan Banyak, maka Pulau Panjang adalah pilihan yang paling tepat untuk menikmati pemandangan spektakuler tersebut. Jika kalian dari Pulau Balai, maka durasi yang harus dilewati adalah 1,5 jam. Sesampainya disini, kalian langsung disambut dengan pasir putih yang halus. Suasana yang tenang akan kalian dapatkan, ditemani dengan syahdunya suara pohon kelapa yang tertiup angin laut.

Cek Juga : Kuala Lumpur ATV KL Rainforest Adventure 

Cocok banget nih tempatnya untuk menenangkan diri sahabat explorer. Oia, kalian juga bisa berkemah di pulau ini loh sahabat explorer, namun kalian harus ingat, jangan lupa membawa persediaan air yang cukup ya, dan juga urusan logistik lainnya. Pasti pemandangannya saat malam tuh bagus banget ya sahabat explorer, wah rasanya pengen langsung ke sana aja deh.

3. Pulau Tailana

wisata Pulau Banyak - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : flickr

Wisata Pulau Banyak yang selanjutnya adalah Pulau Tailana. Hamparan pesona laut yang ada di Pulau ini sangat menakjubkan. Bahkan, bisa dibilang paling menakjubkan di antara yang lainnya. Kalian dapat menikmati pemandangan biru laut yang sangat bersih dan jernih. Kalian masih bisa melihat biota laut dan karang yang berada 3 meter di dalam laut dengan mata telanjang dari daratan. Kebayang kan sahabat explorer jernihnya kaya gimana? Wah, mantap banget deh pasti. Berbagai ekosistem bawah lautnya juga masih sangat baik.

Tidak heran sahabat explorer, kalau Pulau Tailana ini menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk kalian yang menyukai kegiatan snorkeling atau diving. Dijamin, kalian akan betah deh berada di perairan Pulau Tailana, rasanya gamau cepat-cepat naik ke darat!

4. Pulau Bangkaru

wisata Pulau Banyak - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : pergiberwisata

Kalian suka berselancar? Ah, wisata Pulau Banyak yang satu ini cocok banget nih buat kalian bagi yang punya hobi tersebut. Dengan ombak yang sangat bagus dan deras, maka Pulau Bangkaru ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar. Bahkan, peselancar dunia juga banyak yang datang kesini untuk menguji ombak yang ada di laut Pulau Bangkaru ini.

Infonya, ombak disini memiliki garis yang panjang dan memiliki ketinggian hingga 6 meter, wah sepertinya seru banget ya. Kalau kalian yang mau belajar surfing juga mungkin ini juga tempat yang cocok, namun ingat, harus dengan pemandu profesional ya.

Selain itu, tempat ini juga bukan khusus untuk peselancar saja, kalian yang juga suka untuk mengamati hewan imut dan lucu yaitu Penyu hijau, tempat ini juga ada penangkarannya loh sahabat explorer. Di sepanjang malam tiap tahunnya, Penyu tersebut suka untuk bertelur di sepanjang garis Pantai Bangkuru ini. Wah, pasti lucu banget, namun karena binatang ini sensitif terhadap cahaya dan suara aneh, maka kalian harus berhati-hati. Lebih baik kalian melapor terlebih dahulu ke pengelola setempat agar dapat mengunjungi penangkaran ini.

Sudah Siap Berangkat ke Aceh?!

Bagaimana sahabat explorer? Bagus banget kan pastinya. Wisata Pulau Banyak ini sangat cocok bagi kalian yang memang menyukai kegiatan wisata bahari. Kalian juga bisa melakukan island hopping karena ini merupakan sebuah gugusan pulau. Tercatat, ada 86 pulau kecil yang tersedia di gugusan Kepulauan Banyak. Sebenarnya, masih ada pulau yang lainnya, namun pulau tersebut ikut tenggelam saat tragedi Tsunami Aceh pada Desember 2004 silam. Apakah kalian tertarik ke Pulau Banyak? Kalau iya, jawab dan berikan alasannya di kolom komen kita ya sahabat explorer. Have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar