Kalimantan Petualangan dan Alam

Derawan Yang Rupawan

Wisata Pulau Derawan - Panduan Liburan YoExplore
image source : pontianakpost

Pulau Derawan, Panduan Liburan YoExplore – Kalimantan, menyimpan destinasi wisata yang sangat indah bernama Pulau Derawan. Selain keunikan budaya dan adat istiadatnya, pulau ini memang sangat tepat untuk dijadikan tempat wisata saat sedang liburan. Wisata Pulau Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk dapat pergi ke Pulau Derawan, semua jalur baik darat, udara, dan laut kita lalui. Tentunya, bagi yang berada di luar Pulau Kalimantan, kalian harus melalui jalur udara terlebih dahulu untuk sampai ke Kalimantan. Setelah itu, terdapat dua jalur pilihan darat. Yang pertama melalui Tarakan, dimana ongkos yang dikeluarkan akan lebih hemat dan banyak pilihan penerbangan. Lalu yang ke dua melalui jalur Berau. Namun, semua jalur tersebut akan berhenti di pelabuhan yang mewajibkan kita untuk naik speed boat agar bisa sampai ke Pulau Derawan.

Wisata Pulau Derawan Yang Kaya Akan Pesona Laut

Karena memang Wisata Pulau Derawan ini dikelilingi oleh laut,  tidak heran apabila objek wisata yang disediakan adalah pesona keindahan bawah laut dan kuliner makanan laut. Kejernihan  bawah laut Pulau Derawan ini yang menjadi sensasi bagi para penikmat wisata bahari baik dari Indonesia maupun turis mancanegara. Kira-kira apa saja yang bisa kita nikmati di Pulau Derawan?  Mari kita simak yuk ulasannya sahabat explorer.

1. Taliyasan

Wisata Pulau Derawan - Panduan Liburan YoExplore

image source : mongabay

Bagaimana sahabat explorer? Sudah pernahkah kalian berenang di laut dan langsung ditemani oleh Hiu Paus?Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan dan sedikit memacu adrenalin. Kalian tidak perlu takut karena Hiu Paus ini pemakan plankton dan tidak berbahaya bagi manusia. Hiu Paus ini hewan yang terbilang cukup ramah. Namun, kita juga tidak disarankan untuk melakukan tindakan yang agresif seperti menyentuh mereka ataupun membuat gerakan-gerakan yang mengagetkan. Tindakan tersebut dapat membuat mereka kaget dan tidak nyaman. Hiu Paus ini memiliki panjang sekitar 9 – 10 meter. Jadi akan sangat sayang jika kesempatan untuk berenang dengan hewan raksasa ini dilewatkan. Tertarik kah sahabat explorer?

2. Labuan Cermin

Wisata Pulau Derawan - Panduan Liburan YoExplore

image source : piknikasik

Setelah berenang bersama Hiu Paus di Taliyasan, saatnya kita berpindah ke Labuan Cermin. Danau ini juga biasa disebut dengan “Danau Dua Rasa” karena danau ini dapat memantulkan sinar matahari. Hal ini disebabkan  permukaan dari danau ini terdiri dari paduan air danau asin dan air danau tawar. Danau ini sangat memukau karena kejernihan airnya, sehingga kita dapat menikmatinya dengan snorkeling, berenang, atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan air yang sangat biru ini dan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Sungguh pemandangan yang akan membuat kita tersenyum lebar!

3. Pulau Sangalaki

Wisata Pulau Derawan - Panduan Liburan YoExplore

image source : indonesiakaya

Berikutnya adalah Pulau Sangalaki. Karena Kepulauan Derawan merupakan kepulauan dengan gugusan 31 pulau kecil disekitarnya, sudah pasti jika pulau-pulau ini mempunyai keunikan tersendiri yang wajib dikunjungi. Salah satu keunikan dari pulau yang memiliki luas sekitar 15,9 hektar ini adalah sebagai tempat pembiakan kura-kura hijau terbesar di Asia Tenggara. Saat air laut sedang pasang di malam hari, kura-kura ini akan naik ke darat. Wah, pastinya kura-kuranya gemesin banget nih sahabat explorer. Wajib banget ditunggu nih ya, hehehe. Selain itu, pulau ini juga dikenal sebagai habitat Ikan Pari yang akan ke sini untuk memberi makan plankton mereka. Uniknyaa, Ikan Pari ini akan muncul dari segala arah, dan umumnya muncul dari sebelah utara Pulau Sangalaki.

4. Pulau Kakaban

Wisata Pulau Derawan - Panduan Liburan YoExplore

image source : factroom.ru

Berikutnya yang tak kalah menarik dari gugusan wisata Pulau Derawan adalah Pulau Kakaban. Pulau yang sudah menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ini merupakan danau yang terbentuk pada saat zaman purbakala, tepatnya 2 juta tahun yang lalu. Danau ini terbentuk dikarenakan air laut yang masuk bercampur dengan air tanah dan hujan. Karena dinding tebing pulau yang tinggi mencapai kurang lebih 50 meter, air laut tidak dapat masuk lagi ke dalam danau tersebut. Oleh karena itu, kondisi ini sangat mendukung bagi habitat ubur-ubur, sehingga, Pulau Kakaban pun terkenal dengan wisata berenang bersama ubur-ubur. Namun sahabat explorer tidak perlu takut, karena ubur-ubur di sini merupakan ubur-ubur yang tidak berbahaya. Sama seperti danau ubur-ubur yang ada di Pulau Togean. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang bersama hewan menakjubkan ini.

Masih banyak lagi keindahan yang bisa kalian kunjungi di wisata Pulau Derawan ini. Nikmati keindahan alam yang disediakan oleh semesta ini. Tugas manusia hanyalah menjaga dan melestarikan, jangan sampai keindahan ini rusak demi kepentingan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.Keindahan yang dijadikan objek wisata ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar dan penduduk lokal daerah tersebut. Mari kita bersama-sama menjaganya ya sahabat explorer.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar