Petualangan dan Alam Sulawesi

Pesona Pulau Labengki! Raja Ampatnya Sulawesi!

wisata pulau labengki - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : gocelebes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, lagi-lagi nih, surga tersembunyi di Indonesia mulai muncul lagi ke permukaan. Setelah dulu kita dikagetkan dengan pemandangan indah dari Raja Ampat, Papua, Mentawai, dan lainnya, muncul lagi nih yang baru. Namanya adalah wisata Pulau Labengki. Pulau ini dibilang sebagai Raja Ampatnya Sulawesi, jadi tentu saja pesona yang ditonjolkan adalah pesona baharinya. Bagi kalian pecinta aktivitas laut, maka sudah sangat wajib untuk mengunjungi pulau yang satu ini. Pemandangan bawah lautnya sangat spektakuler sahabat explorer, dijamin kalian akan takjub deh. Selain itu, pulau ini juga masih sangat asri dan alami, belum banyak dikunjungi para wisatawan. Jadi, saat berkunjung ke pulau ini, kalian akan menikmati udara yang bersih dan juga segar, apalagi dengan banyak pepohonan rindang yang menyelimuti.

Wisata Pulau Labengki

Wisata Pulau Labengki ini, berada di wilayah Sulawesi Tenggara. Pemandangannya tidak kalah dengan yang ada di Wakatobi dan Raja Ampat. Ciri khasnya memang sama, yaitu memiliki karang yang tinggi dan besar di tengah-tengah dan ditutupi dengan pepohonan hijau dan lumut. Pokoknya benar-benar luar biasa deh sahabat explorer! Kalian tidak akan menyesal jika mengunjungi pulau yang satu ini. Mungkin untuk sementara, penginapan masih terbatas, namun perlahan-lahan, YoExplore yakin dengan potensi pulau ini, maka tempat ini akan menjadi ‘jagoan’ Indonesia yang lainnya dalam urusan pariwisata. Kira-kira kalian tertarik untuk mengunjungi pulau yang satu ini gak? Nyesel deh kalo gak mau!

Baca Juga : Berani Mendaki Gunung Terangker di Indonesia Ini?

Tidak hanya keindahan gugusan karang dan pulaunya saja nih sahabat explorer, di Labengki, kalian juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang mempesona. Masih sangat terjaga dan alami, pokoknya kalau kalian diving atau snorkeling di tempat ini, kalian akan takjub banget deh. Banyak biota laut yang sangat cantik, dan juga kalian dapat melihat spesies Kima atau Kerang raksasa. Ukurannya bisa mencapai 50 centimeter loh sahabat explorer. Oleh karena itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian, penangkaran dan juga konservasi dari Kima tersebut. Kima di tempat ini merupakan Kima terbesar kedua di dunia. Selain itu, ada beberapa titik penyelaman kelas dunia yang bisa kalian lalui. Untuk urusan bawah air memang tempat ini bisa lah bersaing dengan Raja Ampat, gak percaya? Langsung aja kalian kunjungi Pulau Labengki!

Aktivitas Bahari di Pulau Labengki

Selain mengelilingi pulau dan juga melakukan kegiatan bawah air, kalian bisa juga mengikuti kegiatan lainnya. Salah satunya adalah memancing, di perairan ini kalian bisa memancing berbagai macam jenis ikan seperti Barakuda, Kerapu, Tuna Sirip Kuning, Ikan Layar atau Kakap Merah. Sesudah memancing, kalian bisa membawa hasil tangkapan kalian ke pinggir pantai atau ke pulau untuk barbeque. Di pulau ini terdapat hamparan pasir putih dan pohon kelapa yang rindang, dan bisa menjadi tempat bagi kalian untuk menyantap ikan yang kalian pancing tadi. Wah, bagaimana sahabat explorer? Sudah kebayang kan bagaimana nikmatnya, pasti ini bakalan menjadi pengalaman yang tidak akan kalian lupakan deh. Belum lagi tempatnya sangat Instagramable! Dijamin kalian akan puas selama berada di Pulau Labengki.

Labengki Besar dan Labengki Kecil

Pulau ini sebenarnya terbagi menjadi dua pulau, yaitu Labengki Besar dan Labengki Kecil. Jika kalian mau untuk sedikit trekking, maka kalian akan menemukan berbagai macam landscape yang menakjubkan. Sudah pasti sangat Instagramable, feeds di Instagram kalian dijamin bakalan keren! Selain itu, kalian juga bisa melihat batuan Karst yang ada seperti di Stone Garden, Padalarang. Lalu ada juga pulau-pulau kecil berbatu yang memiliki tanaman hijau seperti di Raja Ampat, jadi kalian bisa island hopping juga nih di tempat ini.

wisata pulau labengki - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yukepo

Yang tidak kalah menarik adalah kalian juga bisa menemukan gua-gua stalagmit dan stalagtit yang sangat berkilau. Ada beberapa hidden lagoon dan juga danau yang memiliki air jernih bak cermin! Pokoknya kalian akan sangat puas deh mengunjungi kepulauan yang satu ini. Dijamin akan betah untuk bermalam di Labengki. Mumpung belum banyak dikunjungi sama turis nih sahabat explorer, kalian buruan deh mengunjungi tempat ini. Dijamin seminggu juga bakalan gak cukup untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini!

Kunjungi Sulawesi Tenggara!

Sahabat explorer, itulah wisata Pulau Labengki yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Seperti biasa, kami selalu memberikan kalian informasi mengenai hidden paradise yang ada di Indonesia. Masih banyak kok keindahan Indonesia yang masih tersembunyi, tinggal kitanya aja nih mau untuk berpetualang atau tidak.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu share pengalaman traveling kalian di Guest Post YoExplore dan di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar