Petualangan dan Alam Sumatera

Gak Punya Duit Buat ke Raja Ampat? Nih, Ada Kembarannya!

wisata pulau mandeh - panduan traveling, yoexplore - yoexplore
image source : liputan6

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Nusantara, lagi-lagi memiliki kejutan dalam dunia pariwisatanya. Setelah booming-nya Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Raja Ampat, dan yang lainnya, sekarang muncul lagi nih destinasi wisata di wilayah Sumatera. Tepatnya berada di Sumatera Barat, dan namanya adalah Pulau Mandeh. Banyak orang yang bilang, wisata Pulau Mandeh ini adalah ‘kembaran’ dari Raja Ampat. Informasi tersebut sudah pasti dikarenakan keindahan laut dan pantainya. Bagi kalian yang mungkin merasa budget ke Raja Ampat itu mahal, kalian bisa datang ke sini nih, tentunya dengan budget yang lebih murah jika dibandingkan dengan Raja Ampat. Ombak di Pulau ini terkenal dengan ketenangannya, jadi cocok bagi kalian yang ingin duduk santai pinggir pantai.

Wisata Pulau Mandeh

Wisata Pulau Mandeh atau Taman Nasional Mandeh ini, berada 56 kilometer dari kota Padang. Butuh waktu kurang lebih 70 menit menggunakan transportasi darat. Lokasi jelasnya, berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Sumatera Barat. Wisata tempat ini dikenal dengan island hopping-nya, jadi kalian bisa berpindah-pindah pulau dan menikmati keunikan dari setiap pulau yang ada. Artikel kali ini akan membahas kira-kira ada spot menarik apa saja yang bisa kalian kunjungi saat sedang berwisata ke Pulau Mandeh. Pokoknya dijamin, pemandangannya gak kalah sama Raja Ampat kok sahabat explorer, buktikan saja sendiri! Yuk, mari kita simak destinasi-destinasinya!

Baca Juga : Menikmati Segarnya Air Terjun Gitgit

1. Puncak Mandeh

wisata pulau mandeh - panduan traveling, yoexplore - yoexplore

image source : nianastiti.com

Wisata Pulau Mandeh yang pertama adalah mengunjungi puncak Mandeh. Karena jaraknya yang dekat dari dermaga, dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk ke atas puncak (menggunakan mobil), maka YoExplore merekomendasikan kalian untuk mengunjungi tempat ini terlebih dahulu.

Ada tempat khusus untuk melihat pemandangan laut lepas dan pulau di atas sana. Disediakan juga beberapa bangku untuk kalian yang mau duduk-duduk santai. Jangan heran ya sahabat explorer, kalian bakal banyak bertemu dengan fotografer di sana. Kenapa? Sudah pasti karena pemandangan landscape yang diberikan itu sangat luar biasa! Kalian bisa melihat beberapa pulau kecil dari gugusan Kepulauan Mandeh di sana. Ini masih baru pembukaan ya sahabat explorer, masih ada tempat lainnya yang bikin merinding!

2. Pulau Setan

wisata pulau mandeh - panduan traveling, yoexplore - yoexplore

image source : aet.co.id

Nah, ini nih sahabat explorer yang bikin merinding. Namanya adalah Pulau Setan, tapi kalian gak perlu takut, karena cuma namanya saja kok yang ada Setannya, justru pemandangan yang ada di sini kebalikan dari namanya banget!

Gradasi warna laut juga sudah terlihat di sini, sangat bersih dan alami. Namun, kalian jangan buang sampah sembarangan ya sahabat explorer, tetap menjaga kebersihan dimanapun kalian sedang traveling.

Kalian bisa menikmati snorkeling dan diving di sekitar sini. Oia sahabat explorer, pantainya juga berpasir putih dan sedikit merah muda loh, pasti cantik banget nih dilihatnya. Siapkan baterai kamera kalian ya!

Oia, disini kalian juga bisa bermain dengan Boat loh sahabat explorer. Ada beberapa permainan juga, seperti banana boat, memancing, atau keliling Pulau Setan menggunakan speed boat, wah dijamin seru!

3. Pulau Sironjong Gadang

wisata pulau mandeh - panduan traveling, yoexplore - yoexplore

image source : limakaki

Setelah berkunjung ke Pulau Setan, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Sironjong Gadang. Nah, kalau yang satu ini, andalannya adalah pemandangan biota bawah lautnya nih sahabat explorer, jadi kalian siapin fisik untuk diving ya. Kalau kalian yang tidak berani untuk diving, snorkeling aja juga udah cukup kok. Pemandangan karang bawah laut dan ikan-ikan serta biota lautnya yang berwarna warni, pasti akan memberikan rasa takjub ke kalian.

Setelah itu, kalian bisa ke Sironjong Ketek, di sana kalian bisa melakukan cliff jumping seperti yang terlihat pada gambar. Lumayan memacu adrenalin nih sahabat explorer, kira-kira kalian berani gak? Berani lah ya, soalnya ini pasti menjadi pengalaman yang sangat unik dan luar biasa!

Untuk mencapai Sironjong Ketek, hanya membutuhkan waktu 5 menit berlayar, setelah itu kalian bisa menceburkan diri kalian ke laut dari ketinggian tebing 15 meter. Pastinya, ini obat untuk pereda stres banget nih sahabat explorer. Sensasinya berbeda, karena kalian tidak dibekali dengan alat pengaman!

4. Kapo-Kapo, Pulau Cubadak

wisata pulau mandeh - panduan traveling, yoexplore - yoexplore

image source : travelingyuk

Wisata Pulau Mandeh yang berikutnya adalah mengunjungi Pulau Kapo-Kapo di Pulau Cubadak. Jadi seperti ada pulau di dalam pulau ya sahabat explorer, hehe. Disini, kalian bisa berlayar menggunakan kapal dan menikmati pemandangan hutan bakau yang masih sangat hijau dan asri.

Kalian tidak akan bosan dikarenakan pemandangannya yang sangat luar biasa dan udara yang sejuk.

Selain itu, terdapat pantai juga di Kapo-Kapo, tentunya dengan pemandangan yang berebda dari pantai-pantai yang lain, karena di pantai ini dihiasi dengan banyaknya pohon kelapa di sekitar pantai. Wuih, pastinya tempat yang satu ini sangat Instagram-able banget!

Sudah Siap Pergi ke Raja Ampat Versi Sumatera?

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata Pulau Mandeh yang dapat kalian kunjungi. Mari kita terus eksplorasi Indonesia untuk menemukan ‘berlian-berlian’ yang tersembunyi seperti ini nih sahabat explorer. Rasanya, gak perlu liburan ke luar negeri lagi, karena apa yang kita punya ini sudah sangat lengkap! Kalau kalian sudah pergi ke sana, jangan lupa untuk share pengalaman kalian di kolom komentar kami ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar