Petualangan dan Alam Sulawesi

Biru dan Jernihnya Pulau Togean

Wisata Pulau Togean - Panduan Traveling YoExplore
image source : pesonaindo

Pulau Togean, Panduan Traveling YoExplore – Indonesia memang dikelilingi dengan banyak pulau. Hampir dari seluruh wilayah besar di Indonesia dihiasi dengan pulau-pulau kecil yang berdekatan dengan daratan luas tersebut. Oleh karena itu, banyak sekali ‘harta karun’ yang terpendam. Salah satunya wisata Pulau Togean ini dan mungkin masih ada yang lainnya belum terjamah oleh manusia. Namun, seiringnya waktu berjalan dan booming nya fenomena backpacker di Indonesia, destinasi-destinasi wisata baru mulai bermunculan dan menjadi pembahasan hangat di masyarakat sekitar kita.

Sesuai dengan judul artikel ini dibuat, kita akan membahas mengenai indahnya Pulau Togean yang berada di Sulawesi Tengah ini. Kawasan ini merupakan kumpulan beberapa pulau yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Keindahan tersebut bak surga yang tersembunyi. Suasana yang biru dan jernih itu membuat kita seakan tidak mau kembali ke hiruk-pikuk ibu kota yang dihiasi oleh gedung bertingakat, dan asap polusi kendaraan. Pulau ini dilindungi dan dijadikan Taman Nasional Kepulauan Togean. Hal itu dikarenakan Pulau Togean memiliki keindahan biota laut dan terumbu karang yang sangat memanjakan mata. Maka tempat wisata pulau togean ini sangat wajib untuk dijaga dan lestarikan.

Wisata Pulau Togean

Kira-kira apa aja sih yang wajib dikunjungi saat kita berada di Kepulauan Togean? Yuk, kita simak sahabat explorer.

1. Pulau Togean

Wisata Pulau Togean - Panduan Traveling YoExplore

image source : lampungpro.com

Tentunya yang pertama adalah Pulau Togean itu sendiri. Selain wisata bahari yang sudah pasti menjadi target utama dalam kunjungan ke pulau ini, ternyata dengan Wisata Pulau Togean kita dapat menikmati hal lain berupa pemandangan bukit yang membelah Teluk Tomini. Lalu, di sana ada sebuah desa yang bernamakan Desa Katupat. Di desa tersebut kita dapat melihat pemandangan pantai yang indah tentunya, dan kita bisa mencoba  trakking ke dalam hutan yang ada di Desa Katupat itu. Selain trakking dan bermain di pantai, aktivitas lain yang dapat kita lakukan adalah memancing, berlayar, dan tentu saja menyelam sambil menikmati keindahan bawah laut. Ini bisa dilakukan hampir disemua pulau yang ada di kumpulan Kepulauan Togean. Buat sahabat explorer yang penikmat Wisata Bahari, wajib banget nih untuk berkunjung ke sini.

2. Pulau Kadidiri

Wisata Pulau Togean - Panduan Traveling YoExplore

image source : anekatempatwisata

Yang kedua adalah Pulau Kadidiri. Ini merupakan surga bagi kalian yang menyukai kegiatan snorkeling dan menyelam (diving). Pulau ini menyediakan pemandangan terumbu karang yang luar biasa indah. Bahkan, hanya dengan berjalan di tepi pantai saja, kita sudah dapat melihat kekayaan bawah laut dari Pulau Kadidiri karena pantai ini sangat terjaga kebersihannya sahabat explorer.

Untuk kalian yang ingin menikmati lebih dalam lagi kekayaan terumbu karang ini, kalian bisa menyewa Kayak untuk berkeliling loh, atau pergi dengan speed-boat sejauh 16 kilometer ke lokasi pesawat B 24 yang merupakan bekas peninggalan dari perang dunia II. Bakalan menjadi pengalaman yang unik deh sahabat explorer. Bayangin aja selain kita diving untuk melihat keindahan bawah laut, kita juga dapat menjelajah bangkai pesawat ini loh! keren kan sahabat explorer? Jadi, selain bisa menikmati ketenangan air di pantainya, kita juga bisa mengeksplorasi bawah laut dari salah satu kumpulan Kepulauan Togean ini. Namun, jangan lupa untuk jaga kebersihannya ya! Mari kita jaga keindahan dan keasriannya bersama-sama.

3. Pulau Una-Una

Wisata Pulau Togean - Panduan Traveling YoExplore

image source : indonesiatourism

Pulau Una-Una memiliki gunung berapi yang masih aktif loh sahabat explorer. Kita dapat hiking ke kawah gunung tersebut yang juga tidak kalah indah dengan kawah gunung lainnya. Yang unik dari pulau ini adalah pantainya yang memiliki perpaduan dua warna, yaitu kombinasi hitam dengan putih. Konon, ini terjadi karena pada berabad-abad yang lalu terjadi letusan Gunung Colo yang mengakibatkan pencampuran pasir pantai dengan material vulkanik tersebut. Sehingga warna pantainya jadi hitam sedikit keputih-putihan. Selain itu, kita dapat menikmati sunset dan sunrise sambil bersantai di sekitaran pantai ini loh sahabat explorer. Ini merupakan tempat yang sangat mempesona untuk bersantai, belum lagi banyak spot-spot foto yang keren untuk menambahkan feed Instagram kalian. Pokoknya, jangan sampai melewatkan pulau yang satu ini ya sahabat explorer.

4. Danau Mariona

Wisata Pulau Togean - Panduan Traveling YoExplore

image source : backpackerjakarta

Aneh tapi nyata, sebuah pulau tapi memiliki danau di tengahnya. Ya, itulah Danau Moriana yang merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi apabila kita sedang berada di Taman Nasional Kepulauan Togean ini. Danau ini menyediakan pemandangan yang langka sahabat explorer. Kita bisa berenang sambil ditemani dengan ubur-ubur! Jangan takut, karena ini merupakan ubur-ubur yang tidak menyengat, jadi kalian bisa berenang dengan hewan ini tanpa perasaan takut disengat. Ini merupakan danau langka, karena tidak semua danau memiliki keunikan ini.

Di Indonesia sendiri, baru ada 3 danau yang memiliki ubur-ubur tidak menyengat ini. Salah satunya adalah Danau Mariona ini, kedua lainnya adalah Danau Kakaban di Pulau Derawan, Kalimantan Timur, dan Danau Lenmakana di Misool, Raja Ampat. Tentunya, ini akan menjadi pengalaman yang sangat langka juga loh sahabat explorer, penasaran kan gimana rasanya berenang bareng ubur-ubur ini. Mungkin melihatnya saja jarang, apalagi kalau bisa berenang bareng. Hmm, menakjubkan pastinya.

Mari Kunjungi Sulawesi

Tunggu apa lagi sahabat explorer, saat sudah memasuki waktu libur, ga usah pikir panjang lagi untuk pesan trip ke Taman Nasional Kepulauan Togean ini. Penyesalan adalah hal yang tidak mungkin kita dapat saat berkunjung ke sini. Kalian bisa menikmati keindahan ini baik bersama teman ataupun keluarga kalian. Buat kalian yang sudah pernah ke sini, boleh di share pengalamannya ya, biar yang belum pernah jadi semakin iri nih, hehehe. Have a good day, explorer.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar