Jawa Barat Petualangan dan Alam

Berlibur Ke Stone Garden Bandung

Wisata Stone Garden - Panduan Liburan di Bandung

Panduan Liburan di Bandung – Stone Garden, merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Padalarang, Bandung. Sesuai dengan namanya yang terdapat kata “Stone”, tempat ini memang menyajikan pemandangan bebatuan yang indah. Namun, ini bukan sekedar hanya bebatuan loh sahabat explorer. Menurut ahli geologi, bebatuan yang ada di  wisata Stone Garden ini merupakan gunung yang berada di dasar laut purba yang diperkirakan berusia 27 juta tahun dengan temuan fosil binatang kolar! Bayangin aja, dulu ini di dasar laut loh, tapi sekarang malah kita yang mendaki ya sahabat explorer :D.

Wisata Stone Garden Merupakan Situs Peninggalan Purbakala

Geopark ini menawarkan suasana yang berbeda dengan tempat liburan pada umumnya. Objek wisata ini memberikan pemandangan batu Karst dengan berbagai macam ukuran yang akan membuat kita serasa lagi di luar bumi nih sahabat explorer. Taman batu ini terletak 700m di atas permukaan laut, tapi sahabat explorer jangan takut, karena ini bukan pendakian terjal seperti gunung-gunung pada umumnya. Jalanan di wisata Stone Garden sudah cukup landai, aman untuk anak-anak dan juga sudah tertata dengan rapi.

 

Keren ga sahabat explorer? tampilan depannya mengingatkan kita sama film Jumanji ya :D. Bahkan, banyak yang bilang kalau Geopark Stone Garden ini mirip dengan pemandangan wisata luar negeri loh sahabat explorer. Tepatnya di Christmas Island, Australia. Setelah pendakian yang memakan kurang lebih 30 menit, rasa lelah pun akan terbayar karena saat berada di taman batu, pemandangan yang luar biasa itu akan memanjakan sejauh mata kita memandang.

Wisata Stone Garden ini dikelola oleh Komunitas Pokdarwis Pasir Pawon. Komunitas ini terdiri dari pemandu wisata lokal dan karang taruna. Tujuan kelompok ini dibentuk untuk mempertahankan keasrian dari tempat wisata ini. Sebelum mereka fokus mengelola Taman Batu ini, mereka adalah penambang batu yang ada disekitar lokasi. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, mereka memutuskan untuk berhenti menambang batu-batuan disekitar lokasi. Pada akhirnya, mereka beralih menjadi pengelola lokasi Taman Batu dan menjaga tempat wisata tersebut.

Baca juga: Desa Wisata Pasir Ipis Lembang 

Bandung Yang Selalu Mengejutkan

Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat wisata ya sahabat explorer. Dulu sempat heboh dengan Tebing Keraton, sekarang ada lagi nih wisata Stone Garden ini. Selain melihat indahnya bebatuan di sini, ternyata masih ada lokasi objek wisata lainnya yang masih satu lokasi, yaitu Gua yang disebut sebagai Guha Pawon. Guha Pawon ini adalah situs peninggalan purbakala lainnya selain dari bebatuan tadi. Konon, di dalam Guha Pawon ini pernah ditemukan fosil tulang belulang manusia yang dipercaya sebagai sesepuhnya Sunda yang meliputi wilayah bagian barat Pulau Jawa.

Letaknya tidak jauh dari Stone Garden. Kalau Stone Garden ini ada di atas, Guha Pawonnya ada di bawah nih sahabat explorer. Gua yang memang dipenuhi kelelawar ini tidak terlalu gelap seperti gua-gua pada umumnya karena cahaya masih bisa masuk melalui sela-sela langit gua tersebut. Nanti sesampainya di dalam, kita akan menemukan beberapa tengkorak manusia purbakala. Karena sudah diberikan pagar, kita hanya bisa melihat tanpa menyentuhnya sahabat explorer. Lagian ngeri juga sih ya kalo megang-megang tengkorak, apa lagi yang umur nya udah jutaan tahun gitu. Makasi lah ya :D.

Masih di dalam gua, seiringnya kaki kita melangkah, kita akan menemukan beberapa tempat yang sangat keren untuk foto nih sahabat explorer. Sangat cocok untuk memberi warna baru pada feed Instagram atau Instastories kalian.  Sekali lagi kita ingatkan bahwa semua objek wisata Stone Garden ini aman untuk keluarga dan anak-anak. Sudah dilengkapi dengan toilet umum, mushola, serta warung-warung makan yang dikelola oleh penduduk setempat. Tunggu apa lagi sahabat explorer, Yuk nikmati sensasi liburan di Bandung tapi tidak terasa seperti di Bandung. Hanya di Stone Garden Geopark, Padalarang, Bandung :D.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar