Petualangan dan Alam Sulawesi

Surga Air Di Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah

Panduan Traveling, YOEXPLORE - wisata sulawesi tengah - kepulauan banggai
image source : antarafoto

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, Indonesia memang merupakan surga bagi para penikmat laut dan pantai. Sebagai negara kepulauan, tidak heran jika panorama pantai dan laut tersebut sangat menakjubkan dan memanjakan mata. Beberapa destinasi wisata bahari yang sudah dikenal khalayak di dunia tentu adalah Bali. Beberapa destinasi wisata lainnya juga mulai naik daun seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, dan Bangka Belitung. Padahal, jika kita mau mengeksplorasi, masih banyak lagi tempat wisata yang tidak kalah menarik dan mungkin jauh lebih bagus dari yang disebut di atas. Kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu destinasi wisata Sulawesi Tengah yang memiliki keindahan tersembunyi. Nama tempatnya adalah Kepulauan Banggai.

Wisata Sulawesi Tengah Kepulauan Banggai

Kepulauan ini berada di dalam wilayah Sulawesi Tengah dan memiliki ibu kota yaitu Salakan. Dahulu, kepulauan ini tergabung dengan Kabupaten Banggai. Namun, pada pertengahan tahun 90an, pemerintah menetapkan kalau Kabupaten Banggai sebagai Kabupaten induk dan kepulauan yang ada di sekelilingnya masuk ke dalam wilayah pemekaran Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Bagi sahabat explorer yang belum pernah ke sini, sangat pas banget nih bisa baca artikel kali ini. Soalnya, kita akan membahas beberapa destinasi dan objek wisata yang bisa kalian kunjungi di wisata Sulawesi Tengah yang satu ini. Pasti kalian akan takjub dengan kecantikan kepulauan ini yang masih banyak orang belum tau. Tidak hanya pantai saja loh sahabat explorer.  Penasaran ada apa saja? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Mau Kabur Sebentar Dari Jakarta? Ke Ujung Kulon Yuk!

1. Pulau Dua

Panduan Traveling, YOEXPLORE - wisata sulawesi tengah - kepulauan banggai

image source : travelingweb.id

Wisata Sulawesi Tengah yang pertama adalah mengunjungi Pulau Dua di Kepulauan Banggai. Kalau dilihat sekilas dari foto, memang mirip dengan Labuan Bajo ya sahabat explorer, namun jangan salah. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Binggai.

Sebagai daerah pesisir di Kabupaten Banggai, Pulau Dua menyuguhkan pemandangan pantai dan alam bawah laut yang sangat mempesona.

Kalian bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling, diving, atau berenang biasa. Taman bawah laut Pulau Dua, merupakan salah satu taman bawah laut terbaik yang ada di Sulawesi.

Oia, selain menikmati keindahan bawah laut, kalian juga bisa melakukan kegiatan selancar loh sahabat explorer. Bagi kalian yang tidak membawa papan selancar, jangan sedih, karena fasilitas di sini sudah lengkap, kalian bisa menyewa peralatan selancar dan langsung menikmati hempasan ombak yang siap untuk ditaklukkan!

2. Molino Tontouan

Panduan Traveling, YOEXPLORE - wisata sulawesi tengah - kepulauan banggai

image source : anakkost.net

Wisata Sulawesi Tengah selanjutnya adalah dengan mengunjungi Molino Tontouan. Tempat ini adalah tempat pemandian yang sangat menyegarkan. Kalian bisa merasakan air dari aliran sungai Uwe Molino yang tentu airnya bersih dan jernih. Karena warna biru yang bias menggenangi warna permukaan dari sungai ini, sehingga terlihat seperti air laut.

Karena masih banyak orang yang belum tahu keindahan alami dari tempat ini, maka kalian akan bisa banget nih menikmati keindahan alami ini tanpa banyak gangguan dari orang lain, hehe. Dijamin, kalian tidak akan menyesal deh jika datang ke tempat yang satu ini. Lokasi pemandian ini berada di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Tidak sulit dicari kok sahabat explorer, karena lokasinya cukup dekat dengan pusat kota.

3. Danau Alani

Panduan Traveling, YOEXPLORE - wisata sulawesi tengah - kepulauan banggai

image source : childisland.blogspot

Selanjutnya dalam wisata Sulawesi Tengah Kepulauan Binggai, kalian dapat mengunjungi Danau Alani. Sebuah danau yang sangat jernih dan dihiasi dengan pepohonan hijau yang ada di sekelilingnya. Selain itu, danau ini merupakan salah satu tempat wisata yang sudah lumayan populer di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang suka sekedar nongkrong di danau ini.

Baik saat sedang pasang atau surut, danau ini tetap indah untuk dipandangi, kalian dapat melihat susunan bebatuan yang alami pada saat air sedang surut.

Kegiatan yang dapat kalian lakukan adalah menyebrangi danau dengan rakit, sekedar bersantai di pinggir danau, dan juga bisa memancing. Wah, kayaknya waktu yang paling cocok untuk datang ke sini tuh pas sore hari ya sahabat explorer.

4. Air Terjun Tembang

Panduan Traveling, YOEXPLORE - wisata sulawesi tengah - kepulauan banggai

image source : triptrus

Selanjutnya, kalian bisa mengunjungi Air Terjun Tembang. Tempat ini juga merupakan pemandangan alam yang wajib kalian kunjungi, karena memiliki keindahannya tersendiri. Kalau kalian lihat, air terjun mengalir secara bebas dari tebing-tebing yang bertingkat. Selain itu, pepohonan hijau yang rindang juga menambah kesejukan yang ada di sekitar air terjun ini.

Kalian bisa menemukan air terjun ini jika berkunjung ke Desa Luk Sagu yang berjarak beberapa kilometer dari kota Salakan. Meski akses jalanan belum sepenuhnya bagus, namun kalian tidak akan menyesal setelah sampai ke air terjun ini.

Selain itu, warga sekitar juga sudah memfasilitasi dengan berbagai macam warung untuk kalian menyantap makanan atau sekedar membeli kudapan.

Yuk, Eksplorasi Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata Sulawesi Tengah Kepulauan Banggai yang YoExplore rekomendasikan untuk kalian. Dengan tujuan untuk membantu pemerintah mencapai target 20 juta wisatawan asing, maka tidak ada salahnya jika kami juga berkontribusi untuk memberikan rekomendasi tempat terbaik yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kalian yang membaca artikel-artikel kami, boleh juga memberikan informasinya ke teman yang lain atau mungkin teman kalian yang di luar negeri. Semoga, dengan tercapainya target tersebut, perekonomian negara kita akan semakin membaik ya sahabat explorer. Have a good day!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar