Nusa Tenggara Timur Petualangan dan Alam

Surga Di Pulau Komodo

wisata taman nasional komodo - Panduan Traveling YoExplore
image source : travel-dream

Pulau Komodo, Panduan Traveling YoExplore¬†–¬†Sebagai salah satu hewan terlangka di dunia, Komodo juga memiliki habitat aslinya di salah satu pulau di Indonesia yang dikenal dengan nama Pulau Komodo. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Selain melihat habitat asli dari Komodo, pulau ini juga menawarkan pemandangan yang sangat memanjakan mata para pengunjungnya. Keindahan pulau ini bak daratan surga di tengah samudera. Kawasan yang dikelola oleh pemerintah pusat dengan nama Taman Nasional Komodo ini berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau berada di barat Pulau Sumbawa, Kecamatan Komodo, Indonesia. Wisata Taman Nasional Komodo juga termasuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili Motang.

Wisata Taman Nasional Komodo Yang Sudah Mendunia

Selain Komodo yang jumlahnya hingga Agustus 2009 diperkirakan mencapai 1300 ekor, sisi eksotisme flora juga sangat menonjol di pulau ini. Seperti olahan kayu Sepang yang dijadikan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian oleh penduduk setempat. Pulau ini sangat luar biasa, kita dapat melihat birunya laut yang bersih, hamparan pemandangan hijau disejauh mata memandang, dan kita seakan flashback ke jejak peninggalan masa lalu. Keasriannya ini ah yang pada akhirnya membuat wisata Taman Nasional Komodo selalu ramai dikunjungi wisatawan.

wisata taman nasional komodo - Panduan Traveling YoExplore

image source : wisata pulau komodo

Jika kembali ke sejarahnya, pada tahun 1910 letnan Steyn Van Hens Broek berusaha membuktikan laporan oleh pasukannya tentang keberadaan makhluk di salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang katanya mirip dengan seekor naga. Letnan Steyn lantas berangkat ke lokasi tersebut dan membunuh seekor komodo tersebut untuk dibawa dan diteliti di Musium Botanical Garden, Bogor. Semenjak itu, penelitian dan ekspidisi terhadap spesies langka ini terus dilakukan. Pada akhirnya pada tahun 1915, pemerintah Belanda mengeluarkan larangan untuk berburu dan membunuh Komodo tersebut.

wisata taman nasional komodo - Panduan Traveling YoExplore

image source : komodoisland

Baca juga: Keindahan Wisata Pulau Derawan

Daya Tarik Pulau Komodo Selain Spesiesnya

Sebetulnya, daya tarik dari Pulau Komodo ini bukan hanya dari spesies Komodo itu saja. Panorama savana dan pemandangan bawah laut yang luar biasa menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat potensial terhadap daya tarik pengunjung. Bayangkan saja, dari ketinggian kita bisa melihat jernihnya air laut di pantai tersebut hingga ke dasarnya. Lalu dengan adanya wisata bahari seperti memancing, snorkeling, diving, kano, dan bersampan.

wisata taman nasional komodo - Panduan Traveling YoExplore

image source ; pesonaindo

Lihat saja Pink Beach atau Pantai Pink. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah muda atau pink. Pemandangan yang sangat langka bagi kita yang terbiasa melihat warna pasir pantai pada umumnya. Ini merupakan satu diantara 7 pantai pink lainnya yang berada di seluruh dunia. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, fenomena langka ini ada di negeri kita. Sudah pasti, ini adalah tempat yang sangat bagus dan indah untuk para wisatawan mengambil foto. Selain keindahan warnanya, pantai pink ini juga merupakan istana indah bagi ratusan jenis ikan, karang laut, dan biota hidup lainnya. Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk berkunjung ke sini? :D.

wisata taman nasional komodo - Panduan Traveling YoExplore

image source : langgengwisata

Selain melihat spesies Komodo, dan pemandangan laut, dari sisi daratnya pun pulau Komodo terlihat sangat eksotis. Potensi wisata alamnya juga beragam loh sahabat explorer. Seperti yang dikutip dari situs resmi Kementrian Kehutanan yang bertanggung jawab untuk mengelola Wisata Taman Nasional Komodo ini, wisata alam seperti camping, pengamatan satwa, dan hiking. Menikmati pemandangan yang menawan juga merupakan salah satu kegiatan alam di darat yang dapat kita lakukan di Pulau Komodo, karena banyak sekali spot-spot untuk pengambilan gambar yang indah.

Sangat wajib dikunjungi bagi kita yang ingin menikmati semua paket keindahan tersebut. Uang yang kita keluarkan tidak akan terasa sia-sia loh sahabat explorer. Perjalanan wisata Taman Nasional Komodo ini menjanjikan kita untuk mendapatkan pengalaman baru dan langka loh. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung pesan aja paket 3D2N Komodo Islands Tour untuk menikmati wisata Pulau Komodo kalian!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar