Petualangan dan Alam

Wisata Unik Ini, Cuma Indonesia Yang Punya!

wisata unik di Indonesia - Panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : wisatahalimun

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Selain memiliki destinasi wisata yang kaya akan budaya dan kecantikan alam. Indonesia juga kaya akan tradisi adat dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat lokal. Oleh karena itu, beberapa hal tersebut ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis. Bukan hanya itu saja, hal lain seperti flora atau fauna tertentu yang hanya berada di suatu wilayah, menjadi pesona tersendiri bagi para traveler. Masyarakat lokal pun juga sadar akan potensi wisata tersebut, oleh karena itu, sebagai traveler yang baik, kita juga harus membantu mereka. Caranya cukup mudah, hanya dengan tidak merusak atau mengotori tempat tersebut. Dengan demikian, kalian sudah membantu untuk melestarikan apa yang dijadikan sebagai objek wisata unik di Indonesia itu sendiri.

Wisata Unik di Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Traveling. YoExplore juga sangat memperhatikan hal-hal seperti keunikan budaya, adat istiadat, dan lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu, kami juga ingin membantu program pemerintah di tahun 2018 ini untuk mencapai target 20 juta turis di Indonesia. Sebagai contohnya adalah dengan memberikan informasi atau artikel yang berkaitan dengan destinasi wisata. Seperti sekarang ini, mungkin banyak dari kalian yang belum tau nih, kalau ada wisata unik di Indonesia yang wajib kalian kunjungi. Penasaran di mana aja? Langsung simak ulasannya ya!

Baca Juga : Gak Punya Duit Buat ke Raja Ampat? Nih, Ada Kembarannya!

1. Gunung kelimutu

wisata unik di Indonesia - Panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : indonesiakaya

Wisata unik di Indonesia yang pertama adalah Gunung Kelimutu di Flores, Indonesia Timur. Keunikan dari Gunung ini terletak pada danau kawah di puncaknya. Terdapat tiga buah danau kawah yang warnanya berbeda-beda. Terkadang berwarna hijau, biru, atau hitam, semua tergantung dari kandungan air dan faktor cuaca. Wah, keren banget nih pasti sahabat explorer, kalian sudah pernah mendaki gunung yang satu ini belum? Dijamin gak akan menyesal deh dengan pemandangan yang disajikan.

Dari namanya, Gunung Kelimutu terdiri dari dua kata, yaitu Keli yang berarti Gunung, dan Mutu yang berarti Mendidih. Gunung ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl, dan lokasi persisnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Bagi masyarakat Flores, danau kawah ini dipercaya sebagai tempat untuk arwah pulang. Hmm, sedikit merinding sih ya kalau di dengar, hehe. Oleh karena itu, masyarakat Flores itu sendiri sangat menghormati Gunung Kelimutu yang memiliki kawah luar biasa ini.

Tentunya akan menjadi latar belakang foto yang sangat bagus ya sahabat explorer, cocok buat kalian yang memang hobi foto di Instagram!

2. Gua Gong

wisata unik di Indonesia - Panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : tobasatu

Wisata unik di Indonesia yang selanjutnya adalah Gua Gong. Gua ini berlokasi di Pacitan, Jawa Timur. Tentunya, Gua ini memiliki pemandangan batu stalaktik dan stalakmit yang sangat luar biasa indah. Selain batuan indah tersebut, ternyata ada batuan juga yang jika kalian pukul, maka batu tersebut akan meng-gaungkan bunyi. Bunyinya tersebut memang menyerupai bunyi Gong, oleh karena itu Gua ini disebut dengan Gua Gong. Karena keunikannya tersebut, maka Gua ini menjadi salah satu destinasi wisata yang unik dan menjadi andalan di Pacitan.

Sahabat explorer sudah ada yang pernah ke sini? Warna Warni lampu yang berada di sekitar dalam Gua tersebut membuat pemandangannya sangat cantik loh. Wajib banget untuk dikunjungi saat kalian sedang berada di daerah Pacitan, Jawa timur. Belum cukup? Tenang aja, masih ada lagi tempat unik yang lainnya!

3. Pemakaman Trunyan

wisata unik di Indonesia - Panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : kintamani.id

Wisata unik di Indonesia yang selanjutnya adalah Pemakaman Trunyan. Kalau di sini, kalian tidak akan melihat pemandangan indah seperti di Karangasem, Seminyak, atau Kuta. Melainkan sebuah pemakaman yang cukup menyeramkan nih sahabat explorer. Rasanya tidak lengkap kalau ke Bali, tapi tidak mengunjungi desa yang satu ini.

Di desa ini, orang yang meninggal dunia tidak dikubur di dalam tanah atau dibakar. Melainkan hanya dibiarkan begitu saja, hanya ditutupi kain putih dan dikelilingi oleh kayu. Mayat tersebut tentunya akan mengurai, namun bau menyengat tidak sedap tersebut tidak tercium sama sekali. Kawasan ini tetap segar karena bau mayat tersebut diserap oleh pepohonan Taru Menyan yang ada di sekeliling tempat ini.

Bagaimana sahabat explorer? Apakah kalian berani untuk mengunjungi tempat yang satu ini? Dijamin bakalan seru banget sih pasti!

4. Kubur Bayi

wisata unik di Indonesia - Panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : tribunnews

Masih berhubungan dengan pemakaman nih sahabat explorer, kalau tadi ada di Bali, sekarang kita loncat ke Tana Toraja. Di sini, ada tempat unik yang bernama Kambira, yang dijadikan tempat untuk kuburan para bayi. Bagi mereka yang meninggal saat masih bayi dan belum tumbuh gigi, maka akan dikubur di dalam Pohon Tarra. Pohon ini dipilih, dikarenakan memiliki kandungan getah yang sangat tinggi.

Masyarakat setempat percaya, bahwa getah yang banyak tersebut adalah pengganti susu dari ibunya. Oleh karena itu, konsep dari pemakaman ini dianggap sebagai sebuah cara yang dipercaya untuk mengembalikan bayi ke rahim ibunya, untuk kelak nantinya akan dilahirkan kembali.

Wah, bagaimana sahabat explorer? Filosofinya sangat luar biasa ya, tentu ini menjadi keunikan dari Indonesia itu sendiri. Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa langsung mengunjungi tempat ini di Tana Toraja. Pasti ini akan bikin bulu kuduk kalian merinding, tapi juga menambah wawasan kalian terhadap adat istiadat dan kepercayaan kalian di Indonesia.

Mari Kunjungi Uniknya Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa wisata unik di Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Masih banyak juga pasti yang belum tau tempat-tempat seperti ini. Oleh karena itu, tidak salah dong jika Indonesia itu sendiri memang dibilang negara yang kaya akan adat istiadat dan budaya. Walaupun ada beberapa yang sedikit seram, tapi bagaimanapun juga itu merupakan sebuah kultur turun temurun. Bagi kalian yang sudah pernah ke tempat-tempat yang disebutkan tadi, boleh ya sharing cerita dan pengalaman kalian di kolom komentar kami. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar