Bali Seni dan Budaya

Belajar Kesenian di Bali Yuk!

YOEXPLORE.co.id - belajar kesenian di bali
image source : youtube.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, kesenian di Indonesia memang sangat banyak dan unik-unik. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki adat-istiadat, budaya, dan keseniannya masing-masing. Yang paling umum di Indonesia itu sendiri adalah kesenian Batik. Setiap kota-kota di Indonesia biasanya memiliki batik khasnya masing-masing. Selain batik, ada juga kuliner, tarian, wayang, dan masih banyak lagi ragam budaya dan kesenian yang lainnya. Kali ini, kita akan membahas mengenai belajar kesenian di Bali. Sebagai salah satu wilayah yang menjadi destinasi favorit para turis lokal dan mancanegara, tentunya Pulau yang satu ini juga dipenuhi dengan ragam budaya dan kesenian. Bagi sahabat explorer yang ingin belajar kesenian di Bali, sangat cocok nih untuk mengunjungi beberapa tempat ini.

Belajar Kesenian di Bali Yang Sangat Menyenangkan!

Kali ini, kalian akan mengunjungi salah satu Desa Kesenian di Bali yang bernama Desa Batuan. Banyak penari, musisi, dan pelukis hebat lahir dari desa ini. Batuan memiliki banyak aktivitas seni yang bisa kalian kunjungi. Salah satu tempat terbaik untuk belajar kesenian Bali itu sendiri adalah di Yayasan Seni Tri Pusaka Sakti. Yayasan ini diketuai dan didirikan oleh guru Tari Bali I Made Djimat. Mereka menawarkan beberapa pilihan kelas yang bisa kalian ikuti, seperti kelas tari, gamelan, ukiran kulit, ukiran kayu, kelas membatik dan kelas melukis. Pokoknya banyak pilihan kelas yang tentunya akan bikin kalian sendiri kebingungan mau milih yang mana!

Hari pertama saat kalian memulai aktivitas belajar kesenian di Bali, kalian akan singgah di Umah Kodok. Disana, kalian akan diceritakan mengenai perkembangan dan sejarah mengenai kesenian di Bali. Kalian dapat melihat beberapa jenis kostum tari, topeng, dan hiasan kepala mereka yang lainnya. Selama berkeliling sambil mengobrol, kalian tentu dapat dengan bebas menanyakan segala hal yang berhubungan dengan kesenian Bali tersebut.

Lalu, tepat pukul 15.00 WITA, Guru kalian akan mengajarkan dasar-dasar dari kesenian Bali yang kalian pilih. Selama dua jam pelajaran, kalian akan mendapatkan dasar-dasar untuk ke level yang berikutnya dalam pelajaran tersebut. Kalian pasti akan menemukan beberapa teknik yang menarik, dan selama kelas sedang dimulai, kalian bisa bertanya kepada guru tersebut sepuasnya. Guru-guru di sana akan sangat dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian. Dijamin kalian tidak akan kebingungan deh sahabat explorer! Setelah pelajaran, kalian dapat beristirahat dan kemudian makan malam dengan tuan rumah kalian. kalian juga bisa merasakan suasana keluarga Bali saat makan malam pertama kalian disana.

Baca Juga : 5 Kisah Legenda Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Belajar Sambil Melihat Pemandangan

Sahabat explorer, pada hari kedua, kalian harus segera bangun pagi dan menikmati sarapan. Pelajaran kedua kalian dimulai pada sekitar jam 7.30 atau 8.00 pagi. Rasakan cuaca yang tenang dan asri di desa, dan kalian dapat mendengar suara burung berceloteh seiring menyambut datangnya pagi yang indah. kalian dapat merasakan sensasi belajar seni saat kalian sangat dekat dengan alam. Tentunya, ini akan membuat kalian bisa lebih fokus ya sahabat explorer. Cuaca dan suasananya sangat mendukung!

Setelah pelajaran selesai, kalian akan pergi ke pura tua yang ada di Batuan yang dikenal dengan nama Pura Desa Batuan. Pura Desa Batuan ini memiliki bangunan prasejarah di kompleks dan kalian dapat melihat semua warisan budaya kuno. Jangan lupa membawa kamera kalian dan ambil foto sebanyak-banyaknya ya sahabat explorer, karena ini merupakan kesempatan yang tidak bisa datang setiap hari. Disini, kalian akan menemukan karya arsitektur dan patung Bali.

Pura ini berada tidak jauh dari Umah Kodok dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jangan lupa membawa topi kalian dan minuman. Maklum, karena pasti matahari sudah mulai lari ke arah tengah nih sahabat explorer, jadi akan sedikit terik. Tapi ga masalah, semua hal tersebut akan terbayar dengan pemandangannya yang luar biasa!

Mengunjungi Pura Tirta Empul

Seperti hari sebelumnya, kalian akan memulai pelajaran kalian di pagi hari. Kalian akan melanjutkan apa yang kalian dapatkan dari hari sebelumnya, yang terpenting kalian jangan sampai lupa pelajaran-pelajaran yang telah diberikan kemarin ya sahabat explorer. Kalian mungkin memiliki pertanyaan tentang teknik atau pertanyaan terkait lainnya. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan guru yang ada di sana.

Setelah pelajaran, kalian akan pergi ke Pura Tirta Empul. Pura kuno ini terkenal dengan mata air suci, sehingga banyak orang dari seluruh Bali datang ke kuil ini untuk mandi suci di kuil ini. Ada dua kolam dengan 30 pancuran di halaman tengah kuil. Setiap pancuran memiliki fungsi yang berbeda, jadi namanya juga berbeda. Nikmati pengalaman membersihkan diri kalian di kuil berusia seribu tahun ini. Wuih, kayanya dibayanginnya aja udah seru ya sahabat explorer, dijamin gak akan menyesal deh kalian!

Kembali Ke Umah Kodok

Kembali ke Umah Kodok, kalian dapat beristirahat sebelum pelajaran sore dimulai. Sekitar jam 3 sore, kalian akan memulai pelajaran kalian. Setelah pelajaran, silahkan berjalan-jalan di desa dan berbincang dengan penduduk setempat.

Sahabat explorer, seperti itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di Desa Batuan ini. Belajar kesenian di Bali yang satu ini, tentu akan memberikan kalian pengalaman unik tersendiri. Jika kalian tertarik untuk mengikuti kelas-kelas ini, kalian bisa langsung mengunjungi Yayasan Seni Tri Pusaka Sakti. Langsung di booked ya sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar