Kalimantan Seni dan Budaya

Menikmati Festival Cap Go Meh 2019 di Singkawang

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang memiliki beragam kebudayaan, suku, dan juga agama. Banyak sekali perayaan-perayaan yang dibentuk dalam sebuah festival dari setiap keragaman tersebut. Seperti di Bali yang terkenal dengan festival atau Upacara Melasti, lalu di Jogja dengan Grebeg Besar dan Grebeg Sekaten, dan masih banyak lagi festival budaya lainnya di tiap-tiap daerah. Kekayaan itulah yang membuat Indonesia itu banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan asing. Salah satu festival yang akan hadir dalam waktu dekat ini adalah Festival Cap Go Meh. Sebuah perayaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Tiongkok nih sahabat explorer. Pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama festival yang satu ini. Biasanya, paling ramai itu ada di Singkawang, Kalimantan loh sahabat explorer. Festival Cap Go Meh Singkawang 2019 ini juga bakalan seru banget pastinya. Apakah kalian berencana untuk berkunjung ke sana?

Cap Go Meh Singkawang 2019

Sekedar informasi aja nih sahabat explorer, apa sih Cap Go Meh itu? Cap Go Meh adalah sebuah lafal dialek Tio Ciu dan Hokkian, yang artinya adalah malam 15. Sedangkan dalam lafal dialek Hakka adalah Cang Nijat Pan, yang artinya adalah pertengahan bulan satu. Secara singkat, gabungan arti tersebut adalah festival tanggal 15 bulan satu kalender Tionghoa. Sejarah Cap Go Meh dimulai pada saat masa Dinasti Zhou (770 – 256 SM). Biasanya dilakukan pada tanggal 15 malam bulan 1 Imlek. Para petani memasang lampion-lampion yang dinamakan dengan Chau Tian Can di sekeliling ladang mereka. Tujuannya adalah untuk mengusir hama dan menakut-nakuti binatang perusak tanaman. Tujuan lainnya ialah untuk menciptakan pemandangan yang indah di malam 15 bulan satu tersebut.

Dan untuk mengusir atau menakut-nakuti binatang tersebut, mereka menambahkan segala macam bunyi-bunyian serta bermain barongsai, agar lebih ramai dan menghibur para penduduk. Kepercayaan dan tradisi budaya ini akhirnya berlanjut secara turun temurun, baik di daratan Tiongkok maupun ke seluruh dunia. Salah satunya adalah di Singkawang nih sahabat explorer, di sana juga mayoritas yang tinggal adalah masyarakat keturunan Tiongkok. Cap Go Meh Singkawang 2019 dijamin bakalan seru banget deh. YoExplore, memiliki paket tour untuk kalian yang ingin menikmati festival setahun sekali ini di Singkawang langsung. Kira-kira ada apa saja ya? Langsung kita simak ulasannya yuk!

Baca Juga : Sudah Tahu 5 Gunung Tertinggi di Indonesia?

Setibanya kalian di bandara Internasional Supadio, Pontianak, para pemandu lokal kami sudah siap menerima dan menyapa kalian sekeluarga. Setelahnya, kalian langsung kami ajak untuk berkeliling kota Pontianak (City Tour).

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kumparan

Pertama-tama, kami akan mengajak kalian semua untuk mengunjungi yang namanya Tugu Khatulistiwa. Tugu ini merupakan simbol dari kota Pontianak, dan memang wilayah yang dilalui oleh garis khatulistiwa ini. Pada 21 maret 2018 lalu, menjadikan sebuah hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Pontianak, karena pada hari itu merupakan hari tanpa bayangan. Pada saat pukul 12 siang, matahari tepat berada di garis ekuator atau khatulistiwa, dan Pontianak menjadi ‘Tuan Rumah’ untuk fenomena tersebut. Alhasil, tidak akan ada yang namanya bayangan beberapa waktu pada saat matahari tersebut sudah menyentuh garis khatulistiwa. Oleh karena itu, pemandangan yang unik bisa kalian dapatkan apabila sedang beruntung saat berkunjung ke tempat ini, sahabat explorer.

Wisata Agro Lidah Buaya

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travsharing

Selanjutnya, kami akan mengajak kalian ke tempat wisata agro Lidah Buaya yang terkenal di Pontianak. Dan juga kami akan mengajak kalian untuk mengunjungi Rumah Radakng yang merupakan rumah khas Suku Dayak. Intinya, kami akan mengajak kalian sebelum melihat Festival Cap Go Meh Singkawang 2019.

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : homestaypontianak

Selain itu, kami akan mengajak kalian ke Rumah Tradisional Melayu, dan juga menghabiskan waktu di Taman Kapuas. Lalu, kalian sekeluarga juga bisa menikmati pemandangan sore dan malam hari sambil menaiki kapal tradisional yang ada di Taman Kapuas sambil berkeliling.

Hari Kedua di Pontianak

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore.co.id

Setelah seharian puas berkeliling di Kota Pontianak, kalian akan kami antar ke hotel untuk check-in. Berisitirahatlah sejenak, sebelum kami pergi lagi mengantar kalian untuk menikmati makan malam di restoran lokal yang khas dengan masakan Pontianak. Dijamin bakalan seru banget deh hari pertama kalian mengunjungi Pontianak.

Pada hari kedua, tibalah sebuah hari yang paling dinanti, yaitu hari Festival Cap Go Meh Singkawang 2019. Kalian akan kami jemput pagi-pagi dan langsung berangkat ke Singkawang nih sahabat explorer. Kalian bisa menikmati beragam parade, festival, kuliner, dan atraksi-atraksi menarik lainnya yang ditampilkan. Dari pagi sampai sore pastinya kalian akan puas banget nih sahabat explorer. Setelah selesai festivalnya, kami akan mengantar kalian kembali ke Pontianak. Namun, kami tidak mengantar kalian balik ke hotel loh, kami akan mengantar kalian ke pusat perbelanjaan di Pontianak, yaitu Bang Yus dan Seng Tie.

Terakhir, kami akan mengantar kalian ke Gereja Katedral, untuk melihat gereja terbesar di Asia Tenggara yang memiliki arsitektur yang sangat menawan. Setelah itu, kami akan antar kalian kembali ke hotel.

Hari Terakhir di Pontianak

cap go meh singkawang 2019 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore.co.id

Hari ketiga atau hari terakhir dari rangkaian paket tour Cap Go Meh Singkawang 2019 ini, merupakan acara bebas hingga menjelang waktu keberangkatan. Setelah itu, kami akan mengantar kalian lagi ke bandara untuk pulang ke kota asal.

Sekian rangkaian paket tour Cap Go Meh Singkawang 2019 ini, bagi kalian yang tertarik, kalian bisa langsung klik TAUTAN INI.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa berbagi pengalaman dan cerita kalian saat mengunjungi festival ini di kolom komentar kami atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar