Seni dan Budaya

5 Kisah Legenda Terbaik Yang Ada Di Indonesia

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id
image source : infoana

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, cerita legenda khas Indonesia itu memang sangat banyak dan menarik untuk disimak. Banyak anggapan dari beberapa masyarakat yang menganggap bahwa cerita tersebut merupakan sebuah fakta. Ada juga yang menganggap itu hanyalah mitos atau cerita buatan belaka. Terlepas dari kedua hal tersebut, cerita rakyat itu memiliki nilai budaya dan moral yang tinggi. Beberapa cerita legenda tersebut sangat baik untuk diceritakan kepada anak-anak. Walaupun kenyataan sekarang sangat ironis, karena anak-anak zaman sekarang lebih menyukai menonton Youtube dari pada mendengarkan cerita rakyat. Padahal, cerita rakyat Indonesia itu sendiri juga tidak kalah seru dengan cerita super hero luar negeri loh. Buat kalian anak Millenials, kalian pasti sangat rindu nih untuk mendengarkan kembali cerita-cerita legenda khas  Indonesia.

Cerita Legenda Yang Sangat Banyak Dan Unik Di Indonesia

Menurut sejarahnya, cerita legenda khas Indonesia ini terjadi sudah sekian ratus atau ribuan tahun yang lalu. Masyarakat Indonesia yang masih mempercayai mitos dan mistis, masih mempercayai bahwa cerita tersebut sebagai sebuah kenyataan dan sakral. Tidak ada salahnya juga, oleh karena itu cerita rakyat di Indonesia tersebut sangat terjaga sampai sekarang. Bahkan, tidak sedikit juga cerita rakyat tersebut yang dijadikan film. Baiklah sahabat explorer, langsung aja yuk kita simak beberapa cerita legenda khas Indonesia!

1. Bawang Merah Dan Bawang Putih

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id

image source : dongengterbaru.blogspot

Buat kalian para Millenials, pasti tau banget nih mengenai cerita legenda yang satu ini. Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih ini bahkan sempat dijadikan sebuah film sinetron oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. Ceritanya sangat menarik, sedih, dan bikin kita kesal sendiri dengan karakter Bawang Merah yang sangat kejam dan licik.

Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih ini berasal dari cerita rakyat Melayu, khususnya untuk masyarakat Riau. Ceritanya adalah tentang bagaimana si Bawang Putih sebagai anak tiri yang selalu mendapatkan perlakuan tidak adil oleh keluarga barunya. Pada akhirnya, Bawang Merah dan keluarganya mendapatkan ganjaran yang setimpal atas keserakahan dan perlakuannya terhadap Bawang Putih. Dongeng ini, mengajarkan kita tentang kesabaran yang akan berbuah manis, dan juga menghindari perilaku sewenang-wenang. Semoga karakter seperti Bawang Merah itu tidak ada di zaman sekarang ya sahabat explorer :D.

2. Lutung Kasarung

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id

image source : ceritadongeng-ku.net

Cerita legenda khas Indonesia selanjutnya adalah Lutung Kasarung. Lutung, adalah nama lain untuk seekor kera. Pada suatu hari, seorang putri bernama Putri Purbasari diasingkan oleh kerajaan di hutan. Lutung Kasarung, selalu berusaha untuk menghibur Putri Purbasari. Lalu, pada suatu hari, kakak dari Putri Purbasari datang untuk mengunjungi Putri Purbasari di hutan. Kakak Purbasari menantang untuk membandingkan tunangan mereka. Seketika, Putri Purbasari menunjuk Lutung Kasarung sebagai calon tunangannya. Singkat cerita, karena sering diejek oleh Kakak Purbasari dan yang lainnya, tiba-tiba Lutung Kasarung berubah menjadi sosok pemuda yang sangat tampan. Pada akhirnya, Lutung Kasarung memperistrikan Putri Purbasari.

Cerita legenda ini mengajarkan kepada anak-anak dan kita tentunya untuk tetap menghargai orang lain. Kekurangan fisik bukanlah suatu hal yang harus diejek dan dimaki. Setiap orang memiliki karakter fisik yang berbeda, dan selera yang berbeda pula. Kalau tau-tau ganteng kaya si Lutung Kasarung kan nanti kalian jadi malu sendiri sahabat explorer. 😀

3. Roro Jonggrang

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id

image source : rumahulin

Tentunya, cerita ini sudah tidak asing lagi di kuping sahabat explorer. Roro Jonggrang, merupakan sebuah cerita yang sangat tidak asing lagi oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa. Singkat cerita, Roro Jonggrang memberikan sebuah syarat kepada seorang lelaki yang melamarnya, namun ia tidak menghendaki hal tersebut. Oleh karena itu, Roro Jonggrang memberikan sebuah syarat yang sangat tidak mungkin untuk dilakukan oleh lelaki tersebut. Syaratnya adalah membuat 1000 candi dalam satu malam. Siapa sangka, pemuda tersebut akhirnya berhasil membuat candi tersebut dalam satu malam!

Masyarakat Jawa mempercayai, bahwa candi yang dibangun pemuda tersebut adalah Candi Prambanan. Percaya ga percaya nih sahabat explorer, namun cerita ini sangat seru dan melegenda hampir ke seluruh Indonesia! Kalau kalian kira-kira percaya gak dengan cerita legenda yang satu ini?

4. Malin Kundang

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id

image source : histori.id

Cerita legenda berikutnya datang dari Sumatera Barat, tepatnya di kota Padang. Cerita seorang pemuda yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya ini, sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, di salah satu wilayah di Sumatera Barat, ada sebuah batu yang bentuknya mirip seperti posisi orang yang sedang sujud. Batu tersebut dipercayai sebagai Malin Kundang. Ceritanya, Malin Kundang ini tidak mengakui keberadaan ibunya, sehingga ibunya marah dan langsung mengutuk dia menjadi batu.

Cerita legenda ini mengajarkan kepada anak-anak kita, bahwa dalam keadaan apapun dan di manapun, kita harus menghormati kedua orang tua. Jangan sampai kita membuatnya sakit hati, apa lagi sampai tidak mengakuinya. Wah, bisa-bisa kisah Malin Kundang itu akan terjadi lagi loh sahabat explorer :D.

5. Timun Mas

cerita legenda - YOEXPLORE.co.id

image source : bandung.merdeka

Cerita legenda berikutnya adalah Timun Mas. Cerita yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia ini, berceritakan tentang sepasang suami istri yang sangat ingin memiliki seorang anak. Pada saat itu, mereka bertemu dengan seorang raksasa yang bisa memberikan mereka seorang anak dari sebuah biji mentimun. Setelah mentimun itu berbuah, ternyata di dalamnya terdapat seorang bayi yang akhirnya mereka angkat menjadi anak. Tetapi, raksasa itu memberikan sebuah kesepakatan yang tidak bisa mereka tolak. Yakni, setelah anak tersebut berumur 17 tahun, maka Timun Mas harus kembali kepada sang raksasa. Berkat doa dari kedua orang tua yang sudah memohon kepada raksasa jahat tersebut, Timun Mas akhirnya berhasil lolos dari kejaran sang Raksasa yang dipanggil “Buto Ijo” tersebut.

Lebih Baik Cerita Rakyat Daripada Main Gadget!

Nah, kira-kira itulah beberapa cerita legenda yang kami rekomendasikan kepada kalian untuk dibaca kembali. Selain mengingat masa kecil, kalian juga bisa menceritakan ke anak, saudara, keponakan, atau bahkan tetangga kalian agar mereka mengetahui kisah yang sangat menarik ini. Dibanding mereka hanya bermain gadget tiap hari, sesekali tidak ada salahnya kan menceritakan cerita legenda ini kepada mereka. Have a good day, explorer!

Baca Juga : Festival Unik Di Bali

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar