Seni dan Budaya

4 Suku di Indonesia Yang Memiliki Cerita Mistik Paling Mengerikan!

cerita mistik di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : republika

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang terdiri dari beragam suku dan kebudayaan. Terlepas dari sektor pariwisata yang luar biasa indah, Indonesia juga sangat kental dengan hal-hal mistik dan gaib yang ada di setiap daerah. Cerita mistik di Indonesia juga banyak banget loh, dari Sabang sampai Merauke, pasti tiap daerah tersebut memiliki cerita atau hal mistik yang dipercaya. Terkadang memang bikin bulu kuduk kita merinding ya sahabat explorer, apalagi jika kita pernah menyaksikannya langsung hal tersebut. Apa ada sahabat explorer yang pernah atau mempercayai hal mistik tersebut? Boleh jawab di kolom komentar ya. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas cerita atau hal mistik di Indonesia yang mengerikan. Mengerikan dalam arti berhubungan dengan yang gaib, atau dengan ilmu hitam yang bisa berpengaruh terhadap orang lain.

Cerita Mistik di Indonesia

Percaya gak percaya ya sahabat explorer, hal ini memang benar nyata dan bisa kalian saksikan sendiri. Kepercayaan masyarakat terhadap hal yang berbau mistis dan gaib itu berkaitan dengan ajaran-ajaran dan kepercayaan nenek moyang. Mau bagaimanapun juga, terlepas dari benar atau tidak dan percaya atau tidaknya kalian, itu semua merupakan bagian dari budaya dan adat istiadat di Indonesia. Terkadang, hal ini juga menarik minat dan rasa penasaran dari para turis asing loh sahabat explorer. Biar gak memakan waktu lama, mari kita langsung simak sja yuk ulasannya, cerita mistik di Indonesia!

Baca Juga : Wisata ke Belitung? Kalian Wajib Mengunjungi Pulau-Pulau Ini!

1. Buluh Perindu

cerita mistik di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : auramistikminyakbuluhperindu

Cerita mistik di Indonesia yang pertama datang dari Suku Dayak di Kalimantan dengan Buluh Perindu-nya. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar nih tentang cerita mistik yang satu ini, Bulu Perindu merupakan sebuah ilmu mistis yang digunakan oleh Suku Dayak di Kalimantan untuk dapat menarik jodoh.

Sahabat explorer mungkin berminat yang masih jomblo? Hehe, tapi ini belum tentu benar kok, jadi silahkan dicari tau lebih lanjut.

Selain itu, Suku Dayak juga terkenal dengan ilmu kebal saat sedang melakukan perang yang besar. Dan juga memiliki sebuah Mandau terbang yang bisa mencari lawannya yang dicari. Suku yang satu ini memang terkenal dengan kekuatan mistik yang berasal dari senjata perang mereka seperti Mandau, Lunju, Sipet dan juga Peyang.

Bagaimana sahabat explorer? Cukup mengerikan bukan? Percaya atau tidak, banyak saksi mata yang mengamini ilmu-ilmu mistik dan bahkan pernah melihatnya secara langsung.

2. Begu Ganjang

cerita mistik di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : boombastis

Cerita mistik di Indonesia yang selanjutnya adalah Hantu Begu Ganjang yang dipercaya berasal dari Suku Batak.

Cerita ini merupakan cerita yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Suku Batak, yaitu Begu Ganjang yang berarti setan yang berukuran sangat panjang atau tinggi. Diilustrasikan seperti pada gambar yang ada di atas. Wah, kalau beneran ada pasti bakalan serem banget ya sahabat explorer, siapapun yang melihatnya pasti bakalan lari ketakutan.

Begu Ganjang ini biasanya dipelihara oleh orang-orang tertentu yang disebut dengan Par Begu Ganjang.

Seorang Par Begu Ganjang ini sangat ditakuti dan dibenci oleh masyarakat karena telah dianggap memelihara setan pencabut nyawa. Kekuatan mistik dari Suku Batak ini bahkan diakui oleh dunia loh sahabat explorer. Bahkan salah satu profesor keturunan Batak yaitu Prof Sorimangaraja Sitanggang dinobatkan sebagai Ketua Paranormal Sedunia di Jerman pada tahun 2006 yang lalu. Waw, luar biasa banget ya sahabat explorer, kalian yang mungkin Suku Batak pasti sudah mendengar tentang kisah ini dong? Pernah mengalami atau melihat langsung? Boleh ceritakan di kolom komentar ya sahabat explorer!

3. Debus

cerita mistik di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : sejarahkebudayaan

Cerita mistik di Indonesia yang selanjutnya adalah Debus yang berasal dari Suku Badui di Banten. Suku ini sering disebut juga dengan Urang Kanekes yakni adat sub etnis Sunda yang masih sangat menjaga kelestarian tradisi dan juga larangan adat.

Suku ini juga terbilang sebagai suku yang terbelakang dan juga masih banyak masyarakat yang buta huruf. Mereka seperti itu dikarenakan mereka tidak menyekolahkan anak mereka dengan pendidikan yang layak. Walaupun memiliki taraf pendidikan yang rendah, Suku Baduy memiliki pengetahuan mistis yang sangat kuat, seperti ilmu Debus, meramal tentang masa depan, ilmu kebal senjata bahkan sampai ke ilmu guna-guna. Wah, serem banget ya sahabat explorer!

Karena memiliki ilmu mistis yang luar biasa tinggi ini, maka banyak orang-orang luar yang berguru ke Suku Baduy ini. Pasti kalian sudah sering dengar kan sahabat explorer? Siapa yang suka menonton atraksi Debus tersebut? Ceritakan di Guest Post YoExplore ya!

4. Ilmu Mistik Suku Asmat

cerita mistik di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Cerita mistik di Indonesia yang selanjutnya berasal dari Suku Asmat di Papua. Suku yang satu ini sangat menghormati hutan rimba dan juga makhluk-makhluk yang mendiaminya. Makhluk yang dimaksud juga tentu makhluk gaib nih sahabat explorer. Dengan demikian, saat mereka ingin menebang pohon sagu, berburu ikan, mereka akan melakukan perhitungan yang matang terlebih dahulu. Jadi, mereka tidak sembarangan menebang atau mencari ikan saja loh sahabat explorer.

Mereka mempercayai makhluk yang berasal dari dunia gaib tersebut terdapat tiga jenis ruh. Yaitu roh yang baik, roh yang jahat serta roh jahat yang bisa mati. Hebatnya, Suku Asmat dapat menerawang barang yang hilang, mendatangkan hujan, angin dan halilintar.

Untuk melindungi keluarga yang masih hidup dari peperangan, bencana, dan juga penyakit, maka suku ini mengadakan pesta. Beragam pesta yang diselenggarakan seperti pesta ulat sagu, pesta topeng, pesta perahu, serta pesta patung bis.

Mistik Indonesia Yang Turun Temurun

Sahabat explorer, itulah beberapa cerita mistik di Indonesia yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang keberagaman di Indonesia. Seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar