Bali Seni dan Budaya

Festival Unik Di Bali

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore
imagesource : blogunik

Bali, Panduan Traveling YoExplore – Sahabat explorer, berhubung dengan nanti akan diadakan PKB atau Pesta Kesenian Bali 2018, maka ga ada salahnya nih kalo kita bahas sedikit mengenai festival di Bali yang tentunya sangat berbeda dari festival-festival lainnya. Karena Indonesia merupakan  negara yang mempunyai tradisi yang unik dan luar biasa kaya, Bali menjadi salah satu wilayah yang memiliki keunikan adat istiadat tersebut. Baik dari segi seni, geografis, maupun masyarakat nya.

Festival Di Bali Yang Menarik Perhatian Dunia

Bali menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan oleh orang Indonesia itu sendiri dan bahkan masyarakat di dunia loh! Memang ada apa aja sih yang unik-unik di Bali itu, yang sampai turis mancanegara aja bela-belain mau nonton? Selain keindahan pantai dan candi-candi yang melegenda, Bali juga memiliki festival adat yang sangat unik nih sahabat explorer. Kepo ga? Semoga kepo ya, hehe..yuk mari kita simak ada apa aja sih Festival di Bali!

1. Festival Pagerwesi

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore

image source : baligolive

Ini dia sahabat explorer, festival unik di Bali pertama yang kita bahas, yaitu festival Pagerwesi. Festival ini diadakan tahunan di Pulau Bali; dan biasanya dilakukan di bulan November nih sahabat explorer. Tujuan dari festival ini  sebagai pengingat terhadap Sang Pencipta. Masyarakat Bali berbondong-bondong memberikan persembahan ke Dewa dengan maksud agar jiwa mereka terlindungi dari pengaruh-pengaruh buruk. Dalam upacara ini, warga Bali akan melakukan Tapa Bratha atau Semedi agar pikiran bisa menjadi lebih tenang dan rileks. Setelah itu akan diikuti dengan kegiatan berdoa di Pura terdekat dan sebagai pertanda untuk mengakhiri upacara keagamaan tersebut. Pasti menarik banget untuk dilihat festival di Bali yang satu ini nih, sahabat explorer. Selain itu, dengan ikut menyaksikan festival ini, kita dapat memperkaya wawasan kita akan beragam adat keagamaan yang ada di Indonesia ini. 😀

2. Upacara Melasti

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore

image source : dominikphotography

Festival berikutnya di Bali adalah Upacara Melasti. Sebetulnya ini tidak bisa disebut sebagai festival, melainkan upacara keagamaan. Namun, banyak turis dari mancanegara menyebutnya dengan istilah Religious Festival, akhirnya banyak orang tahunya ini adalah festival Melasti bukan upacara keagamaan Melasti.

Upacara Melasti adalah upacara untuk pembersihan dunia dan diri seseorang, serta mengambil air suci (lambang kehidupan di sumber air atau pantai). Pada hari yang ditentukan, semua lambang-lambang suci, baik itu arca (lambang para dewa) maupun perlengkapan upacara lainnya diarak ke laut atau sumber air. Sesampainya di sana, dilakukan persembahyangan bersama kepada Tuhan sebagai penguasa lautan untuk berkenan membersihkan alam semesta dan memberikan air kehidupan pada umatnya. Setelah upacara simbolis itu selesai, maka iring-iringan kembali ke desa dengan membawa air suci. Sesampainya di desa, maka semua arca para dewa tersebut akan disemayamkan di Pura Bale Agung selama 2-3 hari. Selama itu orang desa akan membawa persembahan yang disebut “Prani” untuk dihaturkan di pura Bale Agung tersebut. Gimana sahabat explorer? Mungkin buat kalian ada yang baru denger nih apa itu upacara Melasti. Semoga menambah wawasan kalian ya :D.

3. Festival Omed-Omedan

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore

image source : inputbali

Nah ini, buat para jomblowan dan jomblowati, mungkin festival di Bali ini cocok banget buat kalian. Ini bisa dibilang adalah festival yang paling unik di Bali. Ribuan pemuda dan pemudi yang jomblo ini berkumpul untuk melakukan ciuman massal! Kurang lebih sekitar 100 tahun sudah festival ini dijalankan. Rata-rata umur pesertanya adalah 17th-30th dan pastinya harus berstatus lajang atau jomblo nih sahabat explorer. Biasanya, festival ini diadakan sehari setelah Nyepi. Selain ciuman massal itu, kegiatan ini juga diwarnai dengan memercikkan air sebagai tanda pemberkatan. Omed-omedan dimulai dengan memisahkan dua kelompok antara laki-laki dan perempuan untuk diposisikan saling berhadapan. Setelah mendapat aba-aba dari para sesepuh desa, barulah mereka langsung lari dan menghampiri lawan jenisnya dan melakukan ciuman tersebut. Gimana sahabat explorer? Tertarik ga? :D.

4. Festival Perang Api

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore

image source : beritabali

Festival di Bali ini dari namanya aja udah serem ya sahabat explorer. Namun, judul dan apa yang dilakukan emang benar-benar sesuai loh. Perang Api ini biasanya dilakukan oleh pemuda-pemuda Bali sehari menjelang hari raya Nyepi. Mereka membuat bola api yang terbuat dari tempurung kelapa yang sudah dikeringkan sebelumnya. Para pemuda tersebut akan saling melempar bola api sebagai simbol akan keberanian mereka mengusir roh-roh jahat. Percikan api yang muncul saat perang api konon diibaratkan bahwa musuh terbesar pemuda tersebut dalam hidupnya adalah dirinya sendiri. Apabila mereka berhasil mengalahkannya, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang abadi dan sejati. Seru banget nih kayanya sahabat explorer. So, wajib banget untuk dilihat buat kalian yang sedang ke Bali saat menjelang hari raya Nyepi!

5. Kesurupan Massal Pangerebongan

Festival di Bali - Panduan Traveling YoExplore

image source : medcom.id

Save The Best For The Last! Nah, yang terakhir ini nih sahabat explorer, kita uda siapain yang paling mengerikan tapi sangat unik juga, yaitu Kesurupan Massal Pangerebongan. Sesuai namanya, lokasinya ini ada di Pura Pangerobongan. Dalam upacara ini, mereka yang kesurupan sering menusukkan keris atau pisau ke dadanya tanpa terluka! Wowwww, amazinnngggg. Sementara itu, yang perempuan biasanya berteriak histeris dan bahkan ada beberapa dari mereka yang sampai pingsan. Bahkan, kadang kesurupan ini menyebar sampai ke penonton loh sahabat explorer. Kira-kira kalian tertarik ga nih? He he. Tapi jangan takut, karena ditengah-tengah kerusuhan tersebut ada pendeta yang dengan tenang memercikkan air suci untuk menyadarkan mereka yang kesurupan. Luar biasa ya sahabat explorer :D.

So, itulah beberapa macam festival unik dan upacara keagamaan di Bali. Hal tersebut tentunya akan membuat sahabat explorer semakin penasaran dengan adat-istiadat dan tradisi di Indonesia yang kaya raya terutama Bali. Walaupun memang ada beberapa diantaranya yang cukup menegangkan, tapi itu semua memang sudah menjadi tradisi khas dari masyarakat setempat. Semoga pembahasan festival di Bali ini jadi semakin membuat kita cinta Indonesia ya sahabat explorer! :D.

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar