Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Seni dan Budaya

Misteri di Pulau Jawa Yang Belum Terpecahkan!

misteri pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : nasionalisme

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang penuh akan misteri. Tidak hanya gunung dan lautnya saja, pulaunya, kepercayaannya, dan bahkan manusia-manusianya itu sendiri juga penuh akan misteri. Dari beberapa misteri tersebut, masih banyak yang belum bisa terpecahkan hingga sekarang. Percaya atau tidak, misteri itu juga termasuk salah satu hal yang berpengaruh terhadap perkembangan zaman khususnya perkembangan masyarakat di Pulau Jawa. Sebagai pulau yang paling banyak penghuninya, maka tidak heran jika banyak sekali cerita-cerita yang mungkin aneh kita dengar. Baik dari segi kepercayaan, atau dari segi sejarah. Tentunya, pembahasan kali ini memang menarik nih sahabat explorer, dan bisa menjadi bahan diskusi apabila sedang kumpul bersama teman-teman atau anggota keluarga lainnya, yaitu Misteri Pulau Jawa.

Misteri Pulau Jawa

Namanya juga misteri, sudah pasti memang belum terpecahkan. Pada akhirnya misteri tersebut hidup dalam keseharian masyarakat. Khususnya masyarakat Jawa, beberapa misteri yang tidak bisa terpecahkan ini cukup menarik untuk dibahas. Apalagi juga asal usul dari masyarakat Jawa itu sendiri masih belum jelas dari mana. Apakah memang asli pribumi dari tanah Jawa atau memang adanya pelancong dari negeri antah berantah menemukan pulau ini, lalu ia menetap? Semuanya tentu masih menjadi misteri hingga saat ini.

Berbagai macam perspektif berusaha untuk menyimpulkan misteri ini. Ahli sejarah berkata bahwa masyarakat Jawa asli itu tidak ada, melainkan ada pelancong dari Turki yang datang dan pada akhirnya beranak pinak di Jawa. Sedangkan Arkeolog berpendapat beda lagi, mereka berpendapat bahwa ditemukannya fosil manusia purba di Tanah Jawa yang memang merupakan penduduk asli dari tanah Jawa ini. DNA yang didapat dari fosil tersebut juga tidak beda jauh dengan DNA masyarakat Jawa pada zaman setelahnya. Kira-kira mana yang benar? Wah, semuanya memiliki pendapat yang sangat kuat sahabat explorer. Sekarang, mari kita bahas misteri Pulau Jawa yang lainnya yang masih belum terpecahkan hingga sekarang. Langsung simak ulasannya yuk!

Baca Juga : Berani Mengunjungi 4 Wisata Angker di Indonesia Ini?

1. Misteri Semar Sebagai Demit Paling Tua di Tanah Jawa

Misteri Pulau Jawa yang belum terpecahkan pertama adalah misteri Semar sebagai Demit yang paling tua di Tanah Jawa. Semar merupakan tokoh perwayangan yang dikenal sangat sakti. Semar juga merupakan Eyang Sepuh dari Pandawa Lima yang sangat populer dan kedudukannya pertokohan itu dia adalah ayah dari Petruk, Gareng dan Juga Bagong. Wah namanya familiar ya, pasti kalian yang pernah ke Yogyakarta sudah pernah mendengar warung angkringan yang sangat terkenal yaitu Gareng Petruk, yang diambil dari nama tokoh perwayangan itu sendiri.

Konon, Semar merupakan sosok Demit atau makhluk halus yang usianya paling tua di tanah Jawa itu sendiri. Namun, misteri ini masih belum bisa dipecahkan, karena ini berhubungan dengan dunia gaib sahabat explorer. Namun, masyarakat Jawa mempercayai hal ini hingga sekarang, dan membiarkan teka teki ini hidup bersama mereka.

2. Misteri Masuknya Agama Islam

Misteri Pulau Jawa yang selanjutnya adalah masuknya Agama Islam di Pulau Jawa. Sebagaimana yang umumnya orang ketahui, Islam di Pulau Jawa dibawa oleh para Wali yang memang merantau ke Timur Tengah dan kembali ke Indonesia. Mereka disebut dengan Wali Songo atau Sembilan Wali yang membawa dan memasukkan Islam ke Pulau Jawa dan juga Nusantara.

Ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa masuknya Islam di Jawa itu pada abad ke 13. Dan ada juga yang bilang bahwa Islam masuk ke Tanah Jawa sebagaimana masuknya juga ke Nusantara saat Nabi Muhammad SAW masih hidup.

Konon, Syeikh Subakir sebagai utusan ulama dari kekaisaran Ottoman yang datang sambil menenteng batu hitam yang telah dirajah dari kawasan Jazirah Arab.

Sampai saat ini, masih belum terpecahkan juga misterinya. Uniknya, sekarang agama Islam menjadi agama mayoritas di Nusantara, namun masuknya agama tersebut masih belum bisa dipastikan kapan.

3. Misteri Aji Saka

Misteri Pulau Jawa yang selanjutnya adalah tokoh atau legenda Jawa yang sangat populer yaitu Aji Saka. Di dalamnya, banyak menceritakan mengenai asal muasal aksara Jawa. Banyak yang bilang bahwa Aji Saka merupakan orang yang paling sakti di India yang mendirikan kerajaan pertama di Tanah Jawa.

Selain itu misteri ini juga mengungkapkan kedatangan peradaban di Tanah Jawa yang mulai dirintis juga oleh Aji Saka itu. Namun, ada juga yang bilang bahwa kerajaan yang dibangun oleh Aji Saka itu masih sangat mistis.

Misteri ini semakin menjadi-jadi saja kepastiannya, dikarenakan ada perbedaan pendapat yang lainnya. Banyak yang bilang bahwa cerita ini berasal dari Jawa Tengah, ada juga yang bilang berasal dari Pulau Bawean, dan masih banyak lagi tanggapan yang lainnya. Oleh karena hal tersebut, maka Misteri Aji Saka ini adalah salah satu misteri yang masih belum bisa dipecahkan hingga saat ini. Kalau sahabat explorer sendiri percayanya bagaimana? Silahkan jawab di kolom komentar ya!

4. Misteri Dewa-Dewi Sebelum Manusia Sakti

Misteri Pulau Jawa yang selanjutnya adalah misteri Dewa-Dewi sebelum Manusia Sakti. Konon, pada waktu ratusan ribu atau mungkin jutaan tahun yang lalu, Tanah Jawa ini dihuni oleh para Dewa dan Dewi. Mereka menguasai lautan dan daratan di Jawa.

Mereka pada akhirnya kembali lagi ke Nirwana dikarenakan manusia-manusia sakti mulai datang dan menguasai Tanah Jawa.

Mungkin kalau misteri yang satu ini sedikit susah untuk dibayangkan ya sahabat explorer, namun masyarakat Jawa mempercayai misteri yang satu ini. Karena mungkin susah untuk mencari bukti dari misteri ini, maka sampai sekarang misterinya juga belum terpecahkan.

Asal Usul Orang Jawa Yang Juga Masih Menjadi Misteri

Sahabat explorer, itulah beberapa misteri Pulau Jawa yang dapat kami informasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk share cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur da have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar