Seni dan Budaya

Sudah Pernah Mengunjungi Museum Unik Ini? Bikin Geleng-Geleng!

museum unik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : webtvasia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi museum memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terutama bagi anak-anak kecil yang memang penasaran dengan segala sesuatunya. Bagi kalian yang memang memiliki anak kecil, sudah sepantasnya mengajak mereka berjalan-jalan ke museum. Di Indonesia, hampir di setiap kotanya memiliki yang namanya museum, sehingga kalian bisa mengajak anak-anak jalan-jalan sambil belajar. Indonesia memang memiliki sejarah yang luar biasa, mulai dari penjajahan Belanda, Jepang, hingga meraih kemerdekaan dari tangan kedua negara tersebut. Di luar negeri sana, ada juga banyak museum yang tidak kalah menarik dan bersejarah. Namun, ada beberapa museum unik di dunia tersebut yang harus kalian kunjungi nih, bukan karena sejarah atau nilai budayanya, melainkan karena keunikannya.

Museum Unik di Dunia

Berbagai macam museum unik di dunia tersebut membuat para pengunjungnya tercengang dan geleng-geleng. Konsep yang dibentuk oleh para pembuatnya ini memang anti mainstream banget deh sahabat explorer, bahkan bisa jadi tidak pernah terpikirkan oleh kalian. Museum ini memiliki keunikan yang bahkan bikin orang berdecak ngeri! Berbeda dengan keunikan Museum 3D atau De Mata yang ada di Jogja. Mereka menawarkan konsep museum untuk fotografi dan bisa menghasilkan foto yang terlihat 3 dimensi. Kalau konsep seperti museum tersebut sih memang unik tapi seru untuk dikunjungi, namun lain halnya dengan museum yang akan kita bahas ini. Penasaran ada apa saja? Yaudah yuk langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Tempat Ini Wajib Kalian Kunjungi di 2019

1. Museum Kematian

museum unik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : frameatrip

Museum unik di dunia yang pertama adalah Museum Kematian. Dari namanya saja sudah bikin merinding ya sahabat explorer! Sudah pasti isinya bakal bikin bulu kuduk naik semua deh!

Museum ini, bernama Siriraj Medical Museum. Museum ini menyimpan berbagai macam organ tubuh, kerangka, atau janin yang meninggal dengan berbagai macam sebab. Di dalam museum ini, kalian dapat melihat sebuah paru-paru manusia yang meninggal karena pernah ditusuk oleh psikopat. Lalu ada otak yang mengalami pendarahan dan yang lain-lain yang bikin kita kehilangan nafsu makan.

Walaupun isinya sangat mengerikan, namun museum ini didirikan untuk keperluan medis loh sahabat explorer. Bagi kalian yang bercita-cita ingin menjadi dokter, maka wajib banget nih mengunjungi museum ini saat kalian sedang jalan-jalan di Bangkok, Thailand.

Museum yang terletak di rumah sakit Sirijaj ini, memiliki beberapa macam museum medis, yaitu Patologi, Anatomi, Toksikologi dan juga pengobatan tradisional Thailand.

So, bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mengunjungi museum yang satu ini? Setelah itu jangan lupa kulineran di Pasar Chatuchak ya!

2. Museum Rambut

museum unik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : merdeka

Museum unik di dunia yang selanjutnya adalah Museum Hair Avanos yang berada di negara Turki. Bagaimana tidak aneh, museum ini menyimpan ribuan atau bahkan jutaan helai rambut loh sahabat explorer. Pasti kalian akan geleng-geleng namun takjub saat mengunjungi museum yang satu ini.

Museum ini menyimpan setidaknya 16 ribu jenis rambut dari 16 ribu wanita di seluruh dunia! Luar biasa banget kan ya! Niat banget loh sampe dihitung jumlahnya!
Museum ini tercipta karena ada sebuah cerita yang mendasarinya. Pada saat 30 tahun yang lalu, di kawasan Avanos mempunyai seorang pembuat tembikar yang bernama Chez Galip. Pada waktu itu, salah satu sahabat perempuan Chez Galip berencana untuk meninggalkan kota Avanos. Untuk mengurangi rasa sedih dari Chez Galip, sahabatnya tersebut memotong beberapa helai rambutnya dan meletakkannya di dalam kendi tembikar buatan Galip. Singkat cerita, sejak saat itu, para wanita yang datang berkunjung juga ikut memotong rambutnya dan menempelkannya di dinding.

Akhirnya jadi deh museum rambut ini! Wah, kisahnya bakalan seru nih kalau dibikin film! Setuju gak sahabat explorer?

3. Museum Alat Penyiksaan

museum unik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : liputan6

Museum unik di dunia yang selanjutnya adalah Museum Alat Penyiksaan yang terdapat di Amsterdam, Belanda. Dari namanya saja kita sudah bisa bayangkan nih sahabat explorer, kira-kira alatnya ada apa saja dan bagaimana penyiksaan itu berjalan. Sudah pasti bulu kuduk langsung merinding deh! Dan bayangan bagaimana teriakan orang yang disiksa tersebut juga pasti akan terlintas di benak kalian. Bener gak?

Hampir lebih dari seratus alat ada di museum ini, jadi kalian siap-siap dibikin merinding hanya dengan melihat alat tersebut saja ya sahabat explorer. Oia, by the way nama museum ini adalah Museum Medieval Instrument. Kalau sudah bingung mau ke mana lagi di Belanda, kalian bisa mengunjungi museum ini sebagai alternatif, daripada menghabiskan waktu di penginapan? Rugi dong!

4. Museum Kunstkamera

museum unik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : saintpetersburg.com

Museum unik di dunia yang selanjutnya adalah Museum Kunstkamera yang berada di Rusia. Museum ini bakalan bikin kalian geleng-geleng, karena berbeda dengan museum yang ada pada umumnya. Bahkan, bisa dibilang lebih aneh dari yang tadi tiga di atas!

Jelas saja, museum ini mengoleksi berbagai jenis makhluk hidup yang telah meninggal dari lahir dan diawetkan di dalam toples-toples. Makhluk hidup tersebut tentunya bukan makhluk yang normal loh sahabat explorer, contohnya ada hewan yang lahir berkepala dua, bayi yang lahir dan meninggal dengan kondisi yang tidak sempurna. Ada juga bayi yang lahir dengan struktur tubuh yang tidak lengkap.

Beberapa dari kalian pasti akan sedih juga melihat berbagai macam koleksi yang luar biasa aneh ini, namun tempat ini ramai pengunjung loh. Bagi kalian yang memang berencana untuk mengunjungi Rusia, maka museum yang satu ini sangat wajib untuk dikunjungi nih. Pengalaman unik dan bikin merinding sudah pasti menunggu kalian semua!

Museum Unik Tersebut Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sahabat explorer, itulah beberapa museum unik di dunia yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling atau kunjungan museum unik lainnya di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar