Seni dan Budaya

Tokoh Wayang Dengan Kekuatan Layaknya Superhero!

tokoh wayang sakti - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: yukepo

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, pasti kalian sudah tidak asing lagi ya dengan nama superhero seperti Superman, Spiderman, Batman, Ironman dan lain-lain. Ya, mereka memang memiliki kekuatan sakti yang memang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Kekuatan mereka inilah yang pada akhirnya mampu menyelamatkan orang dari bahaya dan juga menyelamatkan dunia dari kehancuran. Setiap tokoh tersebut memiliki karakteristik yang khas, mulai dari kostum, wajah sampai kekuatan super yang mereka miliki. Kisah itu memang banyak dan terkenal di Hollywood sana sahabat explorer, namun kalian tau gak kalau di Indonesia itu juga ada loh. Tepatnya adalah karakter pewayangan yang memang memiliki cerita yang cukup unik dan juga tokohnya yang memiliki kekuatan. Tokoh wayang sakti ini memang menghibur bagi siapapun yang suka menonton pertunjukannya sahabat explorer

Tokoh Wayang Sakti

Walaupun memiliki kekuatan yang tidak kalah hebatnya dengan Superhero Amerika, namun eksistensinya memang kalah sahabat explorer. Ceritanya yang ‘Indonesia banget’ juga menjadi ciri khas dari tokoh wayang sakti ini sahabat explorer. Bagi kalian yang belum tau dan penasaran, mari simak artikel ini lebih lanjut, karena kita akan coba bahas ya. Kami akan memberikan kalian 4 tokoh wayang tersebut yang memiliki kekuatan yang sangat sakti. Siapa saja kah mereka? Mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! Cekidot!

Baca Juga: Keliling 3 Negara Bersama YoExplore!

1. Gareng dan Petruk

tokoh wayang sakti - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: wayangku.id

Tokoh wayang sakti yang pertama adalah Gareng dan Petruk. Seorang ksatria hebat yang suka bertarung bernama Petruk. Suka berkelana kesana-kemari, berpetualang hanya untuk menguji kesaktiannya saja sahabat explorer. Kapak merupakan senjata andalannya, namun tangannya juga tidak kalah tajam dari kapaknya. Uniknya, ketika bertarung, Petruk selalu mengajak lawannya bercanda dan guyon. Memang dasar ksatria yang kocak!

Gareng! Nama aslinya adalah Bambang Sukodadi. Keren ya? Namanya gak ‘wayang’ banget memang sahabat explorer. Namun, Saking tingginya ilmu kanuragan yang dia miliki, dia mengalami krisis kepercayaan kepada nasib dan juga terhadap lawan-lawannya. Gareng merasa kesulitan menemukan lawan yang seimbang. Jadi kalau dia sombong ya wajar saja. Karena dia jenuh tidak mendapatkan lawan, maka dia bertapa di Blukutiba. Pada saat sedang bertapa, disitulah Petruk menggodanya dan membuat Gareng menjadi marah. Pada akhirnya mereka berkelahi sahabat explorer, perkelahiannya juga tidak kalah heboh dengan Batman vs Superman! Bahkan alam pun sampai porak poranda dibuatnya. Mereka benar habis-habisan bertarung, hingga merubah wajah mereka yang tampan menjadi buruk rupa seperti yang kita lihat sekarang di tokoh pewayangan. 

2. Antareja

tokoh wayang sakti - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: duniaku

Tokoh wayang sakti yang selanjutnya adalah Antareja. Antareja adalah tokoh pewayangan nusantara yang paling sakti dan bahkan setara dengan Rahwana. Walaupun dia sangat sakti, namun Antareja merupakan sosok yang berbudi pekerti luhur dan juga baik hati. Berikut merupakan kekuatan dari Antareja:

  • Mempunyai tubuh Napakawaca, tubuh ini kebal terhadap berbagai jenis senjata.
  • Bisa berubah menjadi Nagarupa atau Triwikarma. Perubahan ini merupakan perubahan paling kuat bahkan pukulan Gatotkaca yang bisa meratakan 10 gunung pun tidak akan mempan!
  • Cincin Mangkubumi yang mampu membuatnya sehat kembali jika menyentuh tanah.

Sedangakan jurus dari Antareja meliputi:

  • Lidahnya sangat sakti, semua ksatria yang telapak kakinya kena jilat bakal mati termasuk karakter superhero Amerika sahabat explorer!
  • Mempunyai racun Visadacara yang bisa melelehkan semua jenis logam.
  • Kendalibumi, merupakan jurusnya yang mampu mengendalikan isi bumi (tanah,air,bumi, udara). Wah, kayaknya ini pesaing terberatnya Avatar ya sahabat explorer!

3. Bima

tokoh wayang sakti - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: kumparan

Tokoh wayang sakti yang selanjutnya adalah Bima. Bima mempunyai sifat yang gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh, jujur, serta menganggap semua orang sama derajatnya. Bima juga mahir bermain Gada, serta memiliki berbagai macam senjata, senjatanya antara lain: Gada Rujakpala, Alugara, Bargawa (kapak besar), dan Bargawasta. Bima juga merupakan sosok jendral sejati yang berwibawa dan selalu di garis depan dalam medan peperangan.

Kekuatan Bima terdiri dari:

  • Bandungbandawasa, yaitu kekuatan yang mampu meningkatkan kekuatan fisik sampai 100x lipat!
  • Blabak Pangantol, yaitu kekuatan yang mampu membuat perkasa dalam perkelahian dan perang.

Sementara jurus Bima terdiri dari:

  • Ketuklindu, yaitu jurus yang mampu membuat guncangan tanah dengan hentakan kaki.
  • Bayubajra, yaitu jurus yang bisa menyerang musuh dengan menggunakan kekuatan angin ribut.
  • Kuku Bima ( Pancakenaka) yaitu jurus yang mampu membuat senjata di kuku ibu jari Bima yang sangat hebat dan bisa menebas apapun yang ada di depannya. 

4. Gatotkaca

tokoh wayang sakti - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: youtube

Tokoh wayang sakti yang selanjutnya adalah Gatotkaca. Siapa sih yang gak tau Gatotkaca? Gatotkaca merupakan seorang jagoan pewayangan yang paling terkenal, bahkan anak kecil pun juga tahu. Hal yang paling identik dengan Gatotkaca adalah otot kawat tulang besi. Tubuh Gatotkaca seperti Antareja namun tidak sekuat Antareja sahabat explorer

Gatotkaca kecil bernama Tetuka dicemplungkan oleh para sesepuh ke Kawah Candradimukha dan dilebur dengan Pusaka Dewata. Hasilnya adalah Gatotkaca yang sakti mandraguna dengan otot kawat tulang besinya itu. 

Kekuatan Gatotkaca terdiri dari:

  • Narantaka merupakan kekuatan Gatotkaca yang kebal terhadap semua ilmu magis atau santet.
  • Basunanda merupakan kekuatan yang mampu kebal terhadap semua jenis panas dan dingin. Jadi kalau Gatotkaca terdampar di gurun atau kutub itu tidak akan menjadi masalah.
  • Brajadenta menjadikan tulang tinju lebih panjang sehingga bisa merobek apapun. Kekuatannya setara dengan Kuku Bima sahabat explorer
  • Brajamusti merupakan pukulan maut yang mampu menghancurkan 10 gunung dengan sekali pukul.
  • Padakacarma merupakan tendangan maut yang bisa mematikan siapapun lawannya, termasuk Ironman sekalipun.
  • Kendaliayu merupakan kekuatan yang menjadikan angin sebagai senjata. Wah, musuhnya pasti bisa dibikin masuk angin sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa tokoh wayang sakti yang YoExplore bisa berikan kepada kalian. Sebenarnya masih ada lagi tokoh wayang yang memiliki kekuatan sakti lainnya, namun belum bisa mengalahkan keempat tokoh ini sahabat explorer. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar