Seni dan Budaya

Nikmati Imlek di Kota Ini di Indonesia!

wisata imlek di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sebentar lagi kita akan merayakan Imlek nih. Kalau di kalender, tepatnya tanggal 5 februari nih sahabat explorer. Apakah kalian sudah merencanakan mau liburan? Atau justru mau merayakan Imlek bersama keluarga, namun di tempat lain? YoExplore punya rekomendasinya nih. Wisata Imlek di Indonesia memang banyak tersedia. Kalian bisa menikmati perayaan setahun sekali tersebut bersama keluarga sambil menikmati festival yang biasanya diadakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Perayaan ini tentu akan sangat menakjubkan, kalian bisa menghabiskan waktu seharian bersama keluarga. Berbagai macam pilihan lokasi juga bisa jadi pertimbangan kalian untuk menghabiskan libur Imlek bersama keluarga. Kalau kalian belum menyusun rencananya, kalian bisa kontak kami di yoexplore.co.id ya, kami menyediakan paket wisata Cap Go Meh 2019 bagi kalian yang masih belum puas saat libur Imlek.

Wisata Imlek di Indonesia

Tradisi ini, singkatnya merupakan tradisi dari masyarakat Tiongkok yang dilakukan pada masa Dinasti Zhou. Pada saat itu, para petani membuat lampion-lampion untuk mengusir hama dan juga menakut-nakuti binatang perusak tanaman. Selain itu, mereka membuat bunyi-bunyian dan juga barongsai agar binatang tersebut takut dan juga sekalian menghibur para penduduk. Tradisi ini pada akhirnya menjadi sebuah perayaan yang turun temurun dilakukan. Tidak hanya di Tiongkok saja, di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia, pasti ada yang merayakan tradisi ini. Indonesia termasuk negara yang memiliki beragam suku, ras, dan agama. Oleh karena itu, mayoritas masyarakat keturunan Tiongkok, pasti merayakan dan meramaikan hari tersebut. Kira-kira ada di mana saja ya wisata Imlek di Indonesia itu? Langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Tarian Asal Indonesia Ini Sudah Mendunia Loh!

1. Singkawang

wisata imlek di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore.co.id

Wisata Imlek di Indonesia yang pertama adalah di Singkawang. Bahkan ini bisa dibilang sebagai perayaan Imlek yang paling besar di Asia Tenggara loh sahabat explorer. Keseruan dan kemegahan festival ini menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh masyarakat di Indonesia. Menjelang Imlek, animo masyarakat begitu tinggi untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Kota yang satu ini merupakan kota yang melakukan perayaan Imlek terbesar di Indonesia, tidak ada yang bisa mengalahkannya deh sahabat explorer!

Hal tersebut memang bukanlah hal yang mustahil, karena tidak hanya klenteng saja nih sahabat explorer yang merayakannya. Bisa dibilang satu kota Singkawang merayakan festival Imlek yang satu ini. Begitu meriah, sampai-sampai seperti semua masyarakat tumpah ke jalanan untuk melihat atraksi-atraksi dan berbagai macam kuliner yang ada. Di Singkawang sendiri, memang banyak destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung.

Oia sahabat explorer, bagi kalian yang ingin merayakan Cap Go Meh 2019 di Singkawang, kalian bisa langsung pesan tour-nya di YoExplore ya. Simple kok, cukup klik TAUTAN INI, dan isi form pendaftarannya!

2. Semarang

wisata imlek di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : phinemo

Wisata Imlek di Indonesia yang selanjutnya berada di Semarang. Salah satu kota yang berada di Jawa Tengah ini, juga terkenal dengan perayaan Imlek yang cukup besar. Kota yang satu ini pasalnya juga erat dengan etnis Tionghoa, jadi tidak heran jika perayaan Imlek begitu seru dan menyenangkan di kota ini.

Ada banyak sekali destinasi wisata Imlek di Semarang yang bisa kalian kunjungi. Salah satunya adalah Klenteng Sam Poo Kong, yang merupakan klenteng yang paling penting di kota Semarang. Selain itu, klenteng ini juga menjadi pusat perayaan Imlek yang harus kalian kunjungi bersama keluarga apabila sedang berlibur di Semarang.

Saat Imlek tiba, tidak hanya etnis Tionghoa saja yang berkunjung ke tempat ini sahabat explorer, banyak wisatawan lain dan bahkan wisatawan asing berkunjung ke klenteng ini. Banyak sekali pertunjukan yang bisa kalian saksikan di sini, mulai dari Barongsai sampai ke pertunjukan yang lainnya. Dijamin bakalan seru banget deh sahabat explorer! Salah satu referensi tempat merayakan Imlek yang tidak begitu jauh dari Jakarta ya di Semarang!

3. Surabaya

wisata imlek di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Wisata Imlek di Indonesia yang selanjutnya berada di Surabaya. Masih di dataran Pulau Jawa juga nih sahabat explorer, namun yang satu ini sedikit ke arah timur, dan tepatnya memang di Jawa Timur. Surabaya juga dikenal dengan masyarakatnya yang banyak etnis Tionghoa. Oleh karena itu, perayaan Imlek di kota yang satu ini juga tidak kalah meriah nih sahabat explorer!

Salah satu tempat wisata Imlek di Surabaya yang paling ramai dikunjungi adalah Klenteng Hong Tiek Hian.

Klenteng tersebut merupakan klenteng tertua yang ada di Surabaya. Jadi, tidak heran nih jika klenteng yang satu ini sudah sangat terkenal di Surabaya, apalagi saat perayaan Imlek, wuih bakalan seru banget deh pasti. Ada banyak sekali kemeriahan dan pertunjukan Barongsai yang bisa kalian saksikan di tempat ini. Pokoknya bakalan seru banget deh!

Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi kawasan pecinan yang cukup terkenal. Biasanya saat Imlek tiba, akan ada sebuah pasar malam di tempat tersebut. Bahkan, kalian juga bisa berburu kuliner khas Imlek di tempat tersebut loh sahabat explorer.

4. Tuban

wisata imlek di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Wisata Imlek di Indonesia yang berikutnya masih masuk ke dalam wilayah Jawa Timur juga nih sahabat explorer. Tepatnya berada di Kota Tuban. Untuk soal Imlek, mungkin kota yang satu ini masih jarang terdengar oleh orang, namun mereka memiliki perayaan yang cukup besar loh sahabat explorer.

Pusat perayaan Imlek di kota ini berada di Klenteng Kwan Sing Bio. Lokasinya bisa dibilang sangat mudah untuk ditemukan. Klenteng ini berada di pinggir jalan raya utama dan berada di pinggir pantai. Oleh karena itu, klenteng yang satu ini mudah ditemukan dan juga cukup terkenal dikalangan masyarakat Tuban. Selain itu, ada replika sebuah patung kepiting besar yang berada di gapura utama yang membuatnya justru semakin menarik.

Ketika Imlek datang, kawasan ini mendadak ramai pengunjung nih sahabat explorer. Mereka yang datang juga tidak hanya berasal dari Tuban saja, banyak juga orang dari kota lain datang untuk mengunjungi Klenteng yang satu ini. Jarang banget nih menikmati Imlek sambil menikmati pemandangan pantai di pinggirnya. Pasti bakalan seru dan menyenangkan banget deh sahabat explorer.

Selamat Hari Raya Imlek!

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata Imlek di Indonesia yang dapat YoExplore berikan ke kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa menjadi pilihan kalian untuk merayakan Imlek bersama keluarga. Jangan lupa untuk sharing pengalaman dan cerita seru traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya! Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar