Wildlife and Nature

Kalian Tau Gak Fauna Asli Indonesia Ini?

fauna asli indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : yuukeren

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang merupakan suatu negara yang kaya raya. Entah mengapa, negeri ini selalu disebut dan bahkan menyebut dirinya sendiri sebagai negara berkembang, padahal potensi alam yang kita miliki itu sangat luar biasa. Mulai dari rempah-rempah, hasil alam, sektor pariwisata, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa membuktikan kekayaan Indonesia ini. Selain segi pariwisata, kebudayaan dan adat istiadat, masih ada lagi kekayaan lainnya yaitu Fauna. Fauna asli Indonesia itu juga beragam loh sahabat explorer, mungkin secara kasat mata kalian menganggap sama dengan sejenisnya yang mungkin berasal dari luar negeri. Namun, jika kalian perhatikan lagi atau mungkin bertanya dengan yang ahli, maka kalian akan menemukan perbedaannya.

Fauna Asli Indonesia

Berbagai macam satwa atau fauna asli Indonesia ini, hidup dengan nyaman di hutan-hutan belantara di Indonesia. Tapi ada juga beberapa yang memang menjadi incaran pihak tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan neraca keuangannya sendiri. Ada beberapa satwa yang memang dilindungi oleh pemerintah, dan juga sangat dijaga habitatnya seperti Komodo. Hewan tersebut juga sangat dilindungi habitatnya oleh pemerintah, bahkan seperti yang kita sudah bahas kemarin, hewan yang satu ini dijadikan sebagai nama Pulau, yaitu Pulau Komodo. Label Taman Nasional juga disematkan kepada pulau yang merupakan tempat habitat asli dari fauna yang satu ini. Tetapi, masih ada fauna lainnya yang juga merupakan hewan asli Indonesia yang perlu kalian ketahui loh sahabat explorer. Ada apa aja? Yuk kita simak ulasannya!

Baca Juga : Sudah Menyusun Resolusi Traveling 2019?

1. Rangkong Gading

fauna asli indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jalaksuren

Familiar dengan bentuknya? Terdengar namanya yang aneh dan belum pernah didengar? Yap, mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak kalian saat melihat fauna asli Indonesia yang satu ini. Hewan ini bernama Rangkong Gading, bentuk paruhnya yang unik dan juga bentuk jenggernya yang sangat unik menambah ‘ketampanan’ dari sosok burung ini.

Burung ini merupakan maskot dari Provinsi Kalimantan Barat, dan juga termasuk dalam fauna yang dilindungi oleh undang-undang. Dalam budaya Kalimantan Barat, burung Rangkong Gading merupakan sebuah simbol dari “Alam Atas” , yaitu sebuah alam kedewataan yang bersifat maskulin.

Burung ini sering dijadikan sebagai lambang sebuah organisasi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lambang dari Provinsi Kalimantan Barat. Burung ini juga merupakan lambang persatuan bagi orang Dayak yang sering ditunjukkan dalam ukiran Budaya Dayak.

Sahabat explorer sudah pernah melihat hewan ini secara langsung belum?

2. Pesut Mahakam

fauna asli indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : majalahkartini

Fauna asli Indonesia yang selanjutnya adalah Pesut Mahakam. Sekilas memang hewan yang satu ini terlihat seperti lumba-lumba, namun jika kalian perhatikan lebih detail, maka kalian akan melihat perbedaan yang cukup mencolok. Hewan ini memang merupakan hewan mamalia yang juga sering disebut dengan lumba-lumba air tawar. Sayangnya, hewan ini mengalami ancaman kepunahan, dan bahkan menjadi list teratas hewan yang hampir punah di Indonesia.

Menurut datanya, pada tahun 2007 hewan ini hanya tersisa sekitar 50 ekor saja loh sahabat explorer. Uniknya mereka tidak bisa hidup di laut seperti lumba-lumba biasa atau ikan paus, mereka hidup di sungai-sungai daerah tropis yang tentunya lebih rentan karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hewan ini memakan udang air tawar dan ikan air tawar juga. Pesut Mahakam juga termasuk satwa yang dilindungi oleh undang-undang loh sahabat explorer, dan mereka hanya ditemukan di muara-muara sungai di Kalimantan.

Selain di Sungai Mahakam, mereka juga bisa ditemukan lagi di Kalimantan Timur yaitu di Kota Bangun, Kutai Kartanegara. Wah, beruntung banget kalau kalian bisa bertemu dengan kembaran lumba-lumba ini nih sahabat explorer! By the way, udah pernah lihat hewan ini sebelumnya?

3. Harimau Sumatera

fauna asli indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : greeners.co

Fauna asli Indonesia yang selanjutnya adalah Harimau Sumatera. Sudah jelas, sesuai dengan namanya, kucing besar ini memang berhabitat asli di Sumatera. Populasinya juga sudah mulai terancam punah loh sahabat explorer, bahkan pernah ada berita yang menginformasikan harimau sedang hamil ini mati terjerat karena ulah manusia. Sekedar mengingatkan saja nih sahabat explorer, eksistensi mereka semua itu penting untuk keseimbangan alam, maka sebagai sesama manusia, kita harus saling mengingatkan ya, hehe,

Populasi liar yang hidup diperkirakan ada 400-500 ekor, dan kebanyakan dari mereka juga hidup di dalam taman-taman nasional Sumatera. Pernah tercatat pada tahun 1998-2000, ada 66 ekor Harimau Sumatera mati terbunuh.

Bagi kalian yang memang ingin melihat habitat asli dari satwa yang satu ini, kalian bisa langsung berkunjung ke Sumatera nih sahabat explorer.

4. Burung Cendrawasih

fauna asli indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indovoices

Fauna asli Indonesia yang berikutnya adalah Burung Cendrawasih. Burung ini bisa kalian temui di Indonesia Timur, tepatnya di wilayah Papua. Burung ini juga mendapat julukan Bird of Paradise atau burung dari surga. Jelas saja, kecantikan warna bulunya yang sangat memukau mata bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan, saking indahnya, katanya karena keindahannya burung ini jarang menyentuh tanah loh sahabat explorer, mereka hanya beterbangan di udara dan hinggap di dahan pohon.

Burung Cendrawasih juga termasuk hewan yang dilindungi oleh undang-undang loh sahabat explorer. Jadi bagi kalian yang mengunjungi tempat penangkaran hewan ini, cukup melihat-lihat saja ya, jangan diapa-apain! Hehe

Pemanfaatan bulu dari Burung Cendrawasih ini masih hanya diperbolehkan untuk kepentingan masyarakat lokal dalam menghiasi pakaian adat mereka. Itupun penggunaannya juga dibatasi nih sahabat explorer, jadi tidak bisa sembarangan ambil saja. Masyarakat Papua sendiri memang juga memiliki kearifan lokal untuk menjaga habitat dari burung-burung cantik ini.

Kekayaan Indonesia Itu Banyak!

Sahabat explorer, itulah beberapa fauna asli Indonesia yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kalian pengetahuan yang baru nih dalam dunia satwa asli Indonesia. Jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar kami atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar