Wildlife and Nature

Taman Nasional di Indonesia Sudah Mendunia Loh!

taman nasional di Indonesia - yoepxlore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : liputan6

YOEXPLORE, Liburan Keluarga –  Sahabat explorer, mungkin kita sudah sering mendengar dengan yang namanya Taman Nasional. Mungkin banyak orang yang berpikir kalau taman nasional itu adalah sebuah tempat yang tidak boleh dikunjungi karena sangat dijaga oleh pemerintah. Namun nyatanya tidak begitu sahabat explorer, secara pengertiannya Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang membawa ekosistem asli yang dikelola dengan proses zonasi dan bermanfaat untuk tujuan penelitian, budidaya, ilmu pengetahuan, rekreasi dan tentunya pariwisata. Oleh karena itu, kita dibolehkan banget nih untuk mengunjungi yang namanya Taman Nasional. Bahkan, sebagai masyarakat Indonesia yang baik, kita juga dibolehkan untuk mempromosikan Taman Nasional di Indonesia loh. Dengan demikian, dampak positif yang negara ini dapat bermacam-macam, selain ekonomi yang meningkat, nama Indonesia juga semakin bagus di dunia.

Taman Nasional di Indonesia

Taman Nasional itu memang dikelola oleh pemerintah, biasanya memang dijadikan juga sebagai maskot pariwisata di Indonesia. Oleh karena itu, kalian juga harus mentaati peraturan-peraturan yang telah dibuat di Taman Nasional tersebut. Awal pembentukan Taman Nasional di Indonesia itu terjadi pada tahun 80an, padahal konsep National Park ini sudah ada pada abad ke 19 loh sahabat explorer. Berbagai macam alasan yang berhubungan dengan penetapan cagar alam, margasatwa dan monumen lain yang dibuat oleh Hindia Belanda, menjadi pertimbangan Taman Nasional ini dibuat. Indonesia itu sendiri memiliki berbagai macam Taman Nasional yang memiliki keindahan luar biasa, bahkan ada beberapa Taman Nasional di Indonesia yang sudah mendunia loh. Biar gak penasaran, langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Mau Kabur Sebentar Dari Jakarta? Ke Ujung Kulon Yuk!

1. Taman Nasional Komodo

taman nasional di Indonesia - yoepxlore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : arontik

Taman Nasional di Indonesia yang pertama adalah Taman Nasional Komodo. Tentu saja taman yang satu ini sudah dikenal oleh dunia. Sebut saja perusahaan besar seperti National Geographic dan juga BBC Travel yang mengunjungi taman nasional ini dan membuat film dokumenter.

Taman Nasional Komodo memiliki keindahan alam yang luar biasa, sejauh mata kalian memandang, maka kalian akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang biru dan juga pepohonan yang hijau. Tentu menjadi lokasi yang tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat.

Selain itu, terdapat pantai yang unik yaitu Pink Beach atau Pantai Pink yang memang memiliki pasir berwarna pink. Fenomena tersebut merupakan fenomena alam tanpa ada campur tangan atau buatan manusia.

Yang paling spesial dari taman ini tentu saja hewan Komodonya. Hewan purba yang terancam punah ini memang hidup berkeliaran bebas di Taman Nasional Komodo. Kepulauan ini juga merupakan habitat asli mereka, jadi sangat jarang ditemukan di tempat lain selain di pulau ini. Banyak orang yang penasaran dengan bentuk dan habitat dari hewan yang satu ini, oleh karena itu tidak heran jika banyak turis lokal maupun mancanegara memenuhi tempat ini saat musim libur telah tiba. Keindahannya bikin kalian gak mau pulang! Gak percaya? Langsung aja kunjungi pulau ini, cek linknya di sini ya!

2. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional di Indonesia - yoepxlore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wacananusantara

Taman Nasional di Indonesia yang selanjutnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman ini merupakan taman nasional tertua yang ada di Indonesia, dan juga sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Keindahan Taman Nasional ini terletak pada gugusan pulau yang mengelilinginya. Contohnya ada Pulau Peucang, dan juga Pulau Panaitan. Selain itu juga ada Sungai Cigenter yang berada di Pulau Handeleum yang memiliki pemandangan spektakuler layaknya di Amazon lengkap dengan binatang liarnya!

Kawasan ini juga merupakan kawasan hutan lindung dan juga sebagai habitat untuk Badak Jawa. Kurang lebih ada 50 ekor Badak yang hidup di area ini, jadi kalian bisa melihat hewan bercula ini di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Badak tersebut juga merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Lokasinya juga berada di wilayah Jawa Barat, jadi bagi kalian yang memang berdomisili di Jakarta atau sekitarnya, kalian tidak perlu menempuh jarak yang jauh nih sahabat explorer. Cocok banget buat liburan anak sekolah! Yuk langsung ke sini!

3. Taman Nasional Baluran

taman nasional di Indonesia - yoepxlore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Taman Nasional di Indonesia yang selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Lokasinya berada di Banyuwangi, Jawa Timur nih sahabat explorer. Hanya 30 menit saja jika menyebrang dari Bali. Banyuwangi memang sedang hebat-hebatnya dalam urusan pariwisata, sebut saja Blue Fire Ijen dan Hutan Djawatan yang memiliki pemandangan fantastis.

Tidak hanya dua itu saja, ternyata ada juga Taman Nasional Baluran yang tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini memiliki nama lain yaitu Savana Bekol atau Africa Van Java. nama tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena pemandangannya mirip seperti padang rumput yang ada di Afrika. Pohon tinggi besar yang masing-masing berjauhan juga membuat tempat ini semakin mirip dengan Afrika. Selain itu, beberapa kawanan hewan liar seperti rusa, kerbau, burung dan lain-lainnya dapat kalian lihat di sini.

Tempat ini sangat cocok untuk keluarga dan tentunya sangat Instagramable banget nih sahabat explorer dengan pemandangan Landscapenya yang luar biasa!

4. Taman Nasional Lorentz, Papua

taman nasional di Indonesia - yoepxlore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : traveltodayindonesia

Kalau dilihat dari fotonya, ini dimana kira-kira sahabat explorer? Swiss? Islandia? Bukan semua! Yang benar adalah Papua! Luar biasa banget kan pemandangannya? Sebuah kebanggaan bagi kita semua bisa memiliki tempat indah seperti ini. Oleh karena keindahannya yang luar biasa tersebut, maka tidak heran jika tempat ini dijadikan Taman Nasional oleh pemerintah.

Taman Nasional ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan juga sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Keunikan tempat ini adalah memiliki Gletser di daerah tropis, tentu saja sangat layak untuk dikunjungi nih sahabat explorer.

Taman Nasional Lorentz juga merupakan kediaman suku asli Papua seperti Suku Asmat, Suku Dani Barat, Suku Nduga, dan juga Suku Sempan.

Keunikan satwa juga ada di sini loh sahabat explorer, bahkan menurut informasi ada beberapa satwa langka di tempat ini. Pokoknya dijamin kalian bakalan takjub deh saat berkunjung ke sini!

Wisata Taman Nasional di Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa Taman Nasional di Indonesia yang sudah mendunia yang bisa YoExplore berikan. Semoga bisa menjadi inspirasi kalian dan juga bisa masuk ke dalam bucket list traveling kalian. Salah satunya harus dimasukin ke dalam resolusi traveling 2019 kalian ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk bagikan cerita kalian di kolom komentar atau di Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar