Jawa Barat Wisata Dan Belajar

Studi Arkeologi Di Bogor & Bandung

Arkeologi Indonesia - YOEXPLORE.co.id
image source : loop

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, pernahkah kalian mendengar yang namanya Arkeologi? Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang situs peninggalan sejarah. Baik terletak di daratan, lautan, ataupun terkubur dalam tanah untuk waktu ribuan bahkan jutaan tahun. Jika kalian menyukai pelajaran sejarah atau sejenisnya, maka kemungkinan besar kalian akan suka juga belajar mengenai Arkeologi. Ilmu ini memang sangat berguna, yaitu untuk mengetahui bagaimana kehidupan pra sejarah dan perkembangan bumi dalam jutaan tahun. Banyak sekali temuan-temuan Arkeologi yang mencengangkan dunia. Seperti ditemukannya Piramida di Mesir, Bahtera Nabi Nuh, fosil binatang purba dan lain sebagainya. Pelajaran ini berkaitan juga dengan ilmu sains, karena dengan perkembangan teknologi, mereka juga bisa memperkirakan umur dari temuan Arkeologi tersebut. Biasanya, peninggalan tersebut diletakkan di museum-museum setempat untuk dipertontonkan oleh masyarakat. Indonesia juga memiliki penemuan Arkeologi yang tak kalah mencengangkan loh sahabat explorer. Arkeologi Indonesia ini terkenal dengan temuan peninggalan-peninggalan zaman pra sejarah.

Arkeologi Indonesia Yang Berada Di Wilayah Jawa Barat

Salah satu kota yang memiliki banyak museum Arkeologi adalah Bandung dan Bogor. Kedua kota ini, banyak menyimpan temuan Arkeologi Indonesia yang sudah terkenal sejak lama. Baik dalam bidang pertanian, maupun dalam penemuan artefak-artefak kuno. Wisata Arkeologi Bandung dan Bogor, sangat cocok untuk anak-anak sekolah mempelajari sejarah Indonesia. Tujuannya agar mereka dapat mengetahui kekayaan Indonesia dalam bidang Arkeologi. Jika kalian berminat untuk mempelajari Arkeologi Indonesia, sebaiknya kalian simak dulu ulasan berikut ini!

1. Botanical Garden, Bogor

Arkeologi Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : discoveryourindonesia.com

Tempat Arkeologi Indonesia pertama yang kalian kunjungi di Bogor adalah Botanical Garden atau Taman Botani, Bogor. Tempat ini, sudah berdiri sejak 1817, dan memiliki luas sekitar 87 Hektar. Di sini, kalian bisa mempelajari tentang tanaman-tanaman dengan beberapa kategori di taman yang berbeda-beda. Ada beberapa taman seperti Taman Meksiko, Taman Pohon Bambu, Kebun Herbal, Rumah Anggrek, Kolam Lili Raksasa, dan lainnya. Kalian dapat melihat pohon dan spesies lainnya yang sudah hidup selama 100 tahun lebih. Tanaman tersebut, tersedia dari berbagai macam belahan dunia termasuk juga yang asli Indonesia. Di Botanical Garden Bogor, kalian bisa menyewa sepeda dan berkeliling sepuasnya di taman tersebut. Kalian bisa belajar sejarah pertanian dan tumbuh-tumbuhan yang ada di sana. Kalian juga bisa bertanya kepada pengurus atau tour guide selama wisata berlangsung.

Masih banyak fasilitas lainnya yang kalian dapat nikmati di Botanical Garden ini, cuma jangan hanya sekedar muter-muter aja ya sahabat explorer. Pelajari dengan baik ilmu yang akan kalian dapat di sana, karena tidak bisa setiap hari juga kalian bisa ke sana kan. 😀

2. Museum Zoologi, Bogor

Arkeologi Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : merahputih.com

Arkeologi Indonesia yang kalian kunjungi selanjutnya adalah Museum Zoologi, Bogor. Masih berada di kawasan Bogor, kalian akan mengunjungi sebuah museum yang memiliki ribuan replika dari binatang-binatang purbakala yang hidup di Indonesia. Museum ini memiliki lebih dari 15000 spesies serangga, 30000 spesies/spesimen dari mamalia, 30000 lebih spesies/spesimen unggas, 20000 spesies/spesimen dari reptil dan binatang amphibi dan banyak lagi yang lainnya. Kalian dapat berkeliling untuk melihat museum besar ini sambil berfoto-foto dengan fosil-fosil tersebut. Tapi ingat ya, tetap berhati-hati dan jangan sampai merusak atau mengotori museum ini!

3. Situs Megalitikum, Gunung Padang

Arkeologi Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : pinterest

Perjalanan Arkeologi Indonesia yang selanjutnya adalah mengunjungi Situs Megalitikum di Gunung Padang, Jawa Barat. Gunung ini, tepatnya berada di kawasan Cianjur, Jawa Barat. Pada tahun 1914, pemerintahan kolonial Belanda melakukan survey untuk pertama kalinya dibidang Arkeologi di Gunung Padang ini. Survey tahap kedua dilakukan pada tahun 1947 oleh Universitas Nasional Australia. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengungkap misteri Piramida bertingkat di Gunung Padang yang masih dilakukan sampai sekarang. Ini adalah Piramida buatan manusia yang terdiri dari beberapa lapisan yang terkubur di bawah Gunung Padang. Entah bagaimana, penyelidikan masih dilakukan untuk menemukan peradaban yang ada di area ini. Beberapa orang mengklaim, bahwa material bangunan yang ada ini berasal dari zaman Paleolitik ( 22,000 – 9,500 SM). Wah, sepertinya sangat menarik nih sahabat explorer untuk dikunjungi.

Setelah kalian mengunjungi situs yang satu ini, kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian menuju Bandung. Kira-kira ada apa ya di Bandung? Mari simak lanjutannya ya sahabat explorer.

4. Stone Garden National Geopark, Bandung

Arkeologi Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : yoexplore.co.id

Perjalanan Arkeologi Indonesia selanjutnya akan membawa kalian ke Stone Garden National Geopark, Bandung. Di sini, kalian bisa menaiki bukit yang dulunya adalah sebuah gunung di dasar laut. Dari puncak bukit, kalian bisa melihat bayangan dari Gunung Tangkuban Perahu. Sungguh pemandangan yang sangat indah loh sahabat explorer. Selain itu, di Stone Garden National Geopark ini, kalian bisa melihat pemandangan Batu Karst yang sudah berumur lebih dari 27 juta tahun! Bentuk dan formasi dari Batu Karst ini asli loh sahabat explorer, jadi memang sudah tersusun seperti itu dari dulu.

Selain pemandangan Batu Karst, kalian juga bisa mengunjungi Goa Pawon. Di dalam Goa ini, konon terdapat peninggalan tulang belulang manusia yang diduga sebagai bapak moyang Orang Sunda. Lalu, kalian dapat melihat peninggalan tiruan dari zaman Pro-Neolitik. Kalian dapat melihat bahwa pada zaman itu mereka sudah dapat menemukan gelang dari batu, serut, batu asah, dan masih banyak lagi lainnya. Wah sahabat explorer, tentunya ini akan jadi pemandangan yang bikin merinding sekaligus menakjubkan loh!

Kunjungi Wilayah Indonesia Lainnya Untuk Menemukan Situs Peninggalan Sejarah Lainnya!

Sahabat explorer, itulah beberapa bukti Arkeologi Indonesia yang ada di wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor dan Bandung. Masih banyak lagi yang lain tentunya, jika kalian mau mengunjungi wilayah lain di Indonesia ini. Sekali lagi, perjalanan ini sangat bagus untuk anak-anak, karena selain jalan-jalan, mereka juga mendapatkan edukasi dari trip tersebut. Selain itu, kegiatan ini tentunya akan membuat kalian bangga akan warisan peninggalan sejarah dari nenek moyang kita di Indonesia. Have a good day, explorer!

Baca Juga : Berlibur Ke Stone Garden Bandung

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar