Wisata Dan Belajar

Tips Agar Blog Travel Kalian Menjadi Terkenal

blogger sukses - yoexplore
image source : wayfaringkiwi

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, menjadi seorang Traveler memang sangat menyenangkan. Alasannya tentu karena kalian aka sering jalan-jalan. Namun, bagaimana caranya kalian traveling tapi tetap mendapatkan uang atau bahkan dibayarin? Salah satunya adalah dengan menjadi seorang Travel Blogger. Menjadi Blogger sukses terutama di bidang travel itu susah-susah gampang. Kenapa? Karena tentunya yang kalian butuhkan disini adalah konsistensi dan tentunya modal. Modal awalnya tentu adalah jalan-jalan pakai uang sendiri dulu. Dengan begitu, kalian bisa memulai ‘cerita’ kalian dan mem-postingnya di blog. Semudah itu kok sahabat explorer. Namun, pertanyaannya apakah kalian memiliki niat dan waktu untuk menjalani itu semua?

Menjadi Blogger Sukses Butuh Konsistensi

Kali ini, YoExplore akan memberikan sedikit tips kepada kalian tentang bagaimana membuat Blog kalian menjadi terkenal. Karena, selain pastinya kalian akan dikenal orang, kalian juga akan mendapatkan uang loh sahabat explorer. Penghasilan yang didapatkan juga tidak main-main, salah satu Blogger terkenal di Indonesia bahkan bisa mendapatkan uang sekitar $2000 perbulannya! Luar biasa banget kan? Jadi, tunggu apalagi? Persiapkan niat dan konten kalian, lalu buatlah Blog. Membuat blog itu juga gratis kok, kalian sama sekali tidak dipungut biaya, yang penting kalian memiliki koneksi internet yang stabil. Sudah siap menjadi Blogger sukses? Yuk, simak tips berikut ini!

 

1. Tulisan Yang Informatif

 

Tips menjadi seorang Blogger sukses dalam bidang traveling yang pertama adalah membuat tulisan yang informatif. Kalian harus memberikan informasi yang akurat dan dikemas dengan cerita yang sangat menarik. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan sebuah cerita yang bisa dinikmati oleh pengunjung kalian. Jika berkaitan dengan salah satu destinasi wisata, kalian bisa memberikan informasi seperti akses jalan, harga tiket, spot menarik di dalam destinasi wisata tersebut dan sebagainya. Jangan terlalu panjang dan keluar dari konteks konten kalian sendiri. Biasanya, tulisan yang singkat namun padat informasi itu berkisar 500-1000 kata. Usahakan untuk jangan lebih dari 1000 kata, kecuali jika tempat yang kalian datangi memiliki banyak spot atau nilai sejarah penting yang harus diceritakan secara detail.

Baca Juga : Ingin Menjadi Tour Guide? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

2. Buat Pointers atau List

Tips Blogger sukses yang kedua ini maksudnya adalah, kalian usahakan untuk membuat judul konten yang berisikan mengenai tips atau pointers yang lainnya. Contoh gampangnya adalah seperti ini : “5 tips Mendaki Gunung” atau “5 Tempat yang kalian bisa kunjungi di Bromo”. Nah, kira-kira seperti itu sahabat explorer. Biasanya, orang akan suka membaca tulisan yang modelnya seperti ini. Karena konten kalian adalah mengenai traveling, maka kalian harus bisa memberi tahu keinginan para pembaca. Biasanya, tips seperti ini akan lebih to the point, sehingga pembaca juga akan merasa terbawa dengan suasana yang kalian alami di destinasi wisata tersebut.

3. Berikan Foto atau Video

Jangan pernah menganggap hal yang satu ini sepele. Jangan karena kalian malas, jadi akhirnya konten kalian akan kurang menarik atau bahkan tidak berkualitas. Masukkan foto atau bahkan video tentang apapun yang kalian bahas. Jika kalian sedang membahas mengenai tips naik gunung, atau spot indah di gunung, maka kalian harus memberikan fotonya. Dengan ini, para pembaca tentu akan bisa membayangkan suasana yang ada di lokasi tersebut. Selain itu, jika salah satu tempat yang kalian kunjungi termasuk dalam kategori hidden paradise, kalian bisa membuat itu viral di blog kalian. Tentunya, Blog kalian akan semakin banyak pengunjung nih sahabat explorer. Biasanya, kalian akan diminta untuk menuliskan review oleh pengelola destinasi wisata. Luar biasa kan manfaatnya?

4. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Media Promosi

Tips menjadi Blogger sukses yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial kalian sebagai media untuk berpromosi. Caranya gampang, kalian tinggal copy link Blog kalian, lalu paste di sosial media. Jangan lupa untuk perhatikan waktu dan konten untuk sosmed yang menarik. Semua itu bertujuan agar postingan kalian ini tidak dianggap spamming. Kalian jaman sekarang pasti punya Instagram, Facebook, Pinterest, dan lain-lainnya kan? Manfaatkan sosial media tersebut. Biasanya, ini adalah salah satu cara termudah untuk menaikkan traffic pada blog kalian. Dengan traffic yang sudah cukup besar, maka kalian bisa bekerja sama dengan Google Adsense untuk memasang iklan di Blog kalian. Dari situlah uang akan bermunculan ke kantong kalian sahabat explorer.

5. Jangan Malas Menulis

Nah, inti dari semua tips menjadi Blogger sukses dalam bidang travel adalah jangan malas menulis. Masa dalam waktu sebulan menulis minimal 2 kali saja tidak bisa sih sahabat explorer? Diusahakan bisa ya. Tentu saja, blog itu membutuhkan tulisan. Semakin banyak tulisan kalian, maka akan ramai juga nanti pengunjung yang masuk ke blog kalian. Namun tulisan atau posting-an tersebut juga membutuhkan promosi. Cara lainnya adalah dengan menulis di ‘tempat’ orang lain. Contohnya jika kalian adalah Blogger, kalian bisa menulis Guest Post di YoExplore, dengan itu, maka kalian akan mendapatkan backlink ke blog kalian sendiri. Gampang kan? Semuanya tinggal butuh niat aja kok sahabat explorer :D.

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menjadi Blogger sukses dalam bidang traveling yang bisa kami berikan kepada kalian. Jika kalian punya tips lainnya, bole di share di kolom komen kami ya. Semoga kalian semua bisa menjadi seorang travel Blogger yang terkenal dan sukses! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar