Wisata Dan Belajar

Ini Merupakan Candi Termegah di Indonesia

candi termegah di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : idtempatwisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menurut sejarah, Indonesia memang memiliki berbagai macam agama yang dianut. Mulai dari agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, ada juga agama lainnya yang dianut yang berdasarkan kepercayaan dari masyarakat itu sendiri. Seperti Jawa yang terkenal dengan agama Kejawen, dan agama lainnya yang ada di wilayah lain. Agama yang masuk tersebut, juga tidak semata-mata hanya ‘teori’ saja yang ditinggalkan, melainkan juga peninggalan bangunan tempat beribadah atau yang lainnya. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah peninggalan Candi bekas zaman kerajaan Hindu dan Budha yang pernah menguasai Nusantara sebelum agama lainnya masuk. Oleh karena itu, ada banyak peninggalan candi yang tersebar luas di Indonesia. Tapi, apakah kalian tau candi termegah di Indonesia ada apa saja?

Candi Termegah di Indonesia

Mungkin masyarakat Indonesia sudah mengenal beberapa candi yang ada di Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kedua candi tersebut memang sudah bukan menjadi rahasia lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia juga sudah mengakui keindahan dari candi tersebut. Namun, masih ada lagi candi megah lainnya di daerah selain Yogyakarta. Walaupun masih berada di wilayah Pulau Jawa, namun keberadaan candi tersebut belum banyak diketahui orang. Bahkan, beberapa candi itu juga termasuk ke dalam candi termegah di Indonesia. Penasaran ada apa saja? Yaudah yuk, langsung kita simak saja ulasannya!

Baca Juga : Menikmati Wisata Budaya di Jambi

1. Candi Borobudur

candi termegah di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ulinulin

Candi termegah di Indonesia yang pertama tentunya adalah Candi Borobudur. Bukan hanya termegah di Indonesia saja, namun candi yang satu ini merupakan Candi Budha terbesar di dunia loh sahabat explorer.

Terdapat 500 patung Budha dan 2.672 relief yang menghiasi dinding-dinding stupa tersebut. Candi ini dibangun oleh Raja Syailendra pada abad ke 8 atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Yang paling mengesankan adalah waktu pembangunan candi ini yang memakan waktu hingga 75 tahun! Wah, tidak heran hasilnya sebagus ini!

Ini merupakan warisan budaya yang paling unggul di Indonesia, karena tempat ini sudah menjadi wajib untuk dikunjungi saat kalian sedang berwisata ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain itu, kalian bisa menikmati tur andong yang disediakan di wilayah Borobudur untuk membawa kalian keliling desa wisata yang ada di kompleks Borobudur. Pasti kalian sudah pernah kemari kan? Kalau belum, langsung buka tautan ini ya!

2. Candi Dieng

candi termegah di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : halodieng

Candi termegah di Indonesia yang selanjutnya adalah Candi Dieng yang berada di kawasan Dieng, Wonosobo. Keunikannya adalah, candi ini berada di ketinggian 2000 meter di atas laut, sehingga cuacanya sangat sejuk nih sahabat explorer, kalian bisa menikmati pemandangan sekitar candi sambil berfoto-foto di kompleks candi ini.

Candi ini juga biasa disebut dengan Kompleks Candi Arjuna, dan memiliki 8 bangunan. Keunikan lainnya yang dimiliki candi ini adalah, bahwa nama bangunan tersebut diambil dari nama tokoh pewayangan, yaitu Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Bima, Candi Sembadra, Candi Punradewa, Candi Srikandi, Candi Semar, dan Candi Arjuna. Kompleks candi ini memiliki luas 800 meter persegi.

Menurut penelitian, candi ini dibangun pada saat masa kerajaan Wangsa Sanjaya. Candi ini merupakan Candi Hindu yang beralira Syiwa.

Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini?

3. Candi Gedong Songo

candi termegah di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribunnews

Candi termegah di Indonesia yang selanjutnya adalah Candi Gedong Songo yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya ‘songo’ yang artinya sembilan, candi ini memiliki 9 bangunan. Namun, yang tersisa sekarang hanya tinggal 5 nih sahabat explorer. Areanya terpisah, tidak berada pada satu titik.

Lokasi candi ini berada di ketinggian tepatnya di lereng Gunung Ungaran, jadi mirip seperti Candi Dieng tadi, namun kalian tidak akan kecewa, karena kalian akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang sangat mempesona.

Candi ini merupakan Candi Hindu yang dibuat pada abad ke 9 pada saat masa kerajaan Wangsa Syailendra.

Ada objek wisata lain di sekitarnya, yaitu pemandian air panas belerang, wisata berkuda dan juga area perkemahan. Nah, sepertinya cocok bagi kalian yang suka berpetualang bersama keluarga nih. Bisa banget dong berkemah di tempat ketinggian seperti ini, dijamin seru banget deh!

4. Candi Tikus, Mojokerto

candi termegah di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : candi1001blogspot

Candi termegah yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Candi Tikus yang berada di Mojokerto, Jawa Timur. Bangunan dari Candi Tikus ini mirip dengan bangunan pentirtaan atau pemandian. Dimana terdapat sebuah kolam dengan beberapa bangunan di dalamnya.

Hal unik lainnya adalah dua jenis batu bata dengan ukuran yang berbeda yang digunakan dalam pembangunan candi ini.

Kaki candi terdiri atas susunan bata merah yang berukuran besar, ditutup dengan bata merah yang berukuran lebih kecil. Selain kaki bangunan, pancuran air yang ada di candi ini juga terbuat dari dua jenis, yakni dari bata dan batu andesit.

Wisata Candi Indonesia

Nah, itulah beberapa candi termegah di Indonesia yang YoExplore bisa berikan ke kalian. Kalian sudah pergi ke candi yang mana saja nih? Coba ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar kami ya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan lestarikan terus budaya Indonesia! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar