Bali Wisata Dan Belajar

Bisnis Tanpa Modal? Emang Bisa? Bisa lah!

cara bisnis online tanpa modal - YOEXPLORE.co.id
image source : agribisnis.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, kalau kita melihat orang-orang seperti Bill Gates, Jeff Bezos, dan Jack Ma tentunya kita sudah mengetahui bahwa mereka adalah beberapa dari segelintir orang-orang terkaya yang ada di jagat bumi ini. Hasil yang mereka raih tentunya melalui proses ‘berdarah’ yang sangat panjang nih sahabat explorer. Berbagai macam halangan dan rintangan tidak menggoyahkan mereka untuk meraih kesuksesan yang sekarang mereka raih dan nikmati. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi terutama dibidang internet, banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang muncul dan meraih kesuksesan berdasarkan bisnis online yang mereka jalani. Tentunya, cara bisnis online tanpa modal juga semakin berkembang nih sahabat explorer karena perkembangan internet tersebut. Hal ini akan semakin berkembang dikarenakan banyaknya inovasi-inovasi baru yang bermunculan dari setiap individu yang berbeda.

Sebagai perkenalan, apa sih sebenarnya Bisnis Online itu? Bisnis Online adalah setiap pelaku usaha yang semua aktivitas atau sebagian aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet (online). Bisnis ini juga mencakup di berbagai bidang industri tanpa terkecuali. Kita dapat dengan mudah  melihat contoh-contoh bisnis online itu sendiri di Internet, baik melalui Google ataupun Youtube. Namun, ternyata tidak semua bisnis online itu membutuhkan modal yang besar loh sahabat explorer, beberapa hanya membutuhkan modal yang sedikit, dan bahkan ada juga yang tanpa modal! Cara bisnis online tanpa modal ini dapat dilakukan namun dengan syarat kita harus bersabar dan tekun menjalaninya ya sahabat explorer. Realistis saja, bisnis dengan modal yang besar saja membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, apa lagi bisnis yang tanpa modal ini. Semua yang dibutuhkan itu harus ekstra loh :D.

Mendapatkan Uang Dengan Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara bisnis online tanpa modal ini dapat kita mulai dengan beberapa hal yang perlu kita siapkan.

Pertama, kita harus menentukan bisnis apa kira-kira yang akan kita jalani. Saya ambil contoh seorang blogger. Kita sebagai orang yang hobi menulis, tentunya sangat familiar dengan istilah blogging. Blog sendiri secara singkat merupakan bagian situs website yang dapat diakses secara online. Blog juga berfungsi sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau pun diary sehari-hari melalui tulisan yang dibuat di dalam posting-an blog itu sendiri. Setelah kita mengetahui apa itu blog, kita dapat membuatnya secara gratis dengan menggunakan platform pembuatan blog gratis seperti di wordpress, blogspot, tumblr, dan sebagaimanya.

Kedua, buatlah tulisan-tulisan yang menarik seperti pengalaman traveling, atau pengalaman hidup kalian yang kira-kira bisa menginspirasi orang lain. Cara bisnis online tanpa modal ini juga memiliki risiko yang minim. Maksudnya adalah, bagi kita pekerja kantoran, misalnya, kita tidak perlu berhenti bekerja dan fokus terhadap blog kita. Tentunya ini akan sangat berisiko, karena bisnis tetaplah bisnis, tidak ada yang instant (kecuali mie instant :D). Bisnis ini bisa kita jalankan di saat waktu senggang, seperti saat sedang istirahat di kantor, sepulang kerja, atau pada saat hari libur.

Promosi Di Media Sosial (Medsos) Pribadi

Setelah membuat tulisan dalam blog tersebut, cobalah kita mulai mempromosikan blog kita sendiri di media sosial. Bagikan tautan (link) dari tulisan kita di media sosial yang kita miliki. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu gunakanlah kata kunci yang mudah dan sering dicari oleh orang-orang di mesin pencarian seperti google atau yahoo. Jika kita menggunakan kata kunci tersebut, maka artikel atau tulisan kita akan muncul di halaman depan (halaman 1 – 3) mesin pencarian.

Dengan banyaknya kunjungan atau trafik di blog kita, maka kita pada akhirnya bisa bekerja sama dengan google adsense untuk menaruh iklan di blog kita. Nah, dari situlah sahabat explorer uang secara perlahan akan masuk ke dalam kantung kita. Intinya, semakin banyak kunjungan, semakin banyak pula tawaran iklan yang kita dapat.

Selain potensi pendapatan dari google adsense, kita juga bisa memperoleh potensi pendapatan dengan menjadi Affiliate dari sebuah situs. Apabila fokus kita adalah nge-blog di bidang travel, kita bisa menjadi Affiliate dari situs-situs yang bergerak dalam industri ini.

Nah, Affiliate sendiri, menurut Businessdictiionary, mengandung arti seseorang yang mempromosikan atau menjual produk orang lain di blog-nya sendiri. Pengunjung blog si Affiliate bisa memesan atau membeli produk tersebut melalui blog-nya si Affiliate, namun penyelesaian transaksinya diselesaikan di website yang resmi menjual produk tersebut. Atas transaksi tersebut, si Affiliate akan menerima komisi penjualan.

Perbedaan Affiliate Dengan Reseller

Hmm, mungkin kalian bertanya, lalu apa bedanya Affiliate dengan Reseller? Menurut saya, secara pengertian dasarnya sih sama, yaitu mempromosikan atau menjualkan produk milik orang lain. Cuman bedanya, di proses transaksinya. Kalau Affiliate, proses transaksinya terjadi di website resmi yang menjual produk tersebut. Nah, kalau Reseller, proses transaksinya dapat terjadi baik secara offline maupun online dan hanya terjadi antara si reseller dan pembeli saja. Si reseller yang kemudian akan membelikan produk tersebut ke website resmi yang menjual produknya. Bila produknya berbentuk barang, si reseller dapat mengatur sendiri proses pengiriman barang kepada si pembeli atau meminta si website resmi nya yang melakukan proses pengiriman barang tersebut. Bila si website resmi ini yang melakukan proses pengiriman barangnya, si reseller juga disebut sedang menjalankan model usaha berbentuk drop-shipping.

Baca juga: Langkah Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Ternyata banyak kan peluang usaha yang bisa kalian lakukan saat mulai membangun blog atau berkiprah di ranah online. Masih ragu untuk memulainya? Nggak perlu takut karena YoExplore mengadakan Fun And Learn Belajar  Marketing Online secara rutin. Salah satunya diadakan di Bali. Di situ kalian akan mendapatkan pelatihan-pelatihan dasar untuk membuat bisnis online. Pastinya tidak hanya sekedar belajar aja loh, kita juga pastinya akan menikmati wisata di Bali dan praktek langsung di alam bebas. Dijamin akan seru dan dapet banget deh ilmunya sahabat explorer.

Dengan mengikuti pelatihan ini, harapannya adalah wawasan dan ilmu kita akan semakin terbuka dan berkembang. Faktanya adalah, lapangan pekerjaan zaman sekarang memang mengharuskan kita untuk bisa dan mengerti apa itu Internet Marketing. Kita sudah tidak bisa lagi berpaling dari internet dan media sosial. Justru, kita harus bisa memanfaatkannya sebagai penghasil uang yang efektif dan efisien. Jadi, tunggu apa lagi? Ga usah mikir lagi untuk ikut pelatihan ini. Langsung ketemuan di Bali ya sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar