Wisata Dan Belajar

Dapet Uang Banyak Dari Internet? Bisa Kok!

cara mendapatkan uang di internet - YOEXPLORE.co.id
image source : zonaknowledge.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, perkembangan teknologi terutama di dunia internet sudah semakin maju. Hampir semua orang terutama kaum millenial bisa menggunakan dan familiar dengan dunia internet tersebut. Di samping sekedar mencari hiburan, internet juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan baik bagi setiap individu maupun perusahaan. Cara mendapatkan uang di internet ini terbilang susah-susah gampang. Faktor yang harus kita utamakan adalah kesabaran dan konsistensi dalam melakukan kegiatan tersebut. Banyak sekali media yang tersedia bagi kita untuk dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara yang gratis dan mudah. Namun, kita harus memiliki ide-ide kreatif agar konten yang kita buat bisa menarik dan akhirnya mampu menghasilkan uang yang banyak.

Cara Mendapatkan Uang Di Internet Juga Harus Memiliki Pengetahuan Dasar Internet

Berbagai cara dapat dilakukan dalam internet. Tapi, akan lebih baik jika sebelum terjun ke dalam dunia tersebut, kita mengikuti pelatihan atau kursus digital marketing yang tersedia karena hal ini sangat berkaitan dengan apa yang akan kita bahas sekarang. Penggunaan media sosial yang hanya sekedar ‘punya’ dan rajin mengunduh konten juga tidak cukup untuk memaksimalkan penggunaannya itu sendiri. Teori dan praktek mengenai internet marketing memang sama pentingnya. Semua itu bertujuan agar mendapatkan hasil yang baik. Kira-kira apa saja cara mendapatkan uang di internet ini? Yuk, langsung saja kita simak.

1. Melakukan Blogging

Blogging merupakan salah satu cara mendapatkan uang di internet yang lumayan menguntungkan. Konsep nya adalah semudah menulis artikel pada umumnya. Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah mengenai ide konten kreatif dan penggunaan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan produk atau konten tulisan kita. Dalam Blogging, ilmu mengenai SEO memang harus kuat. Oleh karena itu, sesuai dengan ulasan di atas yang membahas bagaimana penting nya untuk mempelajari terlebih dahulu Internet Marketing.

Menjadi seorang Blogger memang tidak mudah. Walaupun membuat blog ini sendiri tidak memiliki risiko yang tinggi, namun kita tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya menghindari duplikasi konten, dan juga tidak lupa menuliskan sumber gambar atau pun informasi yang kita kutip dari luar. Pekerjaan ini akan menjadi lebih nikmat apabila kalian memang memiliki hobi sebagai penulis.

Jika kalian memang menyukai traveling, akan menjadi sebuah konten yang menarik untuk ditulis. Kalian bisa berbagi cerita mengenai destinasi-destinasi wisata yang menarik yang pernah kalian kunjungi. Dari situ, para pembaca akan mendapatkan informasi atau bahkan menyukai tulisan kalian. Sehingga, mereka akan selalu mengikuti perkembangan dan update dari Blog kalian. Dengan banyak nya kunjungan ke situs blog kalian, maka disitulah kalian bisa bekerja sama dengan Google Ads agar kalian bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipajang di blog kalian tersebut. Selain itu, kalian juga bisa menjadi Affiliate Marketer, dengan membuat tulisan untuk memberikan ulasan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand yang menyelenggarakan program afiliasi.

2. Manfaatkan Youtube

Cara mendapatkan uang di internet yang selanjutnya adalah melalui platform Youtube. Sudah tidak dipungkiri lagi kalau Youtube merupakan salah satu platform yang paling sering dibuka oleh masyarakat di dunia. Bahkan ada sebutan bahwa Youtube lebih dari TV. Memang mungkin ada benarnya juga, karena kita bisa mengakses Youtube selama 24 jam penuh tanpa ada batasan tertentu.

Cara mendapatkan uang di internet dengan Youtube ini gratis loh. Kita hanya memerlukan sebuah akun Google untuk mendaftar menjadi pengguna Youtube. Di sini, kita bisa membuat channel kita sendiri. Entah itu untuk membuat playlist video favorit kita, atau mengunggah video yang kita buat sendiri. Jika kita memang memiliki keahlian dalam videografi dan kreatif dalam membuat konten, maka ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Youtube Lebih Menarik Dari Tayangan Televisi

Dari satu video, kita bisa mendapatkan puluhan juta uang apabila kita memasarkannya dengan baik. Ide pemilihan konten, judul yang menarik, thumbnail yang menarik, serta memiliki ilmu mengenai SEO juga berpengaruh terhadap pencapaian viewers video kita. Jika kita sudah memahami dan menerapkan konsep tersebut, maka uang dari iklan pun akan berdatangan. Selain itu, Youtube juga memiliki perhitungan sendiri. Jika kita sudah memiliki sekitar seribu atau lebih penonton, maka Youtube akan mentransferkan uang ke rekening kita nantinya. Semakin banyak penonton, maka akan semakin banyak juga uang yang akan kita dapat. Tidak heran bila banyak orang yang sekarang beralih menjadi seorang vlogger atau penyedia konten-konten unik di Youtube.

3. Menjual Foto & Videografi

Buat kalian yang memiliki dua keahlian ini, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan menjual karya-karya kalian. Selain memanfaatkan Youtube, kita juga bisa menjual foto dan video kita kepada perusahaan atau individu yang membutuhkan konten kalian untuk dimasukkan ke dalam web mereka. Contohnya adalah kita sebagai fotografer yang menyukai kegiatan traveling, maka foto yang kita miliki bisa kita jual kepada para penyedia jasa Tour & Travel atau perusahaan yang bergerak dalam bidang travel lainnya sebagai konten di sosial media dan website mereka.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan jasa penyedia foto dan video seperti Bigstockphoto.com. Uang yang akan kita dapat biasanya berdasarkan perhitungan komisi dari setiap orang yang mengunduh foto kita tersebut. Tentunya hal ini lumayan menambahkan pendapatan harian kita.

4. Mengikuti Survey Online

Cara mendapatkan uang di internet yang ini, merupakan sebuah hal yang sangat mudah loh sahabat explorer. Apakah kalian pernah mengisi survei sebelumnya? Jika sudah, hal yang akan kita lakukan ini sebetulnya sama. Namun, kali ini kita akan mensurvei beberapa produk dari perusahaan yang membutuhkan penilaian secara serius. Caranya adalah kita harus mengisi beberapa form survei online yang diberikan. Setelah itu, kita akan mendapatkan poin. Poin itulah yang nantinya harus kita kumpulkan ke angka tertentu dan baru bisa ditukarkan dengan voucher belanja, pulsa, atau dengan uang tunai. Cukup mudah kan sahabat explorer? Kalian bisa mengikuti survei ini disela-sela waktu kosong kalian. Uang yang dihasilkan juga cukup lumayan untuk menambah uang jajan. Jadi, ga ada salahnya kalau kalian mulai mencoba cari tahu mengenai survey online tersebut.

Konsisten Dalam Pilihan Kalian

Nah, mudahkan sahabat explorer? Cara mendapatkan uang di internet itu ternyata bermacam-macam bentuknya. Yang perlu kita lakukan hanyalah banyak membaca dan mencari tahu kesempatan-kesempatan seperti ini. Namun, apabila kita memang mempunyai beberapa keahlian seperti videografi dan fotografi tidak ada salahnya memanfaatkan platform seperti Youtube tadi. Karena, uang yang dihasilkan dari internet ini tidak kecil loh sahabat explorer. Bahkan ada beberapa orang yang berani mengambil risiko keluar dari tempat perusahaan mereka bekerja dan beralih menembangkan bisnis mereka sendiri di internet. Ini merupakan sebuah perubahan besar yang terjadi di dunia. Fenomena berkembangnya internet ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Jadi, kalian sahabat explorer apakah tertarik bergelut dalam dunia internet?

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar