Wisata Dan Belajar

Ingin Menjadi Tour Guide? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

YOEXPLORE.co.id - cara menjadi Tour Guide
image source : studipariwisata

YOEXPLORE.co.id – Traveling, memang sangat menyenangkan. Berbagai macam pengalaman dan wawasan baru yang kalian dapatkan, tentu akan sangat bermanfaat. Mungkin, beberapa dari kalian pernah menggunakan jasa Tour Guide saat sedang berlibur. Biasanya, mereka yang menggunakan jasa Tour Guide ini adalah keluarga dan memang belum pernah pergi ke tempat tersebut. Turis mancanegara, biasanya paling sering menggunakan jasa Tour Guide tersebut. Kendala yang mereka miliki adalah masalah bahasa, tentu akan sangat sulit jika mereka ingin traveling tapi tidak mengerti bahasa dari penduduk lokal. Dikarenakan, tidak semua penduduk lokal tersebut mahir dalam berbahasa Asing. Oleh karena itu, jasa Tour Guide atau pemandu pariwisata sangat bermanfaat bagi mereka. Namun, ternyata tidak gampang loh cara menjadi Tour Guide.

Cara Menjadi Tour Guide Yang Tidak Gampang!

Ada beberapa keterampilan khusus yang harus kalian kuasai. Jika kalian sudah menguasai beberapa keterampilan tersebut, tentu kalian akan lebih mudah untuk melayani para pelanggan tersebut. Selain itu, jika kita berbicara mengenai profit yang didapat, menjadi Tour Guide itu juga bisa menghasilkan uang yang banyak loh sahabat explorer. Bahkan, banyak mahasiswa yang kuliah di beberapa kota-kota wisata menjadi Tour Guide untuk menambah uang jajan mereka. Kalau tidak percaya, kalian bisa cek sendiri biaya tarif untuk memakai jasa Tour Guide di salah satu destinasi wisata, pasti lumayan menggiurkan bukan? Hehe. Baiklah kalo gitu, bagi kalian yang ingin menjadi Tour Guide, alangkah baiknya jika kalian menyimak tips cara menjadi Tour Guide berikut ini!

Baca Juga : Belajar Menulis Huruf Braille di Dria Raba

Menguasai Jalan (wilayah destinasi)

Cara menjadi Tour Guide yang pertama adalah menguasai jalan atau wilayah destinasi yang kalian tinggali. Biasanya, pelanggan akan banyak bertanya mengenai wilayah-wilayah di sekitar dan peraturan adat yang mungkin berlaku untuk beberapa kota yang ada di Indonesia. Dengan kalian menguasai jalan, tentu itu akan memudahkan kalian sendiri untuk memilih rute tercepat agar tepat waktu sampai tujuan. Dengan demikian, para pelanggan pasti akan sangat puas karena keahlian kalian yang satu ini.

Keahlian ini tentu juga sangat terasa dampaknya pada efisiensi waktu. Kalian tidak perlu mencari-cari lagi di mana lokasi hotel para pelanggan, atau titik-titik penjemputan yang lain dikarenakan kalian sudah memahami dengan matang wilayah-wilayah kota tersebut. Jadi  sahabat explorer, sebelum jadi Tour Guide, kuasai dulu wilayahnya ya!

Komunikatif

Cara menjadi Tour Guide yang selanjutnya adalah Komunikatif. Obrolan saat dijalan memang sangat mengasyikkan, selain ‘membunuh’ waktu selagi menunggu sampai tempat tujuan, mengobrol bersama pelanggan juga tak kalah penting. Menjadi orang yang komunikatif berbeda dengan orang yang ‘bawel’. Komunikatif, kalian lebih aktif menanyakan beberapa hal yang umum seperti ‘Apa hobi Anda? Atau Bagaimana Kesan Anda di kota Ini?’ dan berbagai macam ‘bahan’ obrolan yang bisa kalian buka.

Hal positif yang akan kalian dapat tentunya adalah kepuasan dari para pelanggan. Dengan komunikasi yang lancar, tentu mereka akan sangat nyaman untuk menggunakan jasa kalian. Usahakan mereka bisa seperti ‘teman’ kalian, namun dengan batasan-batasan tertentu, karena prinsipnya tetap pelanggan adalah raja. Komunikasi yang baik adalah skill yang harus kalian miliki agar terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Mengetahui Tempat Kuliner Lokal Yang Enak

Biasanya, para pelanggan terutama turis mancanegara, ingin sekali mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Kalian, harus mengetahui dan memberikan beberapa rekomendasi kepada mereka, lebih baik apabila kalian juga mengetahui proses pembuatan dan bahan-bahan dari makanan tersebut. Dengan demikian, para turis tersebut bisa terlebih dahulu memiliki gambaran tentang makanan yang mau mereka nikmati. Selain itu, kalian juga harus menanyakan kepada mereka apakah mereka ada alergi terhadap beberapa bahan makanan, sehingga kalian bisa merekomendasikan makanan lainnya.

Usahakan, tempat makanan tersebut juga memiliki dekorasi atau pemandangan luar yang indah, sehingga pelanggan sangat merasa terpuaskan. Cara menjadi Tour Guide yang satu ini sudah menjadi kewajiban bagi kalian untuk menguasainya!

Membuat Paket Itinerary Yang Jelas

Ini merupakan hal yang vital bagi kalian yang ingin menjadi Tour Guide. Kalian harus membuat Itinerary yang sangat menarik bagi para pelanggan. Biasakan untuk membuat lebih dari satu paket, minimal untuk keluarga termasuk dengan anak-anak, dan untuk pasangan yang sedang honeymoon atau second honeymoon. Buatlah paket tersebut menjadi sangat menarik dan menyenangkan. Usahakan memasuki destinasi wisata yang sedikit Anti Mainstream, sehingga ini menambahkan rasa penasaran mereka terhadap destinasi wisata tersebut.

Selain itu, usahakan tempat-tempat yang kalian pilih sudah terbukti aman dan bersih, sehingga tidak mengecewakan pelanggan dan juga meminimalisir risiko buruk yang lainnya. Dengan paket Itinerary yang jelas, dan harga yang bersaing, bukan tidak mungkin jika mereka akan memakai jasa anda sebagai Tour Guide!

Penampilan dan Performa Yang Rapi

Berpenampilan rapi, performa yang baik, dan tepat waktu sudah menjadi kewajiban bagi kalian yang ingin belajar cara untuk menjadi Tour Guide. Jangan sepelekan hal yang satu ini ya sahabat explorer, karena ini merupakan hal yang diam-diam biasanya dinilai oleh para pelanggan kita. Jika kalian berpenampilan tidak rapi, bukan tidak mungkin mereka tidak akan menggunakan jasa kalian di lain waktu. Belum lagi jika performa kalian di bawah standar, tentu kemungkinan sangat kecil jasa kalian akan dipakai lagi oleh mereka, sehingga, wajib bagi kalian untuk berpenampilan rapi dan performa yang maksimal.

Nah sahabat explorer, itulah beberapa tips cara menjadi Tour Guide yang direkomendasikan oleh YoExplore.co.id . Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang mau memulai bisnis menjadi Tour Guide tersebut. Pelan tapi pasti, dan kesabaran harus sangat kalian pupuk dari sekarang, karena konsistensi akan sangat dibutuhkan dalam menggeluti bisnis ini. Jadi, semoga beruntung ya, sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar