Wisata Dan Belajar

Langkah Sukses Menjadi Affiliate Marketer

cara sukses menjadi affiliate marketer - YOEXPLORE.co.id
Yoexplore.co.id

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, mungkin buat kalian yang sudah mengenal Internet Marketing, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Affiliate Marketing ini. Tapi, untuk orang yang baru belajar, pasti mereka bertanya-tanya apa itu Affiliate Marketing? Bagaimana cara sukses menjadi Affiliate Marketer? Secara singkat, yang dimaksud dengan Affiliate Marketing adalah sebuah proses untuk mendapatkan komisi atau penghasilan dengan cara mempromosikan produk dari perusahaan atau individu orang lain ke dalam sebuah konten yang kita buat. Lalu, kita akan mem-posting produk tersebut pada akun media sosial, blog, ataupun website kita. Ini merupakan sebuah bisnis yang lumayan menguntungkan dan mudah loh sahabat explorer. Yang kita butuhkan itu hanyalah sebuah laptop, atau komputer yang terkoneksi dengan internet, dan beberapa skill sederhana mengenai pembuatan Blog dan media sosial.

Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketer Tidak Sulit

Secara umum, orang yang melakukan kegiatan Affiliate Marketing ini bisa juga disebut sebagai Affiliate Marketer atau dengan bahasa lainnya adalah Makelar Daring. Karena, pada intinya Affiliate Marketing berbicara mengenai mempromosikan produk orang lain di tempat kita dengan keuntungan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang berlaku oleh kedua belah pihak. Sangat mudah bukan? Namun, kira-kira bagaimana sih cara sukses menjalani Affiliate Marketing? Kira-kira apa saja langkah-langkah yang dibutuhkan sebelum menggeluti dunia bisnis ini agar menjadi sukses? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

1.Kejujuran & Kepercayaan

Cara sukses menjadi Affiliate Marketer yang pertama adalah menjadi seorang yang jujur dan terpercaya. Sebagai pemilik website atau Blog, membangun kepercayaan terhadap para pembaca sangatlah penting. Karena dengan adanya kepercayaan itu, maka loyalitas pembaca akan tinggi terhadap konten-konten yang kita buat. Jika kita sudah mendapatkan kepercayaan dari para pembaca kita, maka mereka akan merasa lebih yakin untuk menggunakan tautan (link) afiliasi yang kita cantumkan. Kejujuran dan transparansi dalam membeberkan konten produk yang terafiliasi dengan kita juga tidak kalah pentingnya. Buatlah agar para pembaca setia kita merasa nyaman dan memandang kita sebagai sosok yang transparan. Namun, agar lebih menarik, kita bisa memberikan kuis atau bonus sebagai salah satu konten agar para pembaca tersebut mau melakukan tindakan dari link afiliasi kita.

2. Pintar Memilih Produk Afiliasi

Sebelum bekerja sama, lebih baik kalau kita mempelajari terlebih dahulu produk-produk yang akan terafiliasi dengan kita. Dengan demikian, produk tersebut bisa kita kuasai dan akan lebih mudah dalam membuat konten untuk mempromosikan produk tersebut. Akan lebih baik, apabila produk tersebut selaras dengan konsep besar dari website atau Blog kita. Misalkan, kita adalah Blogger Travel, maka akan sangat cocok apabila produk yang terafiliasi dengan kita adalah vendor-vendor destinasi wisata atau peralatan untuk traveling.

Cobalah untuk berpikir lebih kreatif dalam menulis review produk. Berikan gambar-gambar yang berkualitas agar secara tampilan  terlihat lebih terpercaya. Dengan demikian, makin banyak pengikut kita yang akan melakukan  tindakan terhadap link dari produk afiliasi kita.

3. Produk Yang Bermanfaat

Tidak hanya selaras dengan konten dari situs atau blog kita, namun usahakan produk yang terafiliasi dengan kita itu bermanfaat bagi pengikut kita. Cara sukses menjadi Affiliate Marketer ini akan memberikan respon yang positif bagi kedua belah pihak. Sebagai pengikut, mereka akan membeli produk tersebut dengan rasa kepercayaan akan manfaat dari produk yang diafiliasi. Contohnya, jika kita menjadi Affiliate Marketer dari produk pembersih ruangan, maka kita akan memberikan manfaat dan testimoni pribadi dari produk tersebut. Dengan begitu, manfaat-manfaat dari produk yang kita beberkan dalam sebuah konten tersebut mendapat respon positif dan menjadi trigger bagi mereka untuk membeli produk tersebut. Lalu, manfaat bagi kita sebagai pemilik blog atau situs adalah kita mendapatkan sebuah ide untuk konten di website kita sendiri.

4. Konsisten & Up To Date

Sebagai seorang Affiliate Marketer, konsistensi dan kesabaran sangatlah dibutuhkan. Kedua hal tersebut yang nantinya akan membawa kita kepada hasil yang memuaskan. Konsistensi yang dimaksud di sini adalah dengan tetap memperbaharui konten-konten dari produk yang terafiliasi dengan kita. Lakukan perubahan dari segi promosi dan tampilan secara visual agar terlihat lebih menarik dan bagus. Perubahan yang dilakukan itu memiliki tujuan agar para pengunjung kita tertarik untuk melakukan transaksi dengan produk yang terafiliasi tersebut. Percayalah, bahwa konsistensi akan membawa kita kepada hasil yang maksimal pada nantinya. Membangun kepercayaan terhadap para pengikut bukanlah merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dengan mendapatkan kepercayaan mereka, kita akan mendapat pelanggan yang loyal. 

5. Jangan Berhenti Membuat Konten

Cara sukses menjadi Affiliate Marketer yang terakhir adalah dengan jangan berhenti membuat konten. Sebagai pemilik blog atau situs, maka janganlah kita berhenti untuk membuat konten dalam bentuk tulisan atau lainnya. Dengan banyaknya konten yang kita buat, semakin banyak juga pengunjung yang datang ke situs kita. Namun, perlu diingat konten yang kita buat tentunya konten yang berkualitas. Selain itu, konten yang berkualitas tersebut pun perlu disertai penggunaan teknik dasar dalam proses Search Engines Optimization (SEO) agar kita dapat mendapatkan kata kunci yang tepat untuk setiap konten yang kita buat. Dengan banyaknya pengunjung, maka kita sudah mulai bisa untuk menjadi seorang Affiliate Marketer. Pertahankan pengunjung tersebut dengan membuat konten-konten yang menarik agar situs atau Blog kita itu tidak ‘mati’. Jika kita rajin membuat konten, banyak sekali manfaat yang akan kita dapat. Terutama dari segi penghasilan yang nantinya akan bisa bertambah lebih besar.

Jadi seperti itulah kira-kira cara sukses menjadi Affiliate Marketer, sahabat explorer. Gampang dan menarik kan? Ini merupakan salah satu cara bisnis Online tanpa modal loh. Dengan demikian, siapapun yang mau bisa dengan mudah menjadi seorang Affiliate Marketer. Kalau sahabat explorer tertarik untuk menjadi seorang Affiliate Marketer, kalian bisa bergabung menjadi Affiliate YoExplore. Di sini, banyak produk-produk menarik yang tentunya akan memudahkan kalian untuk membuat konten yang kreatif dan berkualitas. Manfaatnya banyak loh, ga usah ragu dan banyak berpikir untuk bergabung. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar