Wisata Dan Belajar

Dari Beberapa Jenis Wisata Ini, Kalian Pilih Yang Mana? Ada Yang Tren di 2019 Nanti Loh!

jenis-jenis wisata - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source ; alimustikasari

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Berwisata, memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai macam destinasi wisata baru juga banyak bermunculan, yang pada akhirnya mendorong masyarakat untuk berwisata. Mulai dari wisata alam, hingga buatan manusia, semuanya penuh pengunjung saat musim libur telah tiba. Tidak usah menunggu liburan akhir tahun, saat hari ‘kejepit’ saja, masyarakat juga sudah antusias menyambutnya dengan berlibur ke luar kota. Wisata itu sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan keinginan traveler itu sendiri. Jenis-jenis wisata itu terbentuk dengan sendirinya, salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah sejarah dari kota itu sendiri. Memang harus diakui, sejarah suatu tempat sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tempat itu sendiri.

Jenis-Jenis Wisata

Sahabat explorer, apakah kalian berniat untuk melakukan wisata yang tidak hanya sekedar jalan-jalan saja? Ada jenis-jenis wisata yang memang spesifik. Beberapa jenis tersebut akan kita bahas di bawah nanti. Tapi sebelumnya, YoExplore akan sedikit memberikan informasi, bahwa Indonesia itu memang sangat kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya itu, adat istiadat, agama, dan juga budayanya, tidak kalah menarik untuk ditelusuri. Karena pada saat zaman dahulu, Indonesia ini memiliki berbagai macam kerajaan, jadi tidak heran, jika peninggalan sejarah dan budayanya sangat banyak. Ada beberapa yang sudah dijadikan tempat wisata, dan ada juga yang masih dijaga dan tidak dijadikan tempat umum untuk wisata. Kepercayaan masyarakat Indonesia itu sendiri juga beragam, mereka juga menghormati leluhur mereka. Oleh karena itu, Indonesia itu bisa dibilang sebagai salah satu negara unik yang ada di dunia. Baiklah sahabat explorer, kita langsung simak saja yuk jenis-jenis wisatanya!

Baca Juga : Ingin Menjadi Tour Guide? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

1. Wisata Kuliner

jenis-jenis wisata - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatakuliner

Jenis-jenis wisata yang pertama adalah wisata kuliner. Seperti yang dilansir oleh kompas.com , bahwa wisata kuliner ini akan menjadi tren di 2019. Berdasarkan survei dari “Taste of Travel” dari Booking.com yang dirilis pada tahun 2018, sebanyak 73 persen wisatawan Indonesia telah merencanakan perjalanan wisatanya untuk wisata kuliner. Sementara itu, sebanyak 69 persen ingin mencicipi makanan dan minuman di wilayah destinasi tersebut.

Hal ini didukung dengan banyaknya jenis kuliner yang ada di Indonesia. Dari ujung Sumatera hingga ujung Papua, kuliner yang disajikan memiliki ciri khas tersendiri. Kira-kira sahabat explorer berniat untuk melakukan wisata yang satu ini gak? Dijamin seru sih, apalagi memang kalian yang memiliki hobi makan, pasti bakal merasakan sensasi yang luar biasa. Selain itu, keuntungan lainnya adalah, kalian makan di tempat asli dari makanan itu sendiri, tentu rasanya akan sangat berbeda apabila kalian mencobanya di kota lain.

2. Wisata Sejarah

jenis-jenis wisata - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : inews.id

Jenis-jenis wisata yang selanjutnya adalah wisata sejarah. Biasanya, kegiatan ini memang dilakukan oleh traveler yang lebih spesifik lagi nih. Bisa jadi mereka memang mahasiswa atau lulusan dari fakultas sejarah atau arkeologi. Namun, kegiatan yang satu ini juga menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga loh. Selain mendapatkan manfaat yaitu wawasan sejarah, kalian yang bepergian bersama anak-anak, juga dapat mengenalkan kepada mereka bagaimana sejarah Indonesia itu sendiri.

Berbagai macam destinasi wisata juga bisa kalian nikmati, mulai dari sejarah kemerdekaan, sejarah masuknya penjajah, hingga sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia. Banyak peninggalan sejarah yang masih dijaga oleh masyarakat dan pemerintah yang pada akhirnya dijadikan tempat wisata. Seperti candi-candi kuno yang ada di Yogyakarta, istana-istana kerajaan yang ada di Bali, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang berada di wilayah yang lain.

Bagaimana sahabat explorer? Apakah kalian tertarik?

3. Wisata Adat Istiadat & Budaya

jenis-jenis wisata - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : rri.co.id

Jenis-jenis wisata yang selanjutnya adalah wisata adat istiadat dan budaya. Sudah jelas, Indonesia sangat terkenal dengan beragam adat dan budayanya. Setiap daerah, biasanya memiliki suatu adat untuk sebuah kegiatan atau hari-hari sakral yang mereka anut. Seperti di Bali, saat sedang merayakan hari raya Galungan dan Kuningan, mereka pasti memiliki kegiatan adat untuk merayakan hari tersebut.

Jenis wisata yang satu ini, justru digemari oleh turis mancanegara yang ingin lebih mengenal keunikan Indonesia itu sendiri. Tidak ada salahnya juga dong jika kita warga Indonesia ikut meramaikan dan mempromosikan budaya-budaya di Indonesia.

Dijamin kalian akan takjub deh dengan keunikan budaya-budaya tersebut, dan ada beberapa juga yang terlihat sedikit menyeramkan. Tapi, mau bagaimanapun juga, itu adalah sebuah adat dan tradisi yang sudah dipercaya secara turun temurun oleh mereka. Kegiatan yang satu ini tentu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga, terutama bagi anak-anak kalian.

4. Wisata Kesenian & Kerajinan Tangan

jenis-jenis wisata - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yogyalagi

Jenis-jenis wisata yang selanjutnya adalah wisata kesenian dan kerajinan tangan. Wisata yang satu ini memang sedikit ‘menyerempet’ wisata budaya tadi. Karena, kesenian dari suatu tempat itu juga sangat menempel erat dengan budayanya. Tapi, yang kita bahas kali ini adalah lebih spesifik lagi nih sahabat explorer. Contohnya seperti belajar kesenian tarian khas Bali, atau belajar menenun di desa di Lombok, atau belajar membuat batik di pekalongan.

Wisata yang satu ini juga sangat bagus diberikan kepada anak-anak kalian, agar bisa mengenal lebih dalam lagi kesenian di Indonesia.

Berbagai macam kerajinan khas dari setiap daerah, bisa kalian miliki jika kalian berniat untuk melakukan wisata yang satu ini.

Bagaimana sahabat explorer? Pasti tertarik dong!

Nikmati Keunikan Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa jenis wisata yang YoExplore bisa berikan kepada kalian. Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan keluarga kalian, dan kota-kota yang menyediakan jenis wisata tersebut juga melimpah, bahkan bisa dibilang seluruh kota di Indonesia! Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share pengalaman kalian di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar