Wisata Dan Belajar

Kerajaan Terbesar Yang Dulu Pernah Menguasai Indonesia!

kerajaan terbesar di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : pinterest

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Indonesia, memang memiliki sejarah peradaban yang sangat luar biasa. Mulai dari sejarah kemerdekaan, hingga masuknya agama-agama dan juga kerajaan. Nusantara, begitulah sebutannya pada zaman dahulu yang masih kita gunakan hingga sekarang. Saat menyebut ‘Nusantara’, pasti langsung terbayang bagaimana besar dan kayanya negeri ini akan budaya, dan juga hasil alam. Bahkan, yang menjajah juga tidak hanya Belanda loh sahabat explorer, Jepang, Inggris, Portugis pun juga pernah coba untuk menguasai Indonesia ini. Namun, kita akan tarik lagi ke belakang sebelum masa perang kemerdekaan tersebut. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas kerajaan terbesar di Indonesia yang sempat berkuasa dengan waktu yang cukup lama. Sepertinya akan menjadi bahasan yang menarik nih sahabat explorer, agar kita juga lebih mengenal sejarah bangsa sendiri.

Kerajaan Terbesar di Indonesia

Indonesia sebelumnya terdiri dari beberapa negara-negara kerajaan, sebelum pada akhirnya bergabung seperti yang sekarang kita tahu. Setiap wilayah memiliki kerajaannya sendiri, dan tentunya juga memiliki hukum dan tatanan adat yang berbeda. Oleh karena itu, peninggalan dari zaman tersebut tetap dijaga dan juga dilestarikan. Hal tersebut merupakan kekayaan bangsa akan warisan nenek moyang, dan sekarang banyak dari peninggalan tersebut yang menjadi tempat wisata. Bagi beberapa orang, wisata sejarah memang sangat menyenangkan, apalagi jika bersama anak-anak kalian. Tentunya, ini akan menjadi pelajaran bagi mereka, dan siapa tahu di masa depan mereka bisa menjadi ahli sejarah yang luar biasa. Semua hal tersebut dimulai dari wisata sejarah itu sendiri. Agar mereka belajar dari asal usulnya, maka kita harus mengetahui dulu nih kerajaan terbesar di Indonesia yang pernah berkuasa. Ada apa aja sih? Yaudah langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Sudah Pernah Mengunjungi Museum Unik Ini? Bikin Geleng-Geleng!

1. Kerajaan Majapahit

kerajaan terbesar di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pinterpandai

Kerajaan terbesar di Indonesia yang pertama adalah Kerajaan Majapahit. Banyak sekali cerita dan kisah-kisah menarik jika membahas kerajaan yang satu ini. Bahkan, banyak budaya dari Majapahit yang di bawa ke Bali. Oleh karena itu, masyarakat Bali juga sangat melekat dengan Kerajaan Majapahit ini nih sahabat explorer.

Tidak ada yang perlu meragukan lagi kekuatan dari kerajaan yang satu ini. Mereka bisa dibilang nyaris berhasil menaklukkan seluruh wilayah Nusantara. Sejak dibentuk pada tahun 1293, kerajaan yang satu ini terus memperkuat sistem militer mereka yang pada akhirnya mampu melakukan invasi ke berbagai daerah. Dimulai dari daerah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi pernah dikuasai oleh Kerajaan Majapahit.

Beberapa orang yang paling berpengaruh dalam masa kepemimpinan Kerajaan Majapahit adalah Gajah Mada dan Laksamana Nala. Mereka merupakan pemimpin yang kuat dan mampu membawa kerajaan ini menuju masa keemasan.

Majapahit sangat pandai dalam berpolitik, dan bahkan mereka juga memiliki hubungan yang baik dengan kerajaan yang berasal dari negeri tetangga. Saking pintarnya, mereka bisa menguasai satu daerah tanpa harus melancarkan peperangan. Sayangnya, kerajaan terbesar di Indonesia ini harus hancur setelah 200 tahun berdiri dikarenakan adanya konflik internal yang sangat rumit dan pelik.

Wah, sepertinya kalau baca ceritanya langsung pengen baca buku sejarahnya ya sahabat explorer! Dijamin bakalan seru banget deh!

2. Kerajaan Sriwijaya

kerajaan terbesar di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kamubanget

Kerajaan terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Kerajaan Sriwijaya. Nah, kalau yang satu ini sebelumnya sudah sedikit kita bahas nih sahabat explorer. Tepatnya pada artikel mengenai destinasi wisata di Palembang.

Kerajaan ini, merupakan kerajaan bahari terbesar yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Pengaruh kekuasaannya menjalar hingga ke seluruh Sumatera, sebagian Jawa bagian Barat, kawasan di Thailand, dan Malaka. Sungguh luar biasa banget ya sahabat explorer, sampai berpengaruh ke luar negeri juga loh!

Kerajaan yang satu ini sangat kuat dalam urusan perdagangan. Negeri ini sudah menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa kerajaan di Asia Tenggara hingga kawasan jauh seperti Tiongkok.

Kerajaan Sriwijaya memiliki masa keemasan pada abad ke 9 nih sahabat explorer. Saat itu mereka mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari cukai barang yang masuk dan keluar melalui kapal perdagangan. Sebenarnya, dari kerajaan dan sejarah ini, kita bisa mengetahui kalau laut itu memang sudah menjadi kekuasaannya Indonesia nih sahabat explorer. Masa terbaik perdagangan di Indonesia ya memang dilakukan oleh kerajaan yang satu ini. Mungkin lagu “nenek moyangku seorang pelaut” terinspirasi dari kisah kerajaan ini ya sahabat explorer, hehe.

3. Kerajaan Singasari

kerajaan terbesar di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ibnuasmara

Kerajaan terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Kerajaan Singasari nih sahabat explorer. Kalian pernah mendengar kisah Ken Arok kan pasti waktu zaman masih sd? Nah, Ken Arok merupakan raja pertama dari Kerajaan Singasari ini nih sahabat explorer. Ceritanya yang seru dan menegangkan, tentu bakal bikin kalian rasanya ingin kembali membuka buku sejarah.

Kerajaan Singasari ini memang tidak berumur lama, bahkan menurut ahli sejarah umur kerajaan ini tidak sampai 100 tahun. Selain itu, kerajaan ini merupakan cikal bakal dari Kerajaan Majapahit yang luar biasa hebat itu, sahabat explorer.

Kerajaan Singasari berdiri pertama kali pada tahun 1222. Raja pertama mereka yaitu Ken Arok, berhasil membangun kerajaan yang besar dan hebat. Ken Arok berhasil menyebarkan wilayah kekuasaannya hingga ke Pulau Sumatera. Kerajaan Singasari pernah mengirim banyak sekali pasukan ke Sumatera, dan menjadikan pulau ini sebagai benteng pertahanan. Pada waktu itu, bangsa Mongolia terkenal dengan serangan pasukannya yang sangat mengerikan. Oleh karena itu, Ken Arok menaruh pasukan untuk berjaga-jaga sewaktu musuh menyerang. Kerajaan Singasari juga pernah menaklukkan Bali pada tahun 1284. Kehebatan Singasari tidak hanya disitu saja, bahkan Kubilai Khan pernah mengirim surat delegasi agar mengakui kedaulatan negerinya.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari meliputi Bali, Pahan, Melayu, Bakulapura dan Urun saat sedang mengalami masa keemasan.

Bagaimana? Semakin cinta kan dengan sejarah perkembangan kerajaan di Indonesia ini!

4. Kesultanan Mataram

kerajaan terbesar di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kerisku.id

Kerajaan terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Kesultanan Mataram nih sahabat explorer. Pasti dengar nama yang satu ini kalian sudah tidak asing lagi dengan sejarah dan perkembangannya. Mataram adalah kerajaan Islam yang cukup besar dan memiliki pengaruh besar di Indonesia terutama di Jawa. Kerajaan ini berdiri di akhir abad ke 16 dan tidak mampu bertahan lama, bahkan tidak sampai 100 tahun sahabat explorer. Walaupun begitu, pengaruhnya sangat luar biasa banget deh!

Saat Mataram berkuasa, Belanda mulai masuk dan memulai banyak kekacauan di negeri ini. Mataram merupakan salah satu kerajaan yang banyak sekali melakukan perlawanan terhadap Belanda pada masa itu. Secara perlahan tapi pasti, kerajaan yang satu ini berhasil menguasai Jawa. bahkan, saat Kota Batavia sedang dibangun, Mataram benar-benar menyerang kota itu habis-habisan! Wah, perangnya pasti sangat menegangkan ya sahabat explorer!
Kota-kota penting dari kerajaan ini menyebar hingga ke Jawa Timur. Tepatnya di Malang, Pasuruan, Surabaya dan Gresik. Sedangkan di wilayah Jawa Barat meliputi Ciamis, Sumedang, dan Cirebon. Sayangnya, karena ulah Belanda, Mataram terpecah menjadi dua nih sahabat explorer. Pecahan dari Mataram ialah Kasunanan Surakarta, dan Kesultanan Yogyakarta. Jadi, inilah cikal bakalnya Kraton Yogyakarta sahabat explorer. Bagaimana? Seru banget kan!

Wisata Sejarah di Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa kerajaan terbesar di Indonesia yang memiliki pengaruh besar di negeri ini. Masih banyak lagi sebenarnya kerajaan lain seperti Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Kediri dan lain-lainnya. Untuk urusan sejarah dan kerajaan, Indonesia tu juaranya banget deh sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar