Jakarta Wisata Dan Belajar

Siapa Bilang Jakarta Ga Seru?

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

Panduan Liburan di Jakarta – Sahabat explorer, apa yang keluar dari benak kalian kalo mendengar nama Jakarta? Pasti kebanyakan bakal bilang macet. Memang bener sih, bukan Jakarta namanya kalo ga macet. Bagaimana tidak, puluhan juta manusia yang mendiami wilayah ini dan mencari nafkah setiap harinya. Jelas ini merupakan masalah bagi pemerintah setempat untuk menanggulangi atau setidaknya mengurangi kemacetan yang semakin parah tersebut. Liburan di Jakarta seakan-akan bukan menjadi pilihan yang baik bagi masyarakat Jakarta itu sendiri. Justru, kebanyakan dari mereka ingin keluar jauh dari hiruk pikuk kota ini. Tapi tunggu sebentar, sebelum kita memilih destinasi berlibur, tidak ada salahnya kita coba mencari tau spot-spot liburan di Jakarta yang ternyata tidak kalah seru juga loh.

Liburan Di Jakarta Bukan Pilihan Yang Salah

Kota Jakarta memang tidak memiliki pantai ataupun gunung yang indah, namun kota ini menyimpan banyak sejarah yang menjadi saksi bisu. Baik dalam masa kemerdekaan, ataupun pada saat zaman penjajahan selagi nama Batavia menjadi pilihan para penjajah sebelum pada akhirnya berubah menjadi Jakarta. Beberapa peninggalan sejarah tersebut masih lestari dan terawat. Sehingga masih banyak loh ternyata pengunjungnya. Jadi buat sahabat explorer, ga ada salahnya untuk Staycation, dengan melakukan Jakarta City Tour sendiri, bersama teman, atau keluarga.  Saya akan kasih beberapa referensi yang boleh kalian kunjungi nih. Yuk, mari langsung kita simak ada apa aja.

1. Kota Tua

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

image source : wikiwand.com

Dahulu, inilah yang disebut sebagai Batavia. Sebuah nama yang diberikan oleh pemerintahan Belanda pada saat masa penjajahannya di bumi Jakarta. Di Kota Tua, ada spot yang paling bagus untuk dikunjungi, salah satunya adalah Museum Sejarah Fatahilah, Kafe Batavia, dan banyak lagi lainnya. Di depan Kota Tua ini juga terdapat banyak jajanan khas Jakarta loh sahabat explorer. Seperti Es Selendang Mayang yang sudah terbilang jarang beredar lagi, di sini masih ada. Tak ketinggalan juga kuliner lainnya seperti Kerak Telor yang melegenda. Selain itu, kita juga bisa berkunjung ke Museum Bank Indonesia yang sudah diresmikan sejak tahun 2009 lalu. Lokasi ini sangat bagus untuk menambah feed Instagram kalian loh sahabat explorer.

2. Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

image source : forummbb.org

Lalu tempat liburan di Jakarta yang kedua tentunya ada Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta. Kedua rumah ibadah yang megah ini merupakan yang terbesar di Jakarta loh sahabat explorer. Posisi mereka berdua ini berdekatan, hanya dipisahkan oleh jalan raya saja. Ini dijadikan sebagai salah satu simbol toleransi antar umat beragama di Indonesia. Khusus untuk Istiqlal, ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga terbesar di dunia. Sedangkan Gereja Katedral yang berada disebelahnya memiliki arsitektur yang sangat cantik dan menawan. Dengan pilar-pilar yang meruncing tinggi ini mengingatkan kita pada bentuk gereja Katedral di Roma, Italia. Kedua tempat ini pastinya sangat Instagram-able banget nih sahabat explorer. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan arsitektur dari kedua bangunan yang bersejarah ini. Ga akan nyesel deh kalau pergi ke sini!

3. Pelabuhan Sunda Kelapa

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

image source : crossnesia.com

Destinasi liburan di Jakarta selanjutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang melegenda. Pelabuhan ini sudah dibuat saat kepemimpinan kerajaan Pajajaran Kuno. Hingga saat ini, umurnya diperkirakan mencapai 500 tahun lebih. Zaman dahulu, pelabuhan ini menjadi simbol kemahsyuran dan juga sebagai pusat untuk perdagangan antar negara. Sekarang, pelabuhan ini berfungsi sebagai pasar ikan terbesar di Jakarta. Selain itu, Pelabuhan Sunda Kelapa sekarang juga semakin disibukkan sebagai pusat transportasi kargo. Di sini, para wisatawan dapat melihat Phinisi, sebuah kapal tradisional buatan anak bangsa, dan juga dapat menyewa perahu kecil untuk menikmati panorama sekitaran pelabuhan. Wah, ternyata bisa juga ya muter-muter naik perahu di Jakarta. Yuk, langsung berangkat ke sana sahabat explorer.

4. Monas

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

Nah, kalau ini juga pasti sahabat explorer sudah pada tau. Monas, merupakan simbol atau ikon dari kota Jakarta itu sendiri. Bangunan yang dibangun oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada tahun 1961 ini, memiliki tinggi sekitar 137 meter. Dibagian puncaknya terdapat bentuk lidah api yang terbuat dari emas. Di bagian dasarnya terdapat Musium Nasional yang berisikan peta kuno, barang-barang antik, dan bahkan boneka-boneka yang ceritanya ditahan di dalam penjara. Kita dapat bersepeda di sekitaran Monas ini loh sahabat explorer. Dan tak kalah menariknya, apabila kita naik ke lantai paling atas pada bangunan ini, maka kita dapat melihat panorama kota Jakarta sejauh mata memandang. Pastinya ini akan memberikan pemandangan yang berbeda dari yang kita lihat setiap harinya di Jakarta.

5. Museum Layang – Layang

Liburan di Jakarta - Panduan Liburan di Jakarta

image source : googs.me

Kalau liburan di Jakarta, yang satu ini, sangat cocok untuk kalian yang pergi membawa anak-anak atau saudara kecil kalian. Museum layang-layang, merupakan salah satu museum yang memiliki berbagai koleksi layang-layang dari seluruh Nusantara. Berbagai macam ukuran layang-layang tersedia di sini, dari yang sangat kecil hingga ke ukuran yang paling besar yaitu 9×26 meter. Waw, pasti untuk menerbangkannya bakalan susah payah ya sahabat explorer.

Mendatangi museum ini, tentunya menjadi pilihan yang bagus untuk memberikan edukasi kepada anak-anak. Selain memang layang-layang merupakan permainan yang seru, mereka juga bisa melihat berbagai jenis macam layangan yang belum tentu mereka pernah lihat sebelumnya. Selain itu, kegiatan lainnya juga bisa mereka lakukan di sini. Misalnya, melukis dan membuat keramik, melukis payung, melukis kaos, melukis wayang mini, dan membuat batik. Pokoknya, kalian tidak akan menyesal deh jika berkunjung ke Museum Layang – Layang ini!

Ternyata seru juga kan sahabat explorer untuk mengelilingi Jakarta. Buat kalian yang menginginkan hiburan tapi tidak mau jauh-jauh dan tentunya dengan bujet yang murah, ga salah ko untuk keliling-keliling Jakarta. Belum lagi banyak juga terdapat pasar seni dan tradisional yang menyebar diseluruh kawasan provinsi ini. Liburan di Jakarta tentunya dapat memberikan warna tersendiri, termasuk buat kalian yang mungkin lebih senang hikking ke gunung, atau eksplorasi pantai-pantai di luar pulau. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar