Wisata Dan Belajar

Manfaat Digital Marketing Untuk Usaha Kecil

manfaat Digital Marketing untuk usaha kecil - YOEXPLORE.co.id

YOEXPLORE.co.id – Digital Marketing, merupakan sebuah ilmu yang sedang berkembang dengan cepat di Indonesia. Bagi para penikmat dunia Digital, tentunya hal ini sudah tidak terdengar asing lagi di kuping mereka. Sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang akhirnya menyadari pentingnya memahami secara detail Digital Marketing. Dengan demikian, banyak juga lapangan pekerjaan untuk posisi Digital Marketing dibuka. Manfaat Digital Marketing bagi perusahaan besar yang berbasis online seperti E-Commerce tentunya sangat banyak. Bahkan bisa kita lihat bahwa penggunaan Marketing Tradisional di perusahaan tersebut sudah hampir tidak diberlakukan lagi. Mereka semua mengandalkan beberapa platform besar seperti Facebook, Instagram, dan juga Google sebagai media mereka untuk melakukan pemasaran. Cara tersebut lebih terbukti efektif dan ‘murah’ untuk dilakukan.

Manfaat Digital Marketing Berlaku Untuk Semua Jenis Usaha

Manfaat Digital Marketing itu sendiri tidak hanya berlaku bagi para perusahaan E-Commerce atau perusahaan yang berbasis online lainnya. Untuk usaha kecil dan menengah, Digital Marketing juga memiliki banyak manfaat. Tentunya, hal ini juga harus didukung dengan beberapa skill dan pengetahuan mengenai dunia internet dan media sosial (medsos). Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat Digital Marketing bagi kalian yang memiliki usaha kecil atau menengah. Manfaat ini tentunya didapat dengan konsistensi dan jerih payah kalian sendiri. Yuk, sahabat explorer, mari kita simak manfaatnya!

Baca juga: Kursus Digital Marketing di Bali

1. Melayani Konsumen Secara Real-Time Via Online

Manfaat digital marketing untuk usaha kecil yang pertama adalah kalian dapat melayani konsumen secara Real-Time. Keunggulan ini tentunya berdampak besar bagi penjualan kalian. Loyalitas para konsumen akan tetap terjaga, dan tentunya akan memberikan kepuasan kepada konsumen. Bagi kalian yang beprofesi sebagai pengusaha, juga dimudahkan dengan adanya komunikasi via internet yang sangat simple tersebut.

2. Menjangkau Pengguna HP

Zaman sekarang, pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Ini merupakan sebuah keuntungan bagi para pengusaha kecil ataupun besar sekalipun. Kalian dapat menjangkau pengguna smartphone tersebut melalui internet yang hampir setiap harinya diakses oleh orang-orang melalui HP mereka.

Ini merupakan peluang bagus untuk para pengusaha melakukan pendekatan dengan konten yang menarik dan terpercaya. Tujuannya tentu untuk membuat para konsumen tersebut membeli produk yang kalian jual. Tidak lupa juga untuk mempertahankan loyalitas mereka sebagai konsumen setia kalian.

3. Biaya Promosi Yang Lebih Hemat

Dengan adanya internet, para pengusaha tentunya bisa menghemat biaya promosi jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan promosi secara tradsional. Kalian pasti bisa bandingkan sendiri harga promosi di televisi dengan di Youtube yang tentunya sangat-sangat jauh berbeda. Selain itu, waktu dan tenggat promosi ditentukan sendiri oleh kita.

Keunggulan lainnya adalah akses internet itu sendiri terjadi selama 24 jam full. Dengan demikian, promosi kita juga bisa terlihat kapanpun dan di manapun.

4. Bisa Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Mungkin sebelum adanya internet di Indonesia, persaingan antara perusahaan kecil dan besar sangatlah tidak seimbang. Jelas bahwa siapa yang memiliki uang lebih banyak, akan bisa memenangkan persaingan dengan mudah. Namun, dengan kehadiran internet dan perkembangannya yang sangat pesat, perusahaan kecil memiliki potensi yang cukup besar untuk mengalahkan perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Semua ini kembali lagi terhadap strategi pemasaran yang dilakukan. Dalam arti lain, buatlah sebuah konten yang kreatif agar dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang kalian jual. Dengan konsistensi dan kesabaran, bukanlah hal yang tidak mungkin kalian bisa mengalahkan perusahaan besar baik dalam segi popularitas, ataupun omset.

5. Menghasilkan Pendapatan Yang Tinggi

Manfaat digital marketing yang paling menguntungkan adalah dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi. Tentunya, dengan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan produk yang kita jual. Selain itu, faktor membangun kepercayaan kepada konsumen dan respond yang cepat terhadap keluhan atau kebutuhan mereka juga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi tersebut.

Jika konsumen sudah percaya terhadap kalian, maka akan sangat mungkin mereka akan melakukan transaksi lagi selanjutnya dan menjadi pelanggan setia kalian.

6. Konversi Penjualan Yang Lebih Tinggi

Dengan adanya mesin pencarian seperti Google atau Yahoo, para pebisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat menjangkau dan mentargetkan konsumen mereka melalui mesin pencarian. Memasukkan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan produk yang kalian jual, maka para konsumen yang membutuhkan produk kita tersebut akan terjaring dengan sendirinya.

Jika kalian berhasil berada di halaman awal pada mesin pencarian, maka brand awareness kita juga akan semakin tinggi.

7. Menjaga Posisi Dalam Bisnis

Persaingan sudah menjadi hal biasa dalam berbisnis. Setiap brand pasti akan melakukan promosi secara online entah di media social, website, iklan Pay Per Click (PPC), dan berbagai macam platform lainnya. Kebiasaan rutin seperti ini jika konsisten kalian lakukan, maka nama brand kalian tidak akan ‘tenggelam’ dan keluar dari persaingan bisnis.

Tentunya ini menjadi keuntungan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Disamping persaingan tetap sehat, konsumen pun tidak dengan mudah untuk beralih ke brand lain apabila sudah mengenal dengan baik brand kalian sebelumnya.

8. Mudahnya Terhubung Dengan Pembeli Secara Online

Memang salah satu fungsi internet adalah media yang memudahkan orang untuk berkomunikasi. Dengan perkembangan yang terjadi sekarang, transaksi jual beli juga dapat dilakukan melalui media komunikasi yang tersedia dengan berbasis internet.

Hal ini tentu memudahkan kedua belah pihak untuk melakukan negosiasi, hingga transaksi pembayaran yang serba mobile. Salah satu manfaat Digital Marketing ini memang sangat krusial, karena dapat menghubungkan dengan pembeli secara online tanpa harus bertemu bertatap muka.

9. Menyentuh Pasar Global

Jika kalian lihat manfaat internet dan cakupannya, maka bukanlah tidak mungkin jika kalian dapat memasarkan produk yang kalian jual secara nasional. Bahkan, jika kalian sudah yakin dan siap secara konsep, bukan hal yang mustahil juga apabila kalian bisa menyentuh pasar global. Tentunya, ini akan meningkatkan popularitas dan pendapatan brand kalian. Walaupun memang akan terasa banyak kendala, namun hal tersebut sangat potensial untuk diraih. Melihat tingginya konsumsi orang terhadap internet, maka dengan memanfaatkan layanan iklan berbayar yang murah, kalian bisa memilih segmentasi pasar yang kalian tuju.

Apabila produk yang kalian jual itu memang cukup unik dan menarik minat banyak orang baik dalam ataupun luar negeri, maka jangan lewatkan kesempatan ini. Beranilah mengambil risiko untuk meraih kesuksesan secara global.

Baca juga: Belajar Sambil Liburan di Bali

10. Mempersiapkan Untuk Era Internet Of Things

Dilansir dari Gartner, diperkirakan pada tahun 2020 akan ada lonjakan pengguna ponsel dan  gadget yang diprediksi sekitar 26 miliar gadget tersedia. Mulai dari smartphone, laptop, jam tangan, tablet, kaca mata, dan lain-lain peralatan yang bisa tergabung dalam ekosistem online tersebut. Ini merupakan sebuah era di mana semua hal terkoneksi dengan internet. Oleh karena itu fenomena ini akan disebut dengan Era Internet Of Things.

Tentunya, para pengusaha akan memanfaatkan situasi ini untuk menggencarkan penjualan produk mereka. Akan banyak inovasi dalam strategi pemasaran pastinya. Dengan demikian, jika kalian mengikutinya dari sekarang, kalian akan semakin siap untuk menghadapi era tersebut nantinya.

Sahabat explorer, kira-kira seperti itu lah manfaat digital marketing yang akan kalian dapatkan jika serius mempelajarinya. Intinya, konsistensi dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam proses menuju sukses di dunia digital. Persaingan yang ketat dan banyak pendatang baru tentunya menjadi faktor yang cukup sulit. Tetapi, itu semua bukan masalah apabila kalian tetap jaga konsistensi dan terus berpikir kreatif untuk membuat konten yang menarik, sehingga nilai brand kalian akan terus berkembang.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar